#kamisukareviewApple mengumumkan telah menyediakan macOS Big Sur untuk semua komputer MacBook dan Mac yang kompatibel per 12 November. Perusahaan berbasis di Cupertino ini mengumumkan pada hari Selasa.

Apple meluncurkan MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini barunya yang didukung oleh chip M1 internal. Rilis macOS baru ini merupakan penerus dari macOS Catalina yang dirilis tahun lalu.

[bacajuga number=5 tag=”apple”]

masCOS Big Sur Tersedia dan Siap Didownload

macOS Big Sur memulai debutnya di WWDC 2020 pada bulan Juni. Sistem operasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman komputasi pengguna macBook dan Mac dengan menghadirkan antarmuka yang ditingkatkan.

Kemudian dukungan untuk aplikasi universal, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi iOS dan iPadOS secara native. macOS Big Sur juga dirancang khusus untuk Apple silicon.

macos big sur update

Tanggal Rilis macOS Big Sur

VP of Hardware Engineering Apple John Ternus mengumumkan tanggal rilis macOS Big Sur selama acara virtual pada hari Selasa lalu. Ternus mengatakan bahwa sistem operasi baru ini akan tersedia untuk bisa diunduh mulai Kamis, 12 November.

Apple meluncurkan macOS Big Sur di WWDC 2020 – bersama pembaruan perangkat lunak lainnya termasuk iOS 14 dan iPadOS 14.

Perangkat yang Kompatibel

macOS Big Sur akan hadir sebagai sistem yang akan berjalan pada Apple Mac yang saat ini kompatibel dengan macOS 10.15 Catalina. Ini terdiri dari MacBook 2015 dan yang lebih baru, MacBook Air 2013 dan lebih baru.

BACA JUGA
Debut POCO F6: Chipset Snapdragon 8s Gen 3 Membawa Performa AI Ekstrem Secara Global

Kemudian buat MacBook Pro akhir 2013 dan lebih baru, Mac mini 2014 dan lebih baru, iMac 2014 dan lebih baru, iMac Pro 2017 dan lebih baru, dan Mac Pro 2013 dan model lebih baru.

Versi macOS yang baru ini juga telah bisa diinstal pada MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini yang baru diluncurkan yang didasarkan pada chip Apple M1.

Big Sur sendiri menjadi sistem operasi pertama yang berjalan di ekosistem Mac dengan “otak” berbasis ARM. Sistem operasi ini memiliki tampilan yang sekilas mirip antarmuka (interface) iOS dan iPadOS. Sistem operasi ini juga sudah dirilis dalam versi Public Beta pada Agustus lalu.

Fitur macOS Big Sur

Apple telah memberikan pengalaman baru dengan macOS Big Sur yang menghadirkan sidebar tinggi penuh dan toolbar yang disegarkan. Dock juga telah disegarkan dengan bentuk seragam untuk ikon aplikasi.

Selain perubahan antarmuka, rilis macOS baru juga menghadirkan Pusat Pemberitahuan yang diperbarui dan Pusat Kontrol yang ditingkatkan. Pembaruan macOS Big Sur juga menyertakan manajemen daya tingkat lanjut untuk bekerja secara efisien dengan chip M1.

“MacOS Big Sur direkayasa, sampai ke intinya, untuk sepenuhnya memanfaatkan semua kemampuan dan kekuatan M1,” kata Wakil Presiden Rekayasa Perangkat Lunak Apple Craig Federighi.

Apple juga telah menyediakan pembaruan untuk Safari, Pesan, dan Peta yang semuanya telah dimuat sebelumnya di macOS Big Sur. Demikian pula, ada dukungan untuk aplikasi universal, yang dapat berjalan pada Apple silicon baru serta mesin Mac berbasis Intel x86.

BACA JUGA
ASUS Rilis Monitor Terbaru dengan Teknologi Terkini di Computex 2024

Pengembang termasuk Adobe dan Omni Group adalah di antara yang pertama menghadirkan aplikasi universal ke dunia macOS. Pembaruan macOS juga mencakup Rosetta 2 yang membuat aplikasi yang dibuat untuk mesin Mac berbasis Intel berjalan mulus di sistem M1.

Selain itu, Apple telah memberikan dukungan untuk menjalankan aplikasi iOS dan iPadOS secara native pada versi macOS terbaru.

Cara Update macOS Big Sur

Untuk mengunduh pembaruan, pengguna sudah bisa mengunjungi halaman Software Update dengan meng-klik ikon “Apple” > “System Preferences” > dan klik “Software Update”.

[bacajuga number=5 tag=”laptop”]

Shares: