review1st.com – Opensignal memaparkan hasil analisis terhadap pengalaman jaringan seluler dari semua penggunanya di Indonesia pada lima operator, yaitu: 3 (Tri), Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL, selama 90 hari mulai 1 Agustus 2022.

Opensignal juga memeriksa pengalaman jaringan seluler penggunanya di 10 wilayah utama di Indonesia dan menggunakan pengukuran 5G serta teknologi jaringan seluler generasi lama untuk menentukan skor setiap kategori penghargaan.

Berikut beberapa poin temuan utama yang terdapat dalam artikel tersebut:

  • XL berada di posisi teratas untuk hasil pengukuran Pengalaman Video, Game, dan Aplikasi Suara di Indonesia: Pengguna smartphone di XL menikmati kualitas pengalaman terbaik yang tersedia saat streaming video, bermain game seluler multiplayer, atau menggunakan layanan suara over-the-top (OTT).
  • XL dinobatkan sebagai pemenang penghargaan pengalaman Kecepatan Unduhan: Pengguna XL mencatat Pengalaman Kecepatan Unduhan tercepat di Indonesia, rata-rata 20,8 Mbps lebih unggul 18,2% di atas Telkomsel. Kecepatan unduhan ini mengalami peningkatan rata-rata sebesar 2,1 Mbps atau 10,9% sejak laporan Opensignal sebelumnya dirilis pada Juli 2022.
  • Telkomsel memiliki pengalaman paling konsisten: Telkomsel memenangkan penghargaan kualitas Excellent Consistent dan Core Consistent dua kali berturut-turut dalam laporan pengalaman seluler Opensignal. 
  • Telkomsel Unggul dalam Pengalaman Jangkauan 4G: Dengan skor 8,8 pada skala 10 poin, Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Jangkauan 4G, mengungguli XL (6,5) dan Indosat (6,4). Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal menganalisis tempat menerima sinyal 4G relatif terhadap lokasi yang dikunjungi pelanggan operator jaringan.
BACA JUGA
29 Tahun Telkomsel: Transformasi Digital yang Membawa Dampak Positif bagi Indonesia
Shares: