review1st.com – Instagram, platform media sosial terkemuka setelah WhatsApp, menarik perhatian 2 miliar pengguna aktif setiap bulan, dengan pengguna rata-rata menghabiskan waktu 12 jam di platform ini. Di Indonesia, pengguna menghabiskan waktu lebih lama, yaitu 14 jam 9 menit setiap bulan untuk menjelajahi Instagram.

Dengan popularitasnya, Instagram menjadi tempat yang tepat untuk berbagi cerita melalui konten. Fitur IG Story, yang digunakan oleh rata-rata 500 juta pengguna setiap hari, adalah salah satu fitur terpopuler di platform ini.

Samsung memperkenalkan smartphone baru, Galaxy A15 5G, untuk meningkatkan pengalaman berbagi konten di media sosial, termasuk IG Story. Dilengkapi dengan triple camera belakang, termasuk lensa utama 50MP, ultra-wide 5MP, dan macro lens 2MP, serta selfie cam 13MP, Galaxy A15 5G memastikan konten yang dihasilkan jernih dan estetik.

“Dengan harga terjangkau, Galaxy A15 5G tidak hanya menawarkan kamera canggih untuk berbagi konten berkualitas, tetapi juga performa yang powerful. Layar Super AMOLED 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz memberikan pengalaman visual yang tajam dan mulus.

Baterai 5.000mAh memastikan penggunaan sepanjang hari di jaringan 5G yang cepat,” kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghasilkan konten estetik di IG Story menggunakan Galaxy A15 5G:

Simpan dan Unggah Konten dengan Resolusi Tinggi

Pastikan konten disimpan dalam resolusi tinggi untuk menghindari keburaman atau kepecahan saat diunggah.Galaxy A15 5G secara default menyimpan foto dalam resolusi 12MP, tetapi dapat diubah menjadi 50MP untuk kualitas yang lebih tinggi.

BACA JUGA
BIOTA Smart Home: Menghadirkan Kehidupan yang Lebih Berarti

Galaxy A15 5G secara default akan menyimpan fotomu dalam resolusi yang cukup tinggi, yaitu 12MP. Kamu bisa mengubahnya ke resolusi yang lebih tinggi yaitu 50MP, caranya: 

  1. Buka kamera. Pilih mode Foto. 
  2. Di tab yang ada di atas layar, akan terlihat 12M sebagai pengaturan default
  3. Sentuh di angka itu dan pengaturan akan berubah ke angka 50M.  
Tips Share Konten Estetik di IG Story dengan Galaxy A15 5G

Tingkatkan Kualitas Konten

Aktifkan fitur Scene Optimizer dan Auto HDR untuk mengoptimalkan warna, kontras, dan detail foto. Scene Optimizer dapat diaktifkan dalam mode Portrait dengan mengklik ikon pengaturan di layar. Auto HDR dapat diaktifkan dalam mode Portrait dan Photo dengan mengklik ikon Settings. Untuk mengaktifkan setting ini: 

  1. Buka kamera dan pilih mode Potret
  2. Klik pada ikon pengaturan di pojok kiri atas layar.
  3. Pada Scene optimiser/pengoptimalan adegan, geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan.

Kamu juga bisa mengaktifkan Auto HDR baik pada mode Portrait dan Photo, yang akan membuat kamera menangkap lebih banyak detail di area terang dan gelap dari subyek fotomu untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan hidup. Untuk mengaktifkan fitur ini: 

  1. Buka aplikasi kamera, lalu pilih mode Portrait atau Foto
  2. Tap ikon Settings di pojok kiri atas
  3. Pada Auto HDR/HDR Otomatis, geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan.

Tambahkan Elemen Fun

Manfaatkan fitur Fun Mode untuk menambahkan elemen hiburan ke IG Story. Aktifkan Snapchat Lense yang terintegrasi dengan aplikasi Camera di Galaxy A15 5G. Untuk mengaktifkan Snapchat Lense:

  1. Buka aplikasi kamera, lalu klik pada ikon pengaturan di pojok kiri atas. 
  2. Scroll layar ke bawah dan temukan Lihat Lensa Snapchat dalam Mode seru.
  3. Geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan. 

Edit sebelum Posting

Edit foto langsung dari Galeri dengan menyesuaikan posisi, efek, kecerahan, dan kontras.Tambahkan stiker atau teks dengan kontras yang baik terhadap latar belakang.

BACA JUGA
Snapdragon Mobile Challenge in Mobile Legends: Bang Bang Kembali ke Indonesia

Untuk memastikan kualitas konten yang hendak kamu share di IG story lebih baik lagi, kamu bisa mengeditnya sebelum posting. Samsung Galaxy A15 5G memudahkan kamu melakukan pengeditan foto tanpa aplikasi tertentu. Caranya:

  1. Buka Galeri dan pilih foto yang ingin diedit. Tap ikon pensil di deretan menu di bawah layar. 
  2. Kamu bisa mengatur posisi Luruskan, Horizontal, dan Vertical
  3. Tambahkan efek tertentu bila perlu, seperti Otomatis, Hangat, Keren, dan sebagainya. 
  4. Kamu juga bisa menambahkan atau mengurangi Kecerahan, Pencahayaan, Kontras dan sebagainya.

Tambahkan stiker atau teks. Gunakan teks yang mudah dibaca dengan kontras yang baik terhadap background.

Unggah dengan Kualitas Tertinggi

Pastikan pengaturan Instagram untuk unggah dalam kualitas tertinggi untuk hasil terbaik. Aktifkan opsi “Unggah dalam Kualitas Tertinggi” di pengaturan Instagram.

Langkah terakhir sebelum mengunggah hasil foto kamu ke Instagram adalah pastikan bahwa hasilnya akan muncul dengan kualitas yang terbaik pada saat kamu unggah ke Instagram Story kamu. Caranya:

  1. Buka aplikasi Instagram 
  2. Klik pada menu profil
  3. Pilih ikon 3 garis horizontal pada atas kanan layar dan klik Pengaturan dan privasi
  4. Scroll kebawah sampai kamu menemukan Penggunaan data dan kualitas media, lalu klik
  5. Geser ke kanan pada opsi Unggah dalam kualitas tertinggi untuk hasil yang terbaik.

Nikmati pengalaman pasti dalam berbagi konten di IG Story dengan Galaxy A15 5G, tersedia dengan harga Rp3.599.000 dalam pilihan warna Yellow, Blue, dan Blue Black.

BACA JUGA
5 Inovasi Samsung Galaxy untuk Meningkatkan Pengalaman Komunikasi

Produk ini tersedia di toko daring dan gerai retail di seluruh Indonesia, dengan bonus Travel Adapter 25-watt dan 6 bulan Samsung Care+ proteksi layar retak senilai total Rp1.229.000 untuk setiap pembelian, selama persediaan masih ada.

Shares: