Home Rekomendasi Review Realme C25Y: Spek Bertenaga Plus Kamera 50MP

Review Realme C25Y: Spek Bertenaga Plus Kamera 50MP

Review realme C25Y: Kelebihan, Kekurangan, Harga & Spesifikasi HP

review1st.comrealme baru saja merilis C25Y. Sebagai anggota seri C, smartphone terbaru ini membidik segmen entry level di rentang harga 2 jutaan ke bawah. Tapi realme C25Y membawa kejutan anyar buat konsumen. Apa itu?

Ternyata, seri ini jadi yang pertama di keluarga C-series mengusung pembaruan besar di sektor fotografi dengan kamera 50MP.

Dengan upgrade ini, realme C25Y berani mengusung slogan “50MP AI Camera. Serunya Seharian.” Selain itu, realme menyuplai chipset Unisoc T610 dan baterai 5000mAh sebagai penyempurna.

Nah, kebetulan redaksi sudah memegang unit review realme C25Y. Jadi kami bisa langsung menjajal kemampuannya. Penasaran kan? Yuk langsung saja simak ulasan berikut. Gas!

Review Realme C25Y: Spek Bertenaga Plus Kamera 50MP

Review realme C25Y

Dengan semua kelengkapan dan penambahan fitur di sana-sini, tak salah jika realme C25Y memposisikan diri sebagai smartphone entry-level terbaik yang dirancang untuk kegiatan sehari-hari.

Vendor berupaya membungkusnya dalam spesifikasi sesuai permintaan dan kebutuhan pengguna. Apakah sesuai ekspektasi? Yuk kita intip dulu HP realme terbaru ini, dimulai dari paket penjualannya.

review realme c25y

Unit review realme C25Y datang ke meja redaksi dalam box khas berwarna kuning. Isi paket penjualannya: 1 unit HP, adapter 18W, 9V – 2A, kabel micro USB, kartu garansi, buku panduan, SIM ejector dan lapisan pelindung layar.

Oke, unboxing beres, selanjutnya kita bahas aspek utamanya.

Baterai

Unit review realme C25Y yang kami pegang mengantongi baterai 5000mAh. Buat mendukung aktivitas harian tentu saja bisa diandalkan. Pasalnya, kita bisa menggunakannya seharian tapi harus mengecas berulang kali.

Menurut pengujian realme Lab, realme C25Y dapat bertahan selama 48 hari dalam mode standby, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa smartphone flagship lainnya.

Tak hanya itu, realme menyisipkan beragam fitur penghematan daya seperti: App standby optimizer guna meredam penggunaan daya aplikasi di latar belakang.

Kemudian ada Battery saver yang akan menurunkan efek tampilan dan enambah waktu aktif. Juga fitur seperti Ultra saving mode yang hanya mengaktifkan keperluan basic telepon dan SMS dan sebagainya.

BACA JUGA
Amazfit GTR 3 vs Amazfit GTR 3 Pro: Pilih Mana?
kelebihan dan kekurangan realme c25y

Buat pengecasan, realme C25Y mengadopsi metode pengisian daya cepat 9V/2A melalui adaptor pengisi daya dan kabel micro USB yang disertakan. Dengan OTG reverse charging, realme C25Y juga bisa menjadi powerbank lho.

Untuk mengisi ulang dari nol sampai penuh dibutuhkan waktu dua jam kurang sedikit. Lumayan cepat sih menurut kami. Kita bisa menikmati baterai kapasitas besar seharian dengan charging time tak terlalu lama.

Kamera

kamera 50mp

HP realme terbaik ini adalah model pertama dalam seri C yang dilengkapi dengan kamera 50MP. Alhasil bisa memproduksi foto piksel besar hingga 8160x6144p, menampilkan lebih banyak detail.

Kelebihan realme C25Y paling menonjol ada di kamera. Untuk memperkuat statemen di atas, realme membenamkan triple camera di area imaging-nya.

Masing-masing kamera memiliki resolusi: kamera utama 50MP dengan dukungan FPV 77 derajat, 5P lens, PDAF. Kemudian ada lensa B&W 2MP, dan lensa makro 2MP.

Untuk ukuran smartphone entry level, jepretan kamera 50MP tentu saja cukup eksepsional. Kaya detil dan tajam. Kita juga bisa melakukan zoom hingga 4X dan rekam video hingga 1080P/30fps.

hasil kamera 1
Mode Auto
hasil kamera 2
Mode 50MP
hasil kamera 4
Mode Auto
hasil kamera 5
Mode 50MP dengan kondisi backlight

Sementara, lensa Makro bisa dipakai memotret dengan jarak fokus super dekat. Jarak fokus 4cm menutupi kurangnya fokus close-up di lensa utama. Bisa dimanfaatkan untuk aktivitas fotografi mikro.

hasil kamera 6
Mode Macro

Terakhir, lensa B&W bermanfaat memberikan efek artistik khusus potret untuk mereproduksi hasil potret dalam hitam dan putih. Menyuguhkan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras.

hasil kamera 7
Mode Portrait
hasil kamera 8
Night mode

Asyiknya lagi, dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik.

Overall, konfigurasi kamera realme C25Y ini cukup memuaskan. Ditambah dengan kamera selfie 8MP berbasis Sony IMX355, f/2.0 Aperture.

Kamera depannya mendukung AI Beauty Function, Mode HDR, Mode Potret, dan sebagainya. Hasil fotonya bagus dan juga disuplai kemampuan rekam video 720P/30fps.

BACA JUGA
Harga dan Spesifikasi realme C11 2021 (Kelebihan + Kekurangan)

Performa

harga realme c15y

Unit review realme C25Y dimotori oleh prosesor octa-core yang diklaim mumpuni di kelas harganya, Unisoc T610.

Secara teknis, chipset ini sudah melalui fabrikasi 12nm. Memboyong platform seluler 4G dengan desain arsitektur Arm DynamIQ. Mesin gambar Vivimagic Solution generasi kelima yang dikembangkan sendiri.

Kinerjanya mengandalkan CPU yang terdiri dari 2 core A75 berclockspeed 1.8GHz dan 6 core A55 1.8GHz.Ternyata performa multi core-nya cukup mumpuni, 25% lebih baik dari MTK P35.

Soal pengolah grafis, chipset ini mengadopsi GPU Arm Mali G52 3EE 2-Core. Hasil benchmarknya pun 30% lebih tinggi dari produk pesaing. Berkat ini, pengalaman bermain game otomatis jadi lebih optimal.

benchmark
Hasil Geekbench

Aktivitas mainstream sehari-hari seperti sosmed, nonton film, mendengar musik dsb. relatif aman. Game level menengah masih lancar dimainkan dengan setting medium.

realme C25Y sudah mendukung rentang frekuensi Memori yang lebih luas (mendukung frekuensi DDR hingga 1600MHz). Mengandalkan RAM 4GB dan memori internal 64GB, bisa diperluas via microSD hingga 256GB.

Fitur Lain

Lebih jauh lagi, modul komunikasi mendukung RAT enam mode, yang telah diuji di lebih dari 130 negara, mencakup lebih dari 90% populasi dunia, dan telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 200 operator.

Unit review realme C25Y mendukung sensor sidik jari dengan respon cukup cepat di kelasnya. Dilengkapi dengan pengenalan wajah yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan sekilas.

Pada bagian SIM tray, smartphone ini mendukung 2 kartu SIM Nano dan 1 kartu MicroSD secara bersamaan.

Rancangan Bodi

desain

Desain keluarga C ini terus mengalami perkembangan dan selalu kelihatan atraktif. Kini, unit review realme C25Y mengadopsi desain garis estetika.

Eksterior di bagian panel belakang, tampil dalam visualisasi abstrak garis, menghadirkan susunan garis serta permukaan bertekstur.

Terasa kesat dan tak licin saat dipegang. Materialnya sebenarnya terbuat dari plastik karbonat tapi bisa disembunyikan dengan desain premium.

BACA JUGA
realme GT Neo2 Segera Invasi Indonesia 3 November 2021

Soal kualitas, smartphone realme ini sudah mengantongi Sertifikasi Keandalan Tinggi TÜV Rheinland. Melewati 10 Skenario Tes Penggunaan Harian, 7 Skenario uji lingkungan ekstrem dwn 6 Skenario Uji Reliabilitas Komponen.

