review1st.com – Semakin banyak orang Indonesia menunjukkan minat besar terhadap penggunaan teknologi berbasis AI, yang dianggap dapat mempercepat proses tugas dan pekerjaan sehari-hari.

Menyadari potensi besar ini, Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 hadir dengan fokus pelatihan baru dalam bidang kecerdasan buatan (AI), untuk mempersiapkan peserta dengan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Menurut laporan, kontribusi AI terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia diproyeksikan mencapai US$366 miliar pada tahun 2030. Namun, kebutuhan akan talenta digital yang mahir dalam AI masih jauh dari terpenuhi.

Hingga tahun 2030, diperkirakan akan ada kekurangan 9 juta talenta digital di Indonesia, dengan hanya 1% tenaga kerja yang memiliki keterampilan digital tingkat lanjutan.

Samsung Innovation Campus, sebagai inisiatif pendidikan Samsung, terus berupaya mengatasi kekurangan ini dengan menyediakan pelatihan formal dalam bidang AI, IoT, serta Coding & Programming. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis, tetapi juga melatih keterampilan soft skill dan pengembangan karier.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, menekankan pentingnya keterampilan AI dalam menghadapi perubahan industri.

“Melalui Samsung Innovation Campus, kami berkomitmen untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan keterampilan AI yang diperlukan untuk masa depan yang lebih cerah,” katanya.

Pemerintah Indonesia juga mendukung upaya ini dengan menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 68 tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di pasar kerja domestik dan internasional.

BACA JUGA
Laporan Terbaru CyberArk: Serangan Identitas Meningkat di Perusahaan APJ

Saat ini, pendaftaran untuk SIC Batch 5 2023/2024 telah dibuka hingga 31 Januari 2024 untuk siswa SMA/MA sederajat dan mahasiswa aktif.

Kali ini, program ini juga terbuka untuk mahasiswa D3/S1 aktif dari berbagai universitas dan politeknik di seluruh Indonesia. Peserta akan mengikuti program pelatihan selama 6 bulan, mulai dari Februari hingga Juli 2024.

SIC Batch 5 akan memberikan pelatihan baru yang belum pernah diberikan sebelumnya, termasuk AI Course yang mencakup data science & AI, probability & statistic, machine learning, dan deep learning. Program ini juga akan melibatkan pelatihan soft skills & career development, untuk mempersiapkan peserta menghadapi tantangan di dunia industri.

Dengan komitmen kuat untuk mendidik generasi muda Indonesia dalam bidang teknologi, Samsung Innovation Campus terus menjadi wadah yang penting bagi perkembangan talenta digital di Tanah Air.

Dengan program-program yang inovatif dan berkelanjutan, diharapkan akan lahir lebih banyak lulusan yang siap bersaing di era digital.

Shares: