Home Berita MediaTek Dimensity 9000+: Most Powerful 5G Chipset (Editor Choice)

MediaTek Dimensity 9000+: Most Powerful 5G Chipset (Editor Choice)

MediaTek Dimensity 9000+: Most Powerful 5G Chipset (Editor Choice)

review1st.com –Karena sukses memadukan chipset performa tinggi dengan teknologi terbaru yakni 5G, tim review1st Editor Choice sepakat memberikan penghargaan kepada MediaTek Dimensity 9000+ sebagai Most Powerful 5G Chipset. 

Seperti diketahui, chipset adalah elemen penting yang membuat sebuah smartphone bisa beroperasi maksimal. Dapur pacu yang mumpuni bisa membuat value sebuah smartphone meningkat dan jadi andalan penggunanya. 

Nah, MediaTek Dimensity 9000+ adalah salah satu chipset yang cukup istimewa. Karena selain poweful, ia sudah mendapat dukungan teknologi 5G yang menawarkan kecepatan transfer data tinggi dan latensi yang rendah. 

review1st Editor Choice: MediaTek Dimensity 9000+, Most Powerful 5G Chipset

Ada beberapa faktor yang membuat MediaTek Dimensity 9000+ berhasil mendapat apresiasi dari tim editor kami sebagai chipset berbasis 5G paling bertenaga di pasaran.

Seri ini banyak tertanam di beberapa smartphone unggulan karena menggunakan proses pembuatan chip TSMC N4 (kelas 4nm) terdepan yang hemat daya. Juga tentu saja karena keberadaan 5G di dalamnya. 

Sekedar catatan saja, MediaTek adalah perancang chip pertama yang merilis modem 3GPP Release-16 standard 5G. Release-16 adalah standar terbaru yang mengatur konektivitas seluler global yang memberikan Dimensity 9000+ kemampuan modem 5G masa depan, dalam hal seperti dukungan untuk Super Upload (SUL) dan uplink 5G-NR dengan carrier aggregation (CA). 

Chipset ini juga bisa memaksimalkan kinerja sub-6GHz. Dengan kinerja downlink 7Gbps yang begitu besar, Dimensity 9000+ menyediakan potensi kinerja tertinggi secara eksklusif dari konektivitas sub-6Ghz. 

BACA JUGA
Huawei Rilis Jaringan Inti Cerdas 5.5G: Transformasi Menuju Era Serba Cerdas

Kemudian mengenai performanya, Dimensity 9000+ sudah menyematkan CPU tercepat dengan clockspeed 3,2GHz. Berbasis CPU Cortex-X2 yang memberikan kinerja tertinggi untuk frame rate saat bermain game dengan respons cepat saat menjalankan aplikasi.

Bagaimana dengan pengolah grafisnya? Seri ini mengusung GPU Mali-G710 MC10 yang bekerja lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Faktor ini membuat kinerja gaming menjadi jauh lebih menjanjikan. 

Apalagi ada tambahan MediaTek HyperEngine 5.0 untuk membuat visual game lebih realistis. Hadir pula MediaTek Intelligent Display Sync 2.0 yang memberikan pengalaman tampilan terbaik tapi tetap optimal dalam efisiensi daya

Sebagai salah satu chipset canggih, seri ini juga memiliki cache big data sebagai uoaya meningkatkan kinerja dan efisiensi daya. Mulai dari Cache 8MB CPU L3, cache GPU yang membantu mesin grafis Mali-G710 MC10, cache APU pada APU 590 hingga 6MB sistem cache (SLC).

Di sektor imaging, Dimensity 9000+ mampu melakukan 3x rekam video HDR secara simultan. Berkat dukungan 18-bit High Dynamic Range-Image Signal Processing (HDR-ISP) terdepan di industri. ISP-nya dapat menarik 9Gpixel per detik sehingga hasil HDR pun lebih akurat.

Salah satu yang krusial dalam chipset ini adalah keberadaan prosesor AI generasi ke-5, yakni APU 590. Didesain untuk mencapai performa efektif maksimum dalam pengalaman AI-multimedia, game, kamera, dan pengalaman video media sosial.

Untuk urusan konektivitas, chipset ini mengadopsi Wi-Fi 6E 2×2 (BW160) yang bisa mengakomodasi pita 6GHz baru dan bandwidth maksimum 160MHz. Kemudian ada Bluetooth 5.3 yang memiliki latensi rendah.

BACA JUGA
realme Experience Store 3.5 Pertama di Indonesia Hadir di Kota Surabaya: Tampil Lebih Modern dan Nyaman

Nah, salah satu perangkat berbasis Dimensity 9000+ yang baru saja diluncurkan adalah OPPO Find N2 Flip. Sebuah smartphone lipat mutakhir dengan performa tinggi didukung teknologi terbaru.

Berkat semua faktor di atas, tak salah jika review1st menempatkan MediaTek Dimensity 9000+ sebagai Most Powerful 5G Chipset dalam Editor Choice kali ini. 

Berikut adalah jajaran perangkat berbasis chipset 5G ini: HP Berbasis 5G MediaTek 5G Terbaru