review1st.com – Perkembangan teknologi komputasi edge dan kecerdasan buatan (AI) telah menjadi pendorong utama dalam transformasi sektor industri, khususnya dalam bidang manufaktur.

Untuk tetap bersaing dalam pasar global yang semakin ketat, manufaktur mulai menghapus batasan antara Teknologi Informasi (TI) dan Teknologi Operasional (TO) untuk menciptakan lantai produksi yang lebih efisien dan inovatif.

Di Red Hat, kami memprioritaskan upaya untuk mendukung evolusi industri manufaktur ini dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui penyediaan platform edge yang konsisten, memudahkan proses deployment, pemeliharaan, dan operasional.

Kami juga berkomitmen untuk memberikan solusi berkualitas tinggi, aman, dan inovatif dengan biaya operasional yang lebih rendah dan waktu pemasaran yang lebih cepat, melalui pendekatan open source untuk berinovasi dan berkolaborasi dengan lebih cepat dalam menciptakan operasional yang lebih cerdas dan efisien.

Red Hat baru-baru ini berpartisipasi dalam Annual ARC Industry Leadership Forum ke-28, di mana kami membahas bagaimana manufaktur dapat mempercepat transformasi mereka dan tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan di tahun 2024 dan seterusnya.

Berikut beberapa tren dan topik utama yang kami bahas:

1. Operasional Otonom di Lantai Produksi Melalui Pendekatan Platform Konsisten

Konsep pabrik cerdas, atau pabrik berbasis software, menjadi kunci dalam meningkatkan kecepatan inovasi manufaktur. Untuk mencapainya, manufaktur perlu mengubah sistem pesanan yang terintegrasi secara tradisional menjadi platform yang dapat mendukung berbagai fungsi, memanfaatkan otomatisasi dalam skala besar, dan dikelola secara efisien dari cloud ke edge.

BACA JUGA
Red Hat Enterprise Linux AI: Platform Inovasi AI Generatif Terbaru

Red Hat bekerja sama dengan mitra seperti Intel untuk menyediakan platform otomatis dengan keamanan ditingkatkan, yang mendukung interoperabilitas dan resiliensi operasional di berbagai lingkungan, mulai dari kontrol area produksi real-time hingga kecerdasan buatan (AI/ML).

2. Modernisasi Sistem Pengendalian Terdistribusi

Keberlanjutan menjadi prioritas utama dalam manufaktur, dan untuk mendukung transisi ini, solusi pengendalian proses harus fleksibel, terbuka, dan interoperabel.

Red Hat bermitra dengan perusahaan seperti Schneider Electric dan ABB untuk menyediakan pendekatan modern dalam membangun dan mengoperasikan sistem pengendalian terdistribusi, memastikan operasional yang lebih efisien dan responsif.

3. Konvergensi AI dan Teknologi Edge

Perkembangan AI yang pesat menawarkan peluang besar dalam meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas manufaktur.

Red Hat mendorong integrasi AI ke dalam operasional pabrik dengan infrastruktur edge yang modern, aman, dan skalabel, memungkinkan implementasi yang cepat dan efisien dari solusi AI di berbagai bidang, seperti keamanan pekerja, desain produk berkelanjutan, dan pemeliharaan prediktif.

4. Memanfaatkan Data dengan Layanan Data Cerdas

Data yang dihasilkan oleh perangkat cerdas dan sensor membuka peluang baru dalam operasional manufaktur berbasis data. Red Hat bekerja dengan perusahaan seperti Critical Manufacturing untuk mengintegrasikan solusi MES ke dalam operasional, meningkatkan visibilitas dan integrasi data, serta memberikan tinjauan perusahaan dan optimasi yang menyeluruh.

5. Peralihan ke Jaringan Privat untuk Konektivitas Tingkat Lanjut

Jaringan privat dan komputasi edge menjadi kunci dalam meningkatkan kinerja aplikasi dan memproses data secara real-time dalam manufaktur.

BACA JUGA
Laporan Terbaru CyberArk: Serangan Identitas Meningkat di Perusahaan APJ

Red Hat berkolaborasi dengan mitra ekosistemnya untuk membantu pelanggan dalam mengimplementasikan jaringan 5G privat, yang memberikan konektivitas yang lebih cepat, aman, dan handal untuk mendukung aplikasi AI, pemeliharaan preventif, dan efisiensi operasional.

6. Keamanan dan Standarisasi Platform

Dalam menghadapi perubahan yang cepat, keamanan dan standarisasi platform menjadi kunci dalam menjamin skalabilitas dan keberlanjutan operasional.

Red Hat mendorong standarisasi melalui platform open source yang konsisten dan dapat diandalkan, membantu manufaktur mengelola keamanan dengan lebih efektif dan meningkatkan interoperabilitas sistem.

Sebagai pemimpin terpercaya dalam teknologi open source, Red Hat terus memperluas peranannya dalam memajukan transformasi digital di industri manufaktur, membawa inovasi yang lebih luas dan membantu perusahaan menghadapi tantangan masa depan dengan percaya diri dan kesiapan yang tinggi.

Shares: