review1st.com PROSPERITA SOLUTIONS DAY kembali digelar sebagai bagian dari Kampanye IT Security PT Prosperita Mitra Indonesia STOP DATA BOCOR. Acara tahunan ini sebelumnya telah sukses diadakan di Surabaya (4 Juli) dan Semarang (6 Juli), dan hari ini menjadi penutup di Jakarta. Tema utama yang diangkat pada PROSPERITA SOLUTIONS DAY 2023 adalah WASPADA RANSOMWARE.

Ancaman ransomware masih menjadi momok menakutkan bagi Profesional IT yang bekerja di organisasi pemerintahan maupun swasta yang mengelola data pribadi. Tidak hanya melakukan enkripsi data, tetapi kini ransomware juga mengeksfiltrasi informasi dan meminta tebusan dalam bentuk pemerasan ganda.

Berdasarkan data dari AwanPintar.id pada Semester 1 tahun 2023, Indonesia telah menghadapi 347.172.666 serangan siber. Lonjakan serangan yang signifikan terjadi dalam dua bulan terakhir, terutama saat Ransomware LockBit menyerang tanah air.

Riset Verizon tahun 2023 juga mengungkapkan bahwa jumlah serangan ransomware dalam dua tahun terakhir melampaui total dari lima tahun sebelumnya. Dengan ransomware menyumbang hampir seperempat (24%) dari seluruh metode serangan digital.

PROSPERITA SOLUTIONS DAY 2023 menjadi ajang penting bagi para profesional IT dan para pihak terkait untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan dalam menghadapi ancaman ransomware yang semakin kompleks dan meresahkan.

Ransomware Modern 

Serangan ransomware modern biasanya dijalankan oleh manusia dan memerlukan bantuan kaki tangan untuk akses data sensitif, menyulitkan pemulihan korban. Serangan lebih tertarget karena pendekatan ini.

BACA JUGA
XL Axiata Memperkuat Komitmen Keberlanjutan dengan Edukasi Pengelolaan Sampah

Pelaku ancaman mengandalkan teknik pemerasan ganda, seperti double extortion atau multiple extortion. Ransomware mengenkripsi data korban dan diekstrak dari jaringan. Ancaman kemudian muncul, mengancam untuk publikasikan atau jual data di web gelap, memaksa korban bayar tebusan.

Serangan ini sering melibatkan kolaborasi grup, seperti model langganan ransomware-as-a-service (RaaS). Pelaku berpengalaman menyerang target dengan imbalan layanan lainnya yang dijual sebagai paket.

Strategi serangan ransomware modern mempersulit sistem keamanan. Metode yang digunakan menyebabkan eksekusi beberapa serangan ransomware terkenal baru-baru ini seperti LockBit, REvil, dan Darkside. Menghadang ransomware masuk membutuhkan solusi yang benar-benar mumpuni dan semua dibahas di PROSPERITA SOLUTIONS DAY 2023

Acara PROSPERITA SOLUTIONS DAY 2023 terbagi dalam dua bagian: Pertama, Breakout Sessions berisi demo teknologi solusi Prosperita untuk memproteksi ransomware. Total didemokan enam solusi yang terbagi dalam dua kelas yang berjalan paralel. Bagian Kedua adalah Diskusi Panel dengan panelis dari pemerintahan dan sektor swasta: Ariandi Putra (Juru Bicara BSSN), Dylan Lim (ESET Channel Manager), Lubos Milan (Safetica Regional Sales Director ROW), Pavel Chmelar (Greycortex Sales Director) dan Yudhi Kukuh, (Founder AwanPintar.id/CTO Prosperita). 

Solusi Hadapi Serangan Ransomware 

ESET meluncurkan ESET Protect Elite, menghadirkan fitur keamanan digital untuk enterprise. Sandbox dan XDR termasuk dalam paketnya. Tambahan adalah Vulnerability & Patch Management, memungkinkan patch otomatis dan manual untuk sistem operasi dan aplikasi populer.

BACA JUGA
ASUS ROG Ungkap Inovasi Gaming Generasi Baru Berbasis AI di Computex 2024

Peningkatan lonjakan kerentanan keamanan siber selama enam tahun terakhir menjadi perhatian utama. Penjahat dunia maya memanfaatkan celah keamanan dengan malware seperti ransomware dan infostealer. Temuan menunjukkan Indonesia memiliki deteksi eksploitasi tertinggi di Asia Tenggara, urutan keempat di Asia Pasifik.

Sales Director ESET – APAC, Pamela Ong, menyatakan bahwa tantangan keamanan siber kompleks dan memerlukan solusi canggih seperti XDR. Penambalan tepat waktu juga penting untuk meningkatkan keamanan organisasi. ESET Vulnerability & Patch Management dirilis untuk membantu pelanggan dalam melacak dan menambal kerentanan secara otomatis.

Safetica menyediakan solusi Data Loss Prevention (DLP) untuk mencegah kehilangan data dari dalam perusahaan akibat kelalaian atau niat jahat manusia. Melalui pemantauan aliran data, Safetica melindungi dari serangan ransomware dan membantu identifikasi data sensitif.

Perangkat lunak Safetica memungkinkan pengklasifikasian data sensitif sehingga perusahaan dapat menentukan prioritas langkah keamanan. Dengan platform on-prem dan cloud, Safetica membantu organisasi mengamankan data dan memenuhi persyaratan kepatuhan.

Lubos Milan, Safetica Regional Sales Director, menegaskan bahwa Safetica bertujuan untuk melindungi data dan membantu perusahaan mencapai kepatuhan.

Greycortex melindungi jaringan melalui NDR (Network Detection & Response), berbeda dari ESET dan Safetica. Analisis lalu lintas jaringan memantau semua aktivitas di jaringan, termasuk antara endpoint dan server.

Cara ini mengidentifikasi sumber serangan ransomware dari endpoint tertentu. Juga, dapat mendeteksi serangan lebih awal dengan membaca tahapan dan komunikasi persiapan serangan secara detil untuk selanjutnya dilokalisasi.

BACA JUGA
Sambut Musim Haji 2024 dengan Ragam Produk dan Layanan Unggulan dari Telkomsel

Pavel Chmelar, Sales Director Greycortex, menyatakan, “Teknologi Mendel Greycortex berikan visibilitas jaringan mendalam. Mendel deteksi ancaman dunia maya dikenal dan tak dikenal, lindungi jaringan. Dengan AI dan machine learning, Mendel hentikan serangan, bantu ungkap dan hindari masalah jaringan. Mendel isi celah solusi IDS/IPS di jaringan Anda.”

Kontribusi AwanPintar.id dalam Meningkatkan Kedaulatan Digital Indonesia

Yudhi Kukuh, Founder AwanPintar.id/CTO Prosperita, menegaskan AwanPintar.id membantu mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia. Cloud Security Engine ini deteksi ancaman dari dalam dan luar negeri.

Pada 17 Juli 2023, AwanPintar.id rilis laporan pertama “INDONESIA WASPADA, Laporan Ancaman Digital Semester 1 Tahun 2023”. Data ancaman diharapkan tingkatkan literasi Profesional IT untuk tingkatkan ketahanan siber organisasi.

AwanPintar.id berikan peta serangan dan deteksi ancaman pada file, termasuk virus, malware, ransomware, trojan dan spyware. Cloud Malware Analyzer, Cloud Antimalware File Scanning, Cloud Endpoint Security (CloudID), Cloud Email Security (VimanaMail) produk yang tersedia.

Shares: