review1st.com – Apple tak pernah berhenti berinovasi dalam meluncurkan iPhone seri terbaru. Seperti varian iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 mini, dan iPhone 13 Pro Max. Seri iPhone terbaru yang dirilis oleh Apple selalu laris manis di pasaran. 

Bahkan tak jarang, beberapa penggemar iPhone mengambil pinjaman online agar tidak ketinggalan membeli iPhone seri terbaru. Berbicara tentang model dan desain, sebenarnya tidak banyak perubahan besar dari iPhone seri-seri terbaru itu. 

Tapi tentu ada sejumlah perbaikan yang membuat iPhone seri terbaru selalu lebih baik dari generasi sebelumnya. Dari keempat seri tersebut, ada iPhone 13 dan iPhone 13 mini yang merupakan varian low end dan ditawarkan dengan harga yang relatif lebih terjangkau bila dibandingkan varian Pro. 

Kedua model ini punya beberapa perbedaan satu sama lainnya. Agar kamu tahu perangkat mana yang paling sesuai kebutuhanmu, yuk simak perbandingan spesifikasi iPhone Mini dan iPhone 13.

Perbandingan iPhone 13 Mini VS iPhone 13

1. Desain

Desain iPhone 13 dan iPhone 13 mini cukup mirip. Yang membedakannya adalah dimensi dari masing-masing ponsel itu. Dilihat dari segi desain, IPhone 13 mini tampak lebih menarik karena ukuran ponselnya lebih ringkas dan lebih ramah untuk diletakkan di kantong. 

Namun, ukuran layarnya yang lebih mungil, membuat ponsel ini kurang nyaman digunakan untuk bermain game. 

BACA JUGA
realme C65: Smartphone dengan Fitur Air Gestures Pertama di Segmennya

Perangkat ini hadir dengan bingkai aluminium dan kaca belakang. Kedua ponsel iPhone 13 dan iPhone 13 memiliki sertifikasi IP68, mempunyai kaca belakang dan kaca depan yang terlindung Gorilla Glass sehingga keduanya tahan air serta tahan debu. 

Jika dibandingkan generasi sebelumnya, notch dua ponsel ini 20 persen lebih kecil namun tetap dengan sensor yang sama.

2. Layar

Perbandingan berikutnya jika dilihat dari segi layar, kedua ponsel ini memiliki layar OLED yang hampir sama. Hanya saja ada perubahan pada resolusi dan diagonalnya. Diagonal pada iPhone 13 sebesar 6,1 inci dan resolusinya 1170 x 2532 piksel. 

Sementara layar pada iPhone 13 mini 5,4 inci dan resolusinya 1080 x 2340 piksel. Kedua smartphone ini dilengkapi panel Super Retina XDR yang tersertifikasi Dolby Vision, HDR10,dan memiliki kecerahan maksimal 1200 nits. 

Gamutnya memiliki warna lebar dan berteknologi True-tone. Meski tak memiliki pemindai sidik jari untuk sistem otentikasi, tetapi keduanya memiliki fitur Face ID, yaitu teknologi terbaik untuk pengenalan wajah 3D.

3. Kapasitas Baterai

Perbedaan yang cukup terlihat antara iPhone 13 dan iPhone 13 mini yaitu kapasitas baterainya. IPhone 13 memiliki baterai 3240 mAh yang memberikan daya tahan hingga 19 jam untuk penggunaan multimedia. Sementara untuk varian iPhone 13 mini hanya 17 jam saja karena kapasitas baterainya lebih kecil yaitu 2438 mAh. 

BACA JUGA
TECNO POVA 6, Ponsel Gaming Terbaru dengan Fitur Unggulan

4. Dapur Pacu dan Penyimpanan

Kedua perangkat ini dilengkapi chipset Apple A15 Bionic 5 nm dengan maksimum frekuensi 3,22 GHz. iPhone 13 dan iPhone 13 mini memiliki RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan internal yang beragam. 

Mulai dari 128, 256 hingga 512 GB tergantung konfigurasi yang kamu pilih. Kinerja GPU pada varian Pro bisa lebih baik karena prosesor yang ada di iPhone 13 dan iPhone 13 mini lebih kecil di sisi GPU. 

Sebagai perbandingan, jika iPhone 13 dan iPhone 13 mini kinerja GPU nya meningkat 30 persen, pada varian Pro naik 50 persen.

5. Konfigurasi kamera

Jika dibandingkan generasi sebelumnya, konfigurasi kamera di kedua perangkat ini tidak berubah. IPhone 13 dan iPhone 13 mini memiliki kamera utama sebesar 12 MP dengan aperture f/1.6 dan serta sensor-shift OIS. 

Kamera utama dilengkapi sensor ultrawide sebesar 12 MP dengan aperture f/2.4. Kedua ponsel ini bisa merekam video berkualitas 4K 60 fps lengkap dengan  Dolby Vision HDR dan suara yang stereo. 

Kamera selfie di ponsel ini juga cukup tajam dengan 12 MP dan bisa merekam video 4K 60 fps. Ada juga sensor SL 3D untuk mengenali wajah 3D.

Beli HP iPhone Original dengan SPinjam

Itulah perbedaan iPhone 13 Mini vs iPhone 13 yang perlu kamu tahu. Jika kamu sudah membutuhkan iPhone tapi saat ini belum punya uang cash, kamu bisa menggunakan alternatif berupa pinjaman online seperti SPinjam. 

BACA JUGA
Nikmati Diskon Special dan Pengalaman Unik di OPPO Experience Store Terbaru di Palembang Indah Mall

Di SPinjam, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp12 Juta dan cair hari ini lho! Agar belanja kamu jadi lebih hemat, kamu juga bisa memanfaatkan promo Shopee 12.12 Birthday Sale pada tanggal 14 November-12 Desember 2022! 

Ada promo Gratis Ongkir Rp0, Cuci Gudang Diskon hingga 90%, dan Rezeki Nama Diskon hingga 50RB yang akan membuat belanja kamu jadi semakin menguntungkan. Yuk, beli gadget di Shopee!

Shares: