review1st.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan kinerja solidnya di awal tahun 2024. Pada kuartal pertama (Q1) 2024, perusahaan berhasil mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 8,44 triliun, meningkat 12% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) mencapai Rp 4,45 triliun, meningkat 24% YoY, dengan margin EBITDA naik menjadi 52,8%.

Laba bersih setelah pajak (PAT) juga melonjak signifikan sebesar 168% YoY, mencapai Rp 547 miliar. Kontribusi pendapatan dari layanan data dan digital mencapai 93% dari total pendapatan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengungkapkan kepuasannya atas pencapaian ini. Dalam kuartal pertama 2024, XL Axiata berhasil meningkatkan pendapatan dari layanan data, didukung oleh strategi harga yang tepat di tengah momentum Pemilihan Umum dan Ramadan.

Dukungan dari jumlah pelanggan yang terus meningkat juga turut mendorong pertumbuhan pendapatan dan trafik data. Hal ini tercermin pada kenaikan Blended ARPU menjadi Rp 44 ribu, yang merupakan rekor tertinggi hingga saat ini.

Selain meningkatkan pendapatan, XL Axiata juga berhasil mengoptimalkan biaya operasional dengan mengurangi beban penjualan dan pemasaran serta biaya infrastruktur.

Peningkatan penggunaan aplikasi MyXL dan AXISnet juga berkontribusi dalam menekan biaya pemasaran, sambil meningkatkan pengalaman pelanggan. Hal ini sejalan dengan upaya XL Axiata dalam mendorong layanan konvergensi, yang mencapai penetrasi 79% dengan total pelanggan mencapai 252 ribu.

BACA JUGA
ASUS ROG Ungkap Inovasi Gaming Generasi Baru Berbasis AI di Computex 2024

Dalam rangka meningkatkan pengalaman pelanggan, XL Axiata terus mengembangkan strategi berbasis digital dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI).

Penerapan AI tidak hanya meningkatkan personalisasi layanan, tetapi juga membantu dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan Net Promoter Score (NPS) serta membangun jaringan yang lebih baik.

Dari segi infrastruktur, XL Axiata terus memperluas jaringan dengan menambah jumlah BTS dan meningkatkan fiberisasi. Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan serta persiapan implementasi 5G di masa mendatang.

Dengan komitmen XL Axiata dalam mengelola keuangan secara bijaksana, perusahaan berhasil mempertahankan posisi keuangannya yang sehat.

XL Axiata tetap berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan serta menjaga pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan.

Dengan strategi yang terarah dan dukungan teknologi, XL Axiata siap menghadapi tantangan dan peluang di masa yang akan datang.

Shares: