review1st.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mempertahankan kinerja layanan selama periode Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Puncak kenaikan trafik layanan data tercatat pada hari pencoblosan tanggal 14 Februari 2024, meningkat sebesar 11% dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Reza Mirza, Group Head Corporate Communications XL Axiata, menyatakan, “Selama minggu Pemilu berlangsung, jaringan XL Axiata tetap stabil tanpa adanya gangguan.

Kami telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang mencukupi untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama periode penting ini. Prioritas kami adalah memastikan kenyamanan dan kelancaran komunikasi bagi pelanggan dan masyarakat.”

Data XL Axiata menunjukkan tingginya aktivitas digital selama Pemilu 2024, dengan kenaikan trafik layanan data terbesar terjadi di beberapa wilayah. Kabupaten Brebes di Jawa Tengah mencatat kenaikan trafik sebesar 21%, diikuti oleh Kabupaten Serang di Banten dengan 18%, dan Kabupaten Subang di Jawa Barat dengan 17%.

Secara provinsi, kenaikan trafik layanan data tertinggi terjadi di Provinsi Jawa Tengah (15%), Sumatera Utara (13%), dan Jawa Barat (11%). Mayoritas trafik layanan data selama Pemilu 2024 berasal dari layanan web browsing, diikuti oleh streaming, dan pesan instan (IM). Trafik layanan berita juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 156% dibandingkan dengan hari biasa.

Selain itu, popularitas platform media sosial seperti TikTok (20%), Instagram (16%), dan YouTube (9%) juga meningkat selama periode Pemilu. Penggunaan layanan pesan seperti WhatsApp juga mengalami kenaikan sebesar 16%.

BACA JUGA
Rayakan Hari Pelanggan Nasional dengan Blibli: Dapatkan Double Points Blibli Tiket Rewards pada 3-4 September 2024

XL SATU Fiber juga mencatat kenaikan trafik sebesar 8% selama Pemilu 2024, karena banyak masyarakat yang memantau hasil pemilu dari rumah.

Dukungan XL Axiata untuk Event Internasional F1 Powerboat di Danau Toba

Event internasional F1 Powerboat 2024 akan kembali digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, pada 2 – 3 Maret 2024. XL Axiata telah memastikan bahwa jaringan 4G siap mendukung kelancaran acara ini.

Desy Sari Dewi, Group Head XL Axaita West Region, menyatakan, “F1 Powerboat 2024 adalah event bergengsi yang diadakan di Indonesia. XL Axiata berkomitmen untuk menyediakan jaringan internet dan telekomunikasi berkualitas tinggi untuk mendukung event ini.”

XL Axiata telah menjangkau lebih dari 1.150 desa dan 103 kecamatan di sekitar Danau Toba dengan jaringan 4G. Saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 57,5 juta pelanggan dan lebih dari 160 ribu BTS, mayoritas di antaranya adalah BTS 4G.

Perusahaan terus berinvestasi dalam infrastruktur jaringan untuk meningkatkan stabilitas dan kualitas layanan demi memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia.

Shares: