Home Best of The Month Review OPPO Find N3 Fold: HP Lipat dengan Kamera Mumpuni

Review OPPO Find N3 Fold: HP Lipat dengan Kamera Mumpuni

Review OPPO Find N3 Fold, HP Lipat Dengan Kamera Mumpuni

review1st.comOPPO Find N3 Fold baru saja diperkenalkan di Indonesia. Ini adalah HP lipat generasi terkini yang memboyong desain atraktif dengan kemampuan kamera setara smartphone flagship.

OPPO adalah salah satu vendor yang mulai terlihat intensif mendorong penetrasi smartphone foldable ke pasar Tanah air. Konsumen sendiri sudah semakin aware dengan eksistensi perangkat inovatif ini.

review oppo find n3 fold

Langkah ini tentu saja membantu HP lipat semakin familiar di kalangan masyarakat. Konsumennya sendiri terlihat berkembang dari sekedar early adopter kini bermunculan general user.

Tapi biarpun mulai diminati, harus diakui jika ada beberapa hal yang menjadi kekhawatiran konsumen terhadap HP lipat seperti durabilitas dan desainnya.

Selain itu ada juga aspek yang kerap menjadi perhatian sebagian konsumen. Seperti spesifikasinya yang dianggap ketinggalan jika dibandingkan smartphone flagship konvensional.

Nah, OPPO Find N3 Fold adalah HP lipat yang hadir untuk mengubah stigma tersebut. Perangkat ini hadir dengan desain dan durabilitas lebih mumpuni sekaligus membawa spesifikasi yang tak kalah dari smartphone flagship.

Penasaran kan? Yuk simak review OPPO Find N3 berikut ini.

Review OPPO Find N3 Fold

Saat merilis perangkat ini, OPPO sangat memahami demand konsumen. Dimana banyak kalangan yang menginginkan foldable phone dengan peningkatan kemampuan dan inovasi lebih sempurna dibanding generasi sebelumnya.

OPPO Find N3 Fold adalah generasi baru yang membawa beberapa faktor kunci untuk menjadikan HP OPPO dengan teknologi lipat lebih mudah diterima di pasaran. Tapi sebelum memulai ulasan lengkapnya sekaligus mengintip kelebihan dan kekurangannya, kita intip dulu paket penjualannya.

Seri ini memiliki box yang terlihat premium dalam balutan warna mewah seolah bermaksud mewakili kualitas produknya. Lalu apa saja sih isi di dalam kotak OPPO Find N3 ini?

unboxing review oppo find n3 fold

Saat membongkar dusnya, kami menemukan satu unit HP lipat. Lalu ada kartu garansi dan buku panduan, beserta adaptor dengan dukungan fast charging, kabel data USB Type-C dan case pelindung.

Itu dia isi dalam paket penjualan. Sekarang kita lanjut mengulas lebih dalam soal perangkat ini.

Rancangan Bodi

Hal pertama yang menjadi perhatian kami tentu saja rancangan dan desain perangