Home Tips & Trik 7 Tips Merawat Layar Smartphone Agar Awet

7 Tips Merawat Layar Smartphone Agar Awet

7 Tips Merawat Layar Smartphone Agar Awet

review1st.com – Saat ini smartphone sudah menjadi barang penting dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari bekerja hingga urusan hiburan. Berbagai model maupun merek tersedia di Indonesia dan bisa dibeli dengan mudah.

Nah, agar smartphone Anda awet dan tidak cepat rusak, tentunya Anda perlu menjaga dan merawat perangkat Anda. Terutama bagian layarnya yang jadi komponen penting dari sebuah smartphone. Pasalnya layar mudah lecet dan kurang responsif jika tidak dijaga dengan baik.

Meski layar smartphone Android umumnya sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass untuk melindungi layar dari goresan, namun memberikan perlindungan lebih tentu tidak menjadi masalah.

Perhatikan 7 tips berikut ini agar layar smartphone Anda lebih awet sehingga Anda tidak perlu melakukan service ganti layar atau membeli smartphone baru sebelum waktunya.

1. Gunakan pelindung layar

Ini merupakan hal wajib yang perlu Anda lakukan untuk menjaga layar smartphone agar tidak mudah tergores, lecet, bahkan pecah. Selain itu pelindung layar tambahan juga akan menjaga layar smartphone Anda tetap bersih dari kotoran.

Saat ini ada berbagai jenis pelindung layar yang tersedia. Mulai dari anti gores yang biasanya berupa lapisan tipis, ada juga tempered glass dengan bahan yang lebih tebal dan lebih maksimal dalam melindungi layar, terutama jika tak sengaja terjatuh.

BACA JUGA
Cara Ganti Nama HP Android Dan iPhone

Anda juga harus jeli memilih produk pelindung layar agar tak hanya bisa melindungi layar, tetapi tidak mengurangi fungsi dan tingkat responsif layar saat disentuh.

2. Jangan menekan layar terlalu keras

Jika Anda sering menggunakan smartphone untuk bermain game, maka Anda mungkin sering menekan layar dengan keras karena terbawa suasana saat bermain.

Namun Anda disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan hal tersebut karena dapat mempengaruhi kemampuan dan daya tahan layar smartphone Anda.

Sebagai solusinya, jika Anda memang sering bermain game ada baiknya membeli smartphone khusus gaming atau paling tidak punya refresh rate tinggi di atas 60 Hz agar proses bermain game jadi lebih lancar dan mulus tanpa harus menekan layar dengan terlalu keras.

3. Hindari scroll layar dengan kuku

Layar touchscreen pada smartphone dirancang untuk merespon sentuhan jari. Nah, saat scroll layar, hindari menggunakan kuku karena tentu saja bisa menyebabkan goresan pada layar smartphone Anda.

Mungkin goresan kecil tidak akan begitu terlihat efeknya, namun jika terlalu banyak goresan di layar akan lumayan mengganggu pemandangan dan juga kinerja layar smartphone Anda.

4. Bersihkan dengan microfiber

Jika layar smartphone Anda terlihat kotor karena ketempelan debu atau minyak, gunakanlah kain microfiber lembut untuk membersihkannya. Kain yang juga biasa dipakai untuk membersihkan kacamata ini punya permukaan halus sehingga tidak akan merusak layar smartphone Anda.

BACA JUGA
Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap

Hindari membersihkan layar dengan pakaian yang sedang dipakai karena bahannya bisa saja kasar dan menggores layar smartphone Anda.

Jika Anda tidak punya kain microfiber, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan tisu lembut untuk membersihkan bagian layar maupun lensa kamera bagian belakang.

5. Perhatikan tempat menyimpan smartphone

Kantong celana biasanya jadi tempat favorit untuk menyimpan smartphone. Hal ini karena biasanya lebih praktis dan mudah dijangkau, apalagi jika sedang beraktivitas di luar rumah.

Tapi kondisi kantong celana yang seringkali ketat dan bahan jeans yang kasar bisa membuat layar smartphone Anda tergores dengan mudah.

Selain itu tekanan dari kantong celana yang ketat juga dapat membuat layar LCD smartphone Anda tertekan secara berlebihan. Jika sering dilakukan maka bisa jadi umur pakai layar smartphone Anda akan lebih pendek dari semestinya.

6. Jauhkan dari sumber panas dan magnet

Jangan letakkan smartphone Anda dekat dengan sumber panas seperti sinar matahari, kompor, maupun sumber panas lainnya.

Begitu juga dengan medan magnet karena jika sering terpapar dua hal ini, layar smartphone Anda akan turun kualitas dan kemampuannya dalam menampilkan visual secara maksimal.

Selain visual atau tampilan yang tidak presisi, kedua hal ini juga bisa menyebabkan garis-garis di dalam layar yang tentu saja bisa mengganggu pemandangan.

7. Pakai casing pelindung

Untuk perlindungan maksimal terhadap layar smartphone, Anda bisa memakai casing pelindung yang terbuat dari bahan kuat, seperti karbon agar smartphone tahan dan tetap aman meski terjatuh tanpa sengaja.

BACA JUGA
Apa itu Pop Up di HP dan Apa Gunanya?

Anda juga bisa memakai casing yang punya flip cover agar tetap aman jika Anda sering simpan smartphone di kantong celana.

Saat ini sudah banyak kok model casing yang terlihat stylish dan modern yang tak hanya melindungi smartphone Anda, tapi juga membuat Anda tampil keren.

Nah itulah tadi berbagai cara merawat layar smartphone yang bisa Anda lakukan agar tetap awet dan bebas goresan. Namun jika layar smartphone Anda sudah banyak tergores dan tidak responsif lagi, ganti ke smartphone baru bisa jadi pilihan pas.

Toh saat ini sudah banyak smartphone murah dengan spesifikasi juara yang bisa Anda beli dengan mudah, seperti misalnya harga hp realme yang 2 jutaan tapi spesifikasinya terasa premium. Anda bisa cek model maupun beli langsung dengan mudah lewat Blibli.com lho!

Previous articleBocor! Daftar Ponsel Xiaomi Penerima Pembaharuan Android 12 & MIUI 13 Terbaru!
Next articleCara Mengubah HP Android Jadi Mouse Komputer