review1st.comMediaTek secara bertahap mulai memperluas segmentasinya pasarnya. Perusahaan semikonduktor global ini terus berinovasi dalam pengembangan SoC untuk smartphone, smart TV, tablet hingga produk yang berkaitan dengan IoT.

Seperti diketahui, MediaTek adalah salah satu perusahan yang turut mendorong perkembangan pasar inti di area teknologi. Mulai dari teknologi seluler hemat-daya, solusi otomotif dan 5G hingga komputasi AI mutakhir.

Kini mereka tancap gas membidik potensi connectivity market berbasis 5G dan Internet of Things (IoT). Apalagi penerapan IoT telah banyak ditemui di kehidupan sehari-hari dengan berbagai wearable device, smart home, dan smart car serta yang lainnya.

Bahkan, kombinasi Artificial Intelligence (AI) dan IoT memungkinkan kehadiran Artificial Intelligence of Things (AIoT). Beberapa contoh AIoT dapat ditemukan pada smart retail, drone traffic monitoring, gedung kantor, fleet management and autonomous vehicles, dan autonomous delivery robots.

MediaTek Mendukung Pengembangan IoT

Sebagai produsen semikonduktor, MediaTek sangat jeli melihat melihat tren dan perkembangan IoT. Menurut Cedric Chang, Deputy Director of Corporate Sales, Southeast Asia MediaTek, pihaknya bisa menjadi pilihan yang tepat di industri ini.

“Banyak perusahaan kini sedang mengalihkan fokus mereka dari biaya dan konsumsi daya ke solusi berbasis ARM, di mana MediaTek menjadi pilihan yang sangat tepat,” ungkapnya saat diwawancarai review1st belum lama ini.

“Perusahaan-perusahaan juga beralih dari antarmuka perangkat keras dan perangkat lunak tertutup ke standar yang lebih terbuka, seperti Linux dan Android serta konektivitas 5G dan wi-fi. Ini semua juga bagian dari wilayah yang menjadi keunggulan MediaTek.”

Di sisi lain, penerapan kecerdasan buatan (AI), seperti kamera pintar dan computer vision juga merupakan sektor di mana MediaTek bersaing di dalamnya. Ini terjadi karena teknologi pemrosesan lawas dari vendor tradisional menggunakan inti ARM generasi lama dan tidak hemat daya.

BACA JUGA
Kolaborasi Strategis TelkomMetra dan VIDA untuk Memimpin Inovasi Digital di Indonesia

Oleh karenanya, tren saat ini menghadirkan peluang pasar yang sangat besar senilai sekitar US$ 5 miliar untuk MediaTek. Cedric menambahkan, pihaknya berkomitmen mendukung pengembangan dan pertumbuhan IoT.

“Kami mendukung melalui ekosistem komprehensif guna pengembangan IoT. Dengan menyediakan perangkat keras, solusi konektivitas, dan perangkat pengembangan perangkat lunak, serta kolaborasi dengan mitra industri.

Hal ini memungkinkan pengguna menciptakan produk inovatif untuk berbagai bidang, seperti smart living di Indonesia,” katanya.

Seperti diketahui, MediaTek selama hampir dua dekade hingga kini telah terlibat dalam teknologi terkait IoT. Chipset besutannya menjadi dasar yang mendukung miliaran perangkat elektronik yang dipakai konsumen setiap tahun.

Untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna, setiap tahun MediaTek terus berfokus membuat cipset yang lebih terintegrasi, terkoneksi, dan hemat daya.

“Melalui upaya ini, MediaTek menjadi salah satu pemimpin dalam mendorong inovasi di bidang teknologi IoT,” tegas Cedric.

Kunci MediaTek dalam Akselerasi Penerapan IoT

MediaTek berada di garis depan dalam mendukung dan mempercepat implementasi IoT dengan berbagai komponen teknologi.
“System on Chips (SoC) IoT dan modul pintar kami yang hemat daya dan berkinerja tinggi memungkinkan pelanggan untuk mengoptimalkan portofolio produknya demi tuntutan aplikasi,” papar Cedric.

Protokol Wi-Fi terbaru, seperti jaringan 802.11a/b/g/n dan teknologi 5G Sub-6GHz yang digunakan untuk aplikasi industri, konsumen, dan perusahaan memungkinkan konektivitas kapan saja dan di mana saja.

Di sisi lain, juga dilengkapi antarmuka yang fleksibel berkecepatan tinggi dan teknologi MediaTek lainnya yang meningkatkan kinerja sekaligus hemat dalam konsumsi energi.

Komponen kunci lain yang terintegrasi dalam cip MediaTek yaitu inti AI dan akselerator yang meningkatkan kemampuan kecerdasan buatan bertindak secara mandiri.

BACA JUGA
Ericsson dan XL Axiata Membawa Koneksi 5G ke Negeri dengan Solusi Dual-Mode Core

Selain itu, imbuh Cedric, MediaTek juga menyediakan satu platform terpadu untuk mengembangkan aplikasi IoT untuk industri komersial dan perusahaan.

“Ini membantu mengurangi biaya pengembangan secara signifikan sekaligus memungkinkan waktu pemasaran yang lebih cepat dibandingkan dengan metode tradisional.”

Hadirkan Genio 700 dan 1200 di Pasar Smart Home dan Ritel

Menurut Cedric, MediaTek telah membuat kemajuan di pasar perangkat IoT lokal dengan teknologi chip terbaru. “Dua chip utama kami, Genio 700 dan 1200 menjadi paling banyak ditemukan di produk smart home dan sektor ritel.”

Termasuk pula ditemukan pada perangkat yang dikenakan untuk olahraga (weareble devices), peralatan seperti oven dan lemari es, serta sistem untuk jual beli, seperti kasir (point-of-sale systems/POS).

Kedua chip tersebut juga menawarkan berbagai manfaat untuk memenuhi kebutuhan aplikasi modern. Soal teknologi CPU, keduanya memiliki CPU Octa-core, tetapi dengan sedikit perbedaan: Genio 700 dilengkapi dengan dua ARM Cortex-A78 Super Cores dan enam ARM Cortex-A55 Efficiency Cores.

Sedangkan Genio 1200 memiliki Cortex A 78 dua kali lebih banyak, dengan empat ARM Cortex A 55s. Masing-masing chip memberikan keseimbangan efisiensi antara kinerja dan konsumsi daya jika dibandingkan dengan chip IoT generasi sebelumnya.

Selain menyediakan CPU nan powerful, chip juga dilengkapi dengan kemampuan I/O yang dapat mendukung berbagai periferal atau modul tergantung pada kebutuhan pelanggan.

Genio 700 mendukung 1x PCIe Gen2, 1X USB3.1, 2X USB2 .0 OTG / Host, dan 1X Gigabit Ethernet MAC, sedangkan Genio 1200 memiliki akses ke antarmuka yang lebih fleksibel untuk mendukung modul WiFi-6 dan 5G Sub-6.

Pemanfaatan Produk Berbasis IoT Dari MediaTek

Rangkaian produk berbasis IoT MediaTek dirancang untuk memfasilitasi integrasi berbagai teknologi seperti AI ke dalam berbagai sistem yang berbeda. Dengan penekanan pada industri PC (IPC), Human Machine Interfaces (HMI), AIDC, robotika, keamanan cerdas (smart security), dan peralatan smart home.

BACA JUGA
MediaTek Memimpin Revolusi AI untuk Masa Depan Teknologi: Berita Terbaru 2024

Lebih jauh, produk-produk MediaTek terlihat sukses di berbagai bidang, seperti sistem otomasi rumah, perangkat yang dapat dipakai (wearable devices) untuk solusi perawatan kesehatan, dan otomasi industri.

Solusi System-on-Chip (SoC) MediaTek juga memberikan kemampuan pemrosesan yang kuat sekaligus menyertakan fitur yang memungkinkan konektivitas dengan perangkat lain melalui jaringan kabel atau nirkabel.

Sejak diluncurkan ke publik, rangkaian produk IoT MediaTek telah terbukti sangat berharga dalam memajukan pengembangan dan penyebaran teknologi baru dalam industri yang berhadapan dengan konsumen dan non-konsumen.

Visi MediaTek di Pasar IoT

Cedric mengungkapkan jika MediaTek mendedikasikan diri dalam upaya mewujudkan dunia yang saling terhubung, di mana perangkat IoT terintegrasi dengan lancar di kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, hal ini bisa menambah kenyamanan, efisiensi, dan produktivitas dalam banyak aspek kehidupan.

Untuk mewujudkannya, produk IoT menawarkan manfaat utama seperti hemat daya dan kemampuan kinerja tinggi.

“Selain itu, modem 5G MediaTek mendukung operator di seluruh dunia, sedangkan modul pintar kami menawarkan kemampuan otonom yang diperbarui paling mutakhir dengan satu platform standar untuk berbagai aplikasi.”

Visi MediaTek menjangkau jauh dan mencakup segala hal mulai dari hubungan antara konsumen dan teknologi canggih, hingga penggunaan yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan komersial.

“Dari sistem pemantauan layanan kesehatan hingga robotika industri, MediaTek telah menciptakan solusi dengan desain yang fleksibel, tapi andal guna mendukung beragam aplikasi,” pungkas Cedric.

Shares: