Home Berita Tips Memotret Dengan realme C25Y, HP-nya Fotografer Pemula

Tips Memotret Dengan realme C25Y, HP-nya Fotografer Pemula

Tips Memotret Dengan realme C25, HP-nya Fotografer Pemula

review1st.com – Aktivitas memotret dengan HP belakangan semakin digemari bahkan menjadi tren berkat maraknya sosial media seperti Instagram atau Tiktok. Apalagi rata-rata smartphone jaman sekarang sudah mempunyai kualitas kamera mumpuni.

Kamera smartphone mampu memproduksi foto yang tak kalah dengan kamera mirrorless atau bahkan DSLR. Bahkan kini di rentang harga terjangkau, perangkat seperti realme C25Y sudah mampu menawarkan kamera dengan resolusi 50MP.

Buat kalangan dengan budget terbatas yang hobi memotret menggunakan HP, realme C25Y bisa menjadi pilihan tepat. Didukung triple camera: 50MP, lensa B&W 2MP dan lensa macro 2MP.

Tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam, kami rasa realme C25Y sudah bisa mewakili kebutuhan anak muda yang menyukai foto tajam, terang dan jernih dengan detail banyak.

Dengan trik nan simpel, meski hanya memotret lewat HP, kameranya bisa menghasilkan foto aesthetic, foto malam yang cantik, fotografi mikro hingga foto dengan bokeh keren.

Berikut beberapa tips dan trik memotret dengan HP buat pemula atau kalian yang baru ingin belajar fotografi menggunakan smartphone.

Tips Memotret Dengan HP realme C25Y:

Dengan spesifikasi 3 kamera AI di belakang, kita dapat mengeksplorasi banyak opsi dan memanfaatkan fitur fotografi yang terbenam dalam realme C25Y. Kita dapat menghasilkan jepretan ala fotografer handal.

1. Gunakan mode 50MP buat berbagai situasi

Resolusi besar 50MP di realme C25Y sangat mampu diandalkan memotret dalam segala situasi. Pasalnya kamera utama ini sudah hadir dengan dengan dukungan FPV 77 derajat, 5P lens, PDAF. 

BACA JUGA
Luncurkan Unhaspay, DOKU Dukung Universitas Hasanuddin Wujudkan Kampus Digital

Hasil fotonya tentu saja ciamik. Kaya dengan detil dan tajam. Kita juga bisa tetap mendapat hasil yang bagus meskipun dalam kondisi minim cahaya.

2. Manfaatkan efek bokeh dengan fitur portrait

Tips Memotret Dengan HP realme C25Y:

Kita bisa menciptakan foto yang keren meskipun background kurang meyakinkan. Pasalnya, foto dengan latar belakang yang buram dan membuat subjek foto lebih fokus. Efek ini disebut juga bokeh.

Dengan kemampuan AI-nya, fitur Portrait pada realme C25Y mampu menghasilkan foto portrait yang tajam, mendetail, dan mirip seperti hasil foto DSLR. Bukan hanya untuk obyek manusia tapi yang lainnya juga. Bahkan tingkat bokehnya bisa kita atur sendiri.

efek bokeh di hp

3. Pakai filter

Serunya, realme C25Y mendukung beberapa filter. Ada 9 variasi filter yang disuguhkan mulai dari Nostalfia, Vivid, Mono, hingga Warm.

Filter bisa membantu mempercantik hasil foto di lingkungan yang kurang memadai dari segi tone, warna. Kita bisa membuat foto yang terlalu flat menjadi berwarna atau lingkungan yang terlalu cerah jadi hitam putih.

filter saat memotret dengan hp

3. Gunakan fitur macro untuk objek mikro

realme C25Y menyediakan kamera makro 2MP yang dapat menghasilkan foto close-up makro dengan jarak objek dekat. Misalnya memotret action figure, diecast dan serangga.

Lensa Makro bisa dipakai memotret dengan jarak fokus super dekat. Jarak fokus 4cm menutupi kurangnya fokus close-up di lensa utama. Bisa dimanfaatkan untuk aktivitas fotografi mikro.

4. Night mode buat fotografi di malam hari

night mode
Night mode

Fotografi malam hari termasuk susah-susah gampang. Tapi memotret dengan HP bisa lebih mudah terutama jika kamea dibekali night mode.

BACA JUGA
WA Web: Cara Gunakan di 2 HP atau Laptop & Fiturnya

Dengan menggunakan Night Mode, kita dapat menikmati hasil foto yang mendetail dengan akurasi warna yang terjaga tanpa banyak noise.

Hanya saja, saat memotret menggunakan Night Mode, perangkatnya harus tetap stabil selama beberapa detik untuk mendapatkan hasil jepretan yang optimal.

5. Melangkah lebih pro dengan pengaturan manual

pengaturan pro di hp

Buat pemula yang sudah lumayan mahir memotret menggunakan HP, saatnya mencoba pengaturan manual. Di kamera realme C25Y ada opsi ‘Pro’ buat yang menginginkan pengalaman mengatur kamera secara manual layaknya DSLR.

Nah, dengan fitur ini, kalian bisa melakukan eksperimen. Kalian bisa mengontrol ISO, shutter speed, white balance, kontras, saturasi. Dengan mengutak-atik ini kalian bisa mendapatkan pencahayaan, ketajaman dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Buat kalian yang ingin belajar fotografi tapi budget terbatas, realme C25Y sudah mengakomodasi semua keperluan. Smartphone ini dibanderol Rp 2.099.000 dan bisa didapat di Shopee, akulaku & realme.com.

Trik Fotografi di HP

Setelah terbiasa memotret dengan realme C25Y, kini saatnya kalian menggunakan trik yang sering digunakan para fotografer profesional. Berikut triknya:

Pahami komposisi fotografi

Sudah pasti, salah satu faktor keindahan foto adalah komposisi foto yang menarik. Jadi pahami terlebih dahulu mengenai komposisi fotografi salah satunya rule of third.

Supaya lebih mudah menjalankan rule of third kalian bisa mengaktifkan grid di HP saat memotret. Dengan bantuan garis maka posisi objjek yang ditembak jadi lebih akurat sesuai kaidah rule of third.

BACA JUGA
Cara Menyembunyikan File di HP Android

Pastikan cukup cahaya

Setiap memotret kalian harus memastikan cahaya yang ada di sekitar cukup. Ini untuk menghindari noise yang menyebabkan ketajaman gambar berkurang.

Solusinya, nyalakan lampu jika terlalu gelap atau pakai penerangan yang cukup. Jika di dalam ruangan buka jendela supaya matahari masuk.

Begitu pula saat memotret di luar ruangan, pastikan cahaya matahari jangan terlalu over. Carilah golden hour dua kali dalam sehari, yakni sesaat setelah matahari terbit di pagi hari dan sebelum matahari terbenam di sore hari.

Hindari digital Zoom saat memotret dengan HP

Daripada menggunakan digital zoom, lebih baik dekati objek foto. Pasalnya jika kita memotret di HP dengan perbesaran digital maka hasilnya akan buram dan pecah.
Jadi, lebih baik dekati objek foto dan usahakan mendapatkan lokasi terdekat tanpa harus melakukan zoom di kamera.

Manfaatkan HDR di HP

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range, kalau diartikan secara sederhana artinya ada perbedaan tingkat kecerahan yang jauh antara bagian yang terang dan bagian yang gelap.

Biasanya jika mode HDR diaktifkan, maka perbedaan gelap terang foto bisa diminimalisir sehingga hasilnya akan lebih detail. Jadi saat memotret di HP lebih ciamik hasilnya.

Memotret dengan angle berbeda

Supaya memotret dengan HP jadi lebih kreatif, kita bisa menggunakan angle atau sudut pengambilan gambar yang berbeda-beda. Ubah sudut misal mengambil ketinggian atau memotret objek dari bawah.

Previous articlePunya Smartphone Performa 5G, RAM Plus, Baterai Besar, Buat Apa?
Next articleOPPO Siapkan HP Snapdragon 8 Gen 1, Apakah Find X4?