Home News Kolaborasi Razer Dan Clearbot, Membersihkan Laut Dengan Cara Yang Brilian

Kolaborasi Razer Dan Clearbot, Membersihkan Laut Dengan Cara Yang Brilian

Razer jalin kerja sama dengan Clearbot

review1st.com  – Razer™, brand lifestyle global terkemuka untuk para gamer, hari ini mengumumkan sebuah kolaborasi dengan perusahaan pembersihan limbah laut, ClearBot, dalam rangka merayakan Hari Laut Sedunia. Sejalan dengan program 10 tahun Razer untuk lingkungan #GoGreenWithRazer.

Kolaborasi ini melengkapi salah satu program Razer, yaitu Green Investment yang bertujuan untuk mendukung perusahaan startup berfokus padalingkungan dan kesejahteraannya dengan mendukung dari alat serta kemampuan yang tepat untuk membantu mereka berkembang.

Dengan sekitar 11 juta ton plastik memasuki lautan setiap tahunnya, perusahaan pembersih laut sering menghadapi kesulitan dikarenakan teknologi yang kurang memadai dari segi kualitas, biaya dan efisiensi. Tim ClearBot merancang robot yang memanfaatkan penglihatan AI untuk mengidentifikasi berbagai jenis limbah plastik laut dan mengumpulkan informasi mengenai polutan di lautan untuk melindungi kehidupan di laut. Robot ClearBot dikerahkan untuk mengumpulkan limbah plastik laut yang nantinya akan diolah dengan baik.

“Kita sangat senang mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan sebuah perusahaan startup yang berfokus dalam menyelamatkan lingkungan,” demikian kata Patricia Liu, Kepala Staf Razer. “AI unik dan teknologi Machine Learning yang canggih milik ClearBot akan membantu pemerintah serta organisasi di seluruh dunia untuk memperluas upaya penyelamatan lingkungan mereka. Kami juga mendesak perusahaan startup inovatif lainnya untuk menghubungi Razer untuk peluang kolaborasi sembari kami berusaha menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih aman untuk generasi mendatang.”

Membersihkan Limbah Laut dengan Teknologi AI

Dalam kolaborasi dengan ClearBot, engineers dan designer terkemuka Razer telah berkontribusi dalam memberikan keahlian teknis untuk membantu mengubah produk awal yang telah dibuat oleh ClearBot menjadi sebuah produk dengan skalabilitas dan dapat dipasarkan secara massal. Memanfaatkan pengetahuan manufaktur Razer, ClearBot mampu mengembangkan desain robot menjadi lebih pintar dan efisien.

Robot baru yang dirancang dan sepenuhnya otomatis ini dipersenjatai dengan AI paling mutakhir serta kemampuan machine learning yang dapat mendeteksi limbah plastik laut dalam jarak 2 meter pada perairan yang bergelombang. Robot tersebut dapat mengumpulkan hingga 250 kg plastik dalam satu siklus sembari bekerja dengan energi bertenaga surya.

“Cara tim Razer yang berfokus pada aksi dalam menyelesaikan isu limbah lautan sangat menginspirasi. Kita sangat bersyukur atas tim yang secara sukarela telah menyediakan waktu mereka untuk proyek ini,” demikian kata Sidhant Gupta, CEO ClearBot. “Dengan model baru, kami yakin dapat memperluas jangkauan kami secara global untuk melindungi lautan, dimulai dari kolaborasi yang mencakup perusahaan pelabuhan laut di Asia serta lembaga swadaya masyarakat yang telah menyatakan minatnya. Bersama dengan Razer, kami berharap dapat memberikan perubahan positif bagi dunia.”

Untuk mengundang partisipasi dari komunitas dalam Hari Lautan Sedunia tahun ini, ClearBot telah mengeluarkan sebuah instruksi melalui programnya untuk mengumpulkan data tentang sampah plastik di laut. Komunitas didorong untuk mengunggah foto sampah plastik laut yang biasanya ditemukan di perairan terbuka ke situs web ClearBot. Tim peneliti dan desain akan menambahkan informasi ini ke dalam database ClearBot untuk membantu meningkatkan algoritma AI pendeteksi limbah ClearBot.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai ClearBot atau berpartisipasi dalam program ini, silahkan kunjungi http://www.clearbot.org.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program lingkungan 10 tahun milik Razer, silahkan lihat disini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Investasi Razer untuk lingkungan, silahkan lihat disini.

Sneki Snek kembali dengan pencapaian baru

Maret 2021 silam, Razer bereaksi terhadap permintaan luar biasa dari komunitas dan memperbarui komitmennya dengan gerakan #GoGreenWithRazer yang dipimpin oleh maskot lingkungannya, Sneki Snek. Bekerjasama dengan Conservation International, perusahaan ini memperluas target perlindungan pohon dari 100,000 pohon menjadi 1 juta pohon. Untuk merayakan kesuksesan dalam menyelamatkan 300,000 pohon hingga saat ini, suvenir baru Sneki Snek kini akan diluncurkan di setiap target 100,000 pohon yang diselamatkan sampai tujuan akhir yakni menyelamatkan 1 juta pohon tercapai.

Dengan 300,000 pohon terselamatkan, Razer telah merilis dua suvernir baru Sneki Snek yang menarik. Masker Penutup Mata Razer Sneki Snek yang empuk dengan bahan beludru untuk kenyamanan serta istirahat tanpa gangguan. Karpet lantai Razer Sneki Snek yang melindungi lantai dari penggunaan sehari-hari dan dibuat dengan peredam kebisingan untuk pergerakan kursi yang tidak terhalang. Sejalan dengan tujuan menyelamatkan lingkungan yang direpresentasikan oleh Maskot Sneki Snek, kedua masker penutup mata dan karpet lantai terbuat 100% dari bahan yang didaur ulang.

Untuk menarik dan memotivasi penggemar Sneki Snek dalam menyelamatkan lebih banyak pohon, Razer telah mengungkapkan produk selanjutnya yang akan dirilis ketika target 400,000 pohon tercapai – Sandal Razer Sneki Snek. Alas kaki yang lembut dan empuk memastikan setiap langkah yang diambil adalah langkah menuju dunia yang lebih ramah lingkungan. Tersedia secara eksklusif di Razer.com, hasil dari setiap suvernir Sneki Snek yang terjual akan digunakan untuk membantu Conservation International menyelamatkan 10 pohon.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.razer.com/campaigns/sneki-snek   

Tonton video Razer x ClearBot disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here