review1st.com – Dalam upaya mendukung percepatan pembangunan nasional, XL Axiata (XL) terus memperluas jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Sulawesi.

Dalam dua tahun terakhir, XL Axiata telah menggelar lebih dari 700 BTS 4G, meningkatkan total BTS hingga lebih dari 9.800 di akhir tahun 2023. Jaringan 4G ini telah mencakup lebih dari 1.900 desa/kelurahan dan 805 kecamatan di 108 kota/kabupaten dan 6 provinsi di Sulawesi.

Marwan O. Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata, menjelaskan, “Sulawesi merupakan wilayah yang menantang dalam penggelaran jaringan dan layanan telekomunikasi dan data.

Untuk itu, XL Axiata berupaya keras untuk menyediakan layanan di wilayah yang meluas hingga desa-desa pelosok, baik melalui perluasan jaringan sendiri maupun melalui satelit.”

Pembangunan jaringan ini tidak hanya untuk memperluas pasar, tetapi juga untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan jaringan data berkualitas secara merata di seluruh negeri. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat agar dapat beradaptasi dengan digitalisasi di berbagai bidang.

Untuk meningkatkan kualitas jaringan, XL Axiata terus melakukan fiberisasi jaringan. Saat ini, fiberisasi di Sulawesi telah mencapai lebih dari 50% dari total BTS yang ada di pulau tersebut.

Di seluruh Sulawesi, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Provinsi Sulawesi Selatan, diikuti oleh Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo. Jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Sulawesi mencapai lebih dari 2,4 juta pelanggan, dengan pelanggan terbanyak di Sulawesi Selatan.

BACA JUGA
Kemenkes RI dan Alodokter Kolaborasi untuk Peningkatan Kesehatan Indonesia

Mozes H. Baottong, Caretaker Sulawesi Area XL Axiata, menambahkan, “Membangun jaringan di Sulawesi bukanlah hal mudah, tetapi kami terus berusaha untuk meningkatkan kualitas jaringan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Dalam dua tahun terakhir, trafik data di seluruh Sulawesi telah meningkat mendekati 30%.”

Saat ini, sekitar 70% pelanggan XL Axiata di Sulawesi mengakses layanan berbasis streaming video, sementara sekitar 20% mengakses messenger dan media sosial. Jaringan XL Axiata juga dimanfaatkan oleh pelanggan korporasi.

Selain pembangunan jaringan 4G, jaringan Fixed Mobile Convergence (FMC) XL Axiata di Sulawesi juga terus meluas, menjangkau lebih dari 322 ribu homes-passed di beberapa kota/kabupaten di Sulawesi. Dengan demikian, masyarakat di area tersebut dapat menikmati layanan XL SATU Fiber.

XL Axiata terus berinvestasi dalam pengembangan jaringan telekomunikasi, termasuk fiber optik, transmisi, backhaul, dan modernisasi jaringan lainnya, untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas, dan kualitas layanan data seiring dengan meningkatnya trafik layanan data.

Shares: