Home Berita Apa itu 5G, Manfaat dan Cara Menggunakan

Apa itu 5G, Manfaat dan Cara Menggunakan

Apa itu 5G, Manfaat dan Cara Menggunakan

review1st.com – Seperti diketahui, layanan 5G secara komersial sudah bisa dinikmati sejak Telkomsel merilis service ini pada 26 Mei 2021. Tapi masih banyak masyarakat belum tahu dan teredukasi tentang apa itu 5G. Padahal manfaat, kegunaan dan fungsi layanan ini cukup krusial.

Nah yuk kita cari tahu apa itu 5G dan segala tetek bengek tentangnya. Biarpun baru di beberapa kota, dengan hadirnya layanan 5G ini diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dan menunjang kemajuan masyarakat.

BACA JUGA
Cara Stem Gitar Termudah di HP Android, iOS, PC & Laptop

Telkomsel adalah salah satu operator yang berjanji akan memperluas jangkauan 5G tersebut dan mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri. Juga tentunya dengan dukungan kehadiran HP 5G murah.

apa itu 5g

Apa itu 5G?

Eksistensi layanan 5G merupakan perubahan baru yang signifikan dan merubah pola hidup atau aktifitas manusia modern saat ini.

Lalu apa sih 5G itu? Ia adalah jaringan seluler generasi kelima, sebagai kelanjutan dari evolusi 1G, 2G, 3G, dan 4G. Secara teori, kecepatan 5G bisa mencapai 100 kali lebih cepat dari 4G.

Teknologi ini menarik karena ia memiliki latensi sangat rendah dengan bandwidth yang lebih besar. Koneksi seperti ini tentu akan mendorong masyarakat menjadi lebih melek internet, mengubah industri, dan secara dramatis meningkatkan pengalaman sehari-hari.

Pasalnya, dengan kecepatan transfer data tinggi dan latensi yang rendah, implementasi 5G diprediksi tidak hanya akan berimbas pada teknologi yang terkait smartphone saja, melainkan hampir di semua bidang.

Manfaat 5G

Nah, buat mengetahui manfaat layanan internet cepat ini, ada beberapa bidang yang bisa terbantu dengan kehadirannya. Ada bidang tertentu atau cakupan dari penerapan teknologi 5G yang bakal terpengaruh positif olehnya.

Internet of things (IoT)

cara menggunakan 5g

IoT secara sederhana dapat digambarkan dengan terhubungnya multi perangkat yang saling berbagi data atau berbagi akses secara ril dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi IoT ini sudah diterapkan dalam berbagai bidang seperti militer, transportasi, industri dan masih banyak lagi.

Dengan kehadiran teknologi 5G, teknologi wireless yang selama ini diusung IoT akan semakin berkembang. Kombinasi antara 5G dan IoT diprediksi akan menciptakan berbagai kemajuan teknologi seperti jaringan energi pintar dan meningkatkan kemampuan otomasi mesin pabrik misalnya.

Mobile Otonom

Teknologi mobile otonom (tanpa pengemudi, termasuk drone) akan semakin berkembang. Sebab untuk mewujudkan mobil otonom itu jaringan internet yang cepat dan andal merupakan persyaratan wajib.

Sehingga diharapkan pengolahan data dari sensor pada mobil otonom dapat diproses secara simultan dan menghasilkan mobile otonom yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Virtual Reality (VR) & Augmented Reality (AR)

Teknologi VR dan AR memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan dunia virtual. Saat ini, teknologi AR digunakan untuk efek dan filter khusus pada kamera smartphone, sementara teknologi VR digunakan pada game online.

Dengan adanya 5G, peningkatan dan transformasi teknologi VR dan AR diprediksi akan semakin menarik dan semakin mendekati nyata.

BACA JUGA
Cara Mengaktifkan WhatsApp di PC & Laptop Tanpa Ponsel Online Terbaru

Smarthome

manfaat 5g

Layanan 5G bisa diterapkan di rumah. Kamera keamanan kini bisa dipasang dengan resolusi tinggi, monitoring lebih responsif dan akses lebih cepat. Bahkan, media penyimpanan bisa langsung disimpan di penyimpanan cloud.

Perangkat di rumah bisa terkoneksi lewat internert berkat dukungan gadget pintar. Dari mulai mesin cuci, kulkas, AC, televisi, lampu hingga keran air di kamar mandi bisa kita kelola dari kantor cukup menggunakan HP.

Kedokteran atau e-Health

Jaringan 5G juga bisa menghilangkan masalah jeda pada video ataupun penundaan kendali jarak jauh. Sehingga dalam ilmu kedokteran, seperti operasi misalnya, seorang dokter ahli dapat melakukan operasi jarak jauh secara real time.

Dengan 5G, alat-alat pintar yang ada bisa langsung mencocokkan dengan data medis yang terpusat, melakukan diagnosa dikala sakit, dan memanggil dokter dalam keadaan darurat.

Konvergensi Layanan

Dengan layanan 5G, apa pun konvergensi (penggabungan) layanan baik berupa aplikasi (superapps), layanan over the top maupun layanan streaming dan video on demand akan semakin meningkat dan menghasilkan layanan baru yang belum terpikirkan saat ini.

Salah satu contoh adalah pengembangan layanan pendukung aktivitas perbankan melalui layanan aplikasi Telkomsel REDI.

Dengan dukungan jaringan 5G, aplikasi ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam akses menu keuangan dari berbagai layanan perbankan di Indonesia yang lebih terintegrasi dan aman.

Tujuannya untuk mengoptimalkan berbagai potensi pemanfaatan teknologi demi kemudahan akses keuangan digital masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.

Dengan pemanfataan layanan aplikasi Telkomsel REDI, berbagai aktivitas keuangan digital yang sebelumnya mungkin harus diakses dengan berbagai platform yang berbeda.

Seperti pembukaan dan pengelolaan rekening, transfer uang, hingga transaksi perbankan lainnya, kini semakin dimudahkan dengan akses transaksi cashless yang terintegrasi.

BACA JUGA
Gandeng Investor Abu Dhabi, Ini yang Dilakukan Smartfren

Cara Menggunakan Layanan 5G

hp yang mendukung

Nah, seiring dengan manfaat 5G yang begitu besar tentu kalian ingin mencoba layanan ini. Pastikan kalian mempunyai perangkat yang mendukung. Mungkin bisa kalian coba HP 5G OPPO yang pernah kami buat rekomendasinya.

Selanjutnya, setelah memiliki smartphone yang mendukung, kalian juga harus memastikan beberapa hal berikut:

  • Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  • Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
  • Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  • Memastikan fitur 5G telah aktif di nomor ponselnya
  • Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi www.telkomsel.com/5G untuk mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

Nah, sudah tahu kan apa itu 5G, manfaat dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Previous articleBeginilah Cara Memeriksa Nomor HP Sendiri
Next articleASUS Mengumumkan Ketersediaan ProArt Display PA329CV
The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”