Home Berita OPPO Find N3 vs Galaxy Z Fold 5: Perbandingan HP Lipat

OPPO Find N3 vs Galaxy Z Fold 5: Perbandingan HP Lipat

oppo find n3 vs samsung galaxy z fold 5

review1st.com – Pasar smartphone lipat belakangan ini menjadi sorotan utama dengan kemunculan dua perangkat terbaru, OPPO Find N3 dan Samsung Galaxy Z Fold 5. 

Kehadiran kedua smartphone ini semakin memuluskan jalan perangkat dengan konsep lipat ke pasaran. Dengan penetrasi yang dilakukan, eksistensi foldable phone atau HP lipat semakin membesar.

Baik OPPO Find N3 vs Galaxy Z Fold 5 memang sama-sama mengusung konsep HP lipat, namun apa saja sih perbedaan yang mencolok di antara keduanya. 

Yuk kita intip perbandingan OPPO Find N3 vs Galaxy Z Fold 5 kali ini.

OPPO Find N3 vs Galaxy Z Fold 5: Perbandingan HP Lipat

OPPO Find N3 vs Galaxy Z Fold 5

Kedua smartphone ini sama-sama mengusung desain yang atraktif, berbeda dari konsep candybar konvensional yang ada di market sebelumnya.

Sementara untuk fitur dan spesifikasi ada berbagai aspek yang menarik untuk disorot. Berikut beberapa hal yang menarik.

Desain

Baik OPPO Find N3 maupun Galaxy Z Fold 5 sama-sama memperkenalkan desain lipat vertikal yang memberikan kesan seperti membaca buku saat ponsel dibuka. 

Namun jika diperhatikan, desain Find N3 cenderung lebih ramping dan tipis dibandingkan dengan saingannya, Samsung Galaxy Z Fold 5. 

Find N3 memiliki ketebalan 11.7 mm, sementara Galaxy Z Fold 5 sekitar 13.4 mm. Bobot HP lipat OPPO juga lebih ringan ketimbang seri besutan Samsung.

oppo find n 3 samsung galaxy fold 5

Di bagian desain ini, OPPO mengadopsi engsel zero gap yang membuatnya terhindar dari debu dan air di tengah layar saat dilipat, berbeda dengan Z Fold 5 yang masih memiliki celah saat dilipat.

BACA JUGA
Lenovo Rilis ThinkStation P8: Solusi Workstation Profesional Terbaru di Indonesia

Di sisi lain, Samsung mengantongi rating IP X8 yang memberikan label tahan air pada perangkat tersebut. Sementara Fnd N3 mengantongj rating IP X4 yang membuatnya tahan percikan air.

Display

OPPO Find N3 mengantongi cover screen dengan ukuran 6.31 inci dengan layar rasio ponsel standar 20:9. Sementara Galaxy Z Fold 5 mengusung cover sekunder dengan bentang layar 6,2 inci.

Di bagian dalam, Samsung Galaxy Z Fold 5 menggunakan teknologi In-Display Camera (UDC) inovatif yang menyembunyikan kamera di bawah layar. 

Berbasis panel Dynamic AMOLED 2X dengan bukaan mencapai 7,6 inci. Mengandalkan resolusi 1812×2176 piksel dengan screen to body ratio 91,1 persen.

Sementara OPPO Find N3 menyuguhkan panel display berbasis LTPO3 OLED dengan bentang 7.82 inci saat lipatan dibuka. Mengusung resolusi 2268×2440 piksel dengan screen to body ratio 89,66 persen.

perbandingan hp lipat

Di bagian display dalam ini kami menemukan detail menarik dimana lipatan layar pada Find N3 cenderung lebih samar dan tak kelihatan. 

Dalam hal ini, Invisible Crease membuat pengalaman dan kenyamanan menjadi lebih baik terutama dari segi tampilan dan penggunaan.

Performa

Dari segi spesifikasi, baik OPPO Find N3 maupun Galaxy Z Fold 5 sama-sama mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Dapur pacu ini menjadikan performa keduanya cukup mumpuni.

Sementara untuk antarmuka Samsung membenamkan user interface terbarunya One UI 5.1 berbasis Android 13. OPPO tak mau kalah menyisipkan ColorOS 13.2 yang juga berjalan di atas Android 13.

adu hp lipat oppo vs samsung

Soal sumber daya, Find N3 mengusung baterai berkapasitas 4,805mAh. Didukung dengan teknologi pengisian cepat SuperVOOC 67W. 

BACA JUGA
Review Redmi Note 13 Pro+ 5G: HP Redmi dengan Kamera Terbaik

Di sisi lain, kapasitas baterai Galaxy Z Fold 5 masih sama dengan pendahulunya. yakni berkapasitas 4.400 mAh. Sudah mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 25 watt.

Kamera

kamera oppo find n3

Kamera menjadi salah satu sektor yang menarik pada HP lipat. Jika awalnya vendor masih setengah hati mendongkrak kemampuan kameranya, OPPO lewat Find N3 berani mempertajam kemampuan di sektor ini.

OPPO menggandeng manufaktur kamera Hassleblad untuk menggarap kamera belakangnya. Seri Find N3 juga menjadi HP lipat pertama dengan dukunga telephoto.

Didukung tiga kamera belakang. 48 MP Ultra Sensing Wide Angle Camera, 64 MP Ultra Sensing Periscope Telephoto Camera dan 48 MP Ultra Wide Angle Camera.

OPPO Find N3 juga dibekali dengan kamera selfie yang masing-masing diletakkan di cover screen dan layar utama. Pada bagian cover screen dengan resolusi 32MP, dan layar utama berukuran 20MP.

Kemudian untuk Galaxy Z Fold 5, HP lipat ini memiliki 5 kamera. Di bagian belakang mengandalkan 3 kamera terdiri dari 12MP (ultrawide), 50MP (wide, OIS), dan 10MP (telefoto 3x, OIS).

Selanjutnya di layar bagian dalam, vendor menyematkan sensor 4MP. Dan pada bagian depan tertanam kamera selfie dengan resolusi 10MP.

Nah itu dia perbandingan HP lipat OPPO Find N3 vs Samsung Galaxy Z Fold 5. Pertanyaannya, dengan perbedaan-perbedaan tersebut, pilihan mana yang akan menjadi favoritmu?