Lebih jauh lagi, sebagian besar kondisi pengujian Sertifikasi Keandalan Tinggi Ponsel Cerdas TÜV didasarkan pada siklus hidup tiga tahun ponsel cerdas.

realme C25Y tersedia dalam 2 warna menarik: Glacier Blue dan Metal Grey. Kebetulan unit review yang kami pegang mengusung warna Glacier Blue.

Layar

spesifikasi realme c25y

Area panel sentuh di bagian depan mengadopsi layar penuh mini-drop berukuran 6,5 inci (16,5cm). dengan begitu, realme C25Y menghadirkan bidang pandang yang lebih besar. Sayang, resolusinya masih HD+.

Areanya bisa menampilkan lebih banyak informasi sambil memberikan pengalaman bermain game, audio, dan video yang luar biasa. Didukung rasio layar-ke-bodi setinggi 88,7%.

Buat antarmukanya realme C25Y menjalankan realme UI R Edition berbasis Android 11. Dengan ikon dan animasi khas yang pas buat selera anak muda.

Kelebihan dan Kekurangan realme C25Y

Kelebihan dari unit review realme C25Y ini sudah barang tentu di aspek kameranya. Kualitas sekelas 50MP sangat bisa diandalkan, apalagi buat segmen entry level.

Prosesor Unisoc T610-nya juga ternyata bisa diandalkan melebihi ekspektasi. Kelebihan lain, smartphone ini juga disuplai baterai besar 5000mAh dengan charger bawaan 18W.

Kekurangan realme C25Y yang kami temukan mungkin hanya ketiadaan soft case di paket penjualan. Serta port yang masih menggunakan micro USB. Tapi bukan masalah besar sih kalau menurut kami.

Harga realme C25Y

Menurut pendapat kami, seri ini sukses mewakili kebutuhan anak muda yang butuh smartphone entry level untuk sehari-hari. Harganya terjangkau dengan spesifikasi memadai.

Harga realme C25Y (4/64GB) pada flash sale, 24 November jam 18:00 dibanderol Rp 1.999.000. Harga resminya Rp 2.099.000. Smartphone ini bisa didapat di Shopee, akulaku & realme.com.

Spesifikasi realme C25Y:

RAM & Memori Internal4GB+64GB; Kapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256GB
ProsesorProsesor Unisoc T610; Prosesor Octa-core 12nm; CPU: 2× ARM Cortex-A75 1.8GHz, 6× Cortex-A55 1.8GHz; GPU: ARM Mali-G52
Layar6,5 inci (16,5cm) Fullscreen; Resolusi 1600*720; Rasio Layar 88,7%; Kecerahan Layar 420nits
WarnaGlacier Blue; Metal Grey
Baterai5000mAh; Mendukung OTG reverse charging
Kamera50MP kamera utama FOV 77°5P lens, PDAF, Max Digtal Zoom 4X; 2MP Macro, FOV 88.8° 3P lens, 4cm FF; 2MP B&W, FOV 88.8°, 3P lens, FF.
Perekaman video: Mendukung 480P/30fps, 720P/30fps, 1080P/30fps.
Kamera Depan: AI 8MP Sony IMX355, f/2.0 Aperture, 5P lens, AI Beauty; HDR; perekaman video di 480P/30fps dan 720P/30fps
KonektivitasMendukung 2.4G Wi-Fi, Mendukung Bluetooth 5.0
Ukuran & BeratUkuran: 164.5mm*76.0mm*9.1mm; Berat: 200g
SensorGPS/AGPS/Beidou/GlonassMagnetic Induction Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor, Accelerometer Sensor, Sidik Jari
Sistem Operasirealme UI R Edition dengan Sistem Operasi Dasar Android 11
Paket Penjualanrealme C25Y, 9V2A Adapter, Kabel MicroUSB, Kartu Garansi, Panduan Cepat, Alat Pelontar Kartu SIM, Lapisan Pelindung Layar
REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Kamera
Baterai
Previous articleJuara 1 Samsung Innovation Campus Beri Solusi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh
Next articleSpesifikasi Huawei Nova 9 Buat Indonesia Diungkap