review1st.com – Telkomsel Enterprise kembali mempersembahkan hasil riset Ramadan Insight 2024 yang menjadi panduan bagi pelaku bisnis untuk menggarap pasar lebih luas selama bulan suci Ramadan.

Dengan memanfaatkan solusi layanan digital advertising dan data insight dari Telkomsel Enterprise, pelaku bisnis dapat meningkatkan penetrasi pasar dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.

Telkomsel Enterprise Rilis Riset Ramadan Insight 2024: Maksimalkan Potensi Pasar Selama Bulan Suci

Menurut Arief Pradetya, Vice President Digital Advertising, Wholesale & Interconnect Telkomsel, “Melalui Ramadan Insight 2024, kami ingin memberikan wawasan mendalam kepada pelaku bisnis tentang perilaku konsumen selama Ramadan.

Dengan pemahaman yang kuat tentang tren dan kebutuhan pelanggan selama momen ini, kami yakin para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk mencapai audiens yang lebih luas dan tepat sasaran.”

Temuan Penting dari Riset Ramadan Insight 2024

1. Pemanfaatan Layanan Digital Meningkat

  • Selama Ramadan, terjadi peningkatan tingkat akses internet untuk aktivitas seperti browsing, gaming, dan chatting.
  • Komunitas Gamers dan segmen youth menunjukkan peningkatan trafik data yang signifikan, dengan game seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox menjadi yang paling diminati.

2. Mudik dan Aktivitas Belanja

  • Lebih dari 60% responden merencanakan mudik satu minggu sebelum Lebaran, dengan mayoritas menggunakan kendaraan pribadi.
  • Aktivitas belanja online meningkat, terutama pada malam hari, dengan Shopee menjadi platform e-commerce pilihan utama diikuti oleh Tokopedia dan Lazada.
BACA JUGA
Laporan Terbaru Salesforce: 74% Organisasi di Indonesia Proyeksikan Peran Layanan Pelanggan pada Peningkatan Pendapatan

3. Peningkatan Pengeluaran

  • Lebih dari 78% responden mengalami peningkatan pengeluaran selama Ramadan, terutama untuk kebutuhan seperti sembako, makanan siap saji, dan pakaian baru.
  • Gadget masih menjadi salah satu pengeluaran terbesar, dengan pembelian handphone mendominasi.

Dukungan Telkomsel Enterprise untuk Pelaku Bisnis

Informasi yang diungkap dalam riset ini memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku bisnis untuk mengarahkan strategi pemasaran mereka secara lebih efektif.

Dengan memanfaatkan solusi Telkomsel DigiAds, pelaku bisnis dapat menjalankan kampanye mobile marketing dan digital marketing yang efektif, serta mencapai target audiens dengan lebih tepat.

Selain itu, solusi tSurvey.id dari Telkomsel Enterprise dapat membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pasar dan pelanggan mereka, membuka peluang untuk mengoptimalkan program pemasaran dari awal hingga akhir.

Untuk informasi lebih lanjut tentang hasil riset Ramadan Insight 2024 dari Telkomsel Enterprise, kunjungi tautan di sini. Pelanggan bisnis dari segmen korporasi, industri, dan sektor UMKM dapat mengakses informasi mengenai ragam solusi digital terbaik dari Telkomsel Enterprise melalui laman tsel.id/enterprise.

Shares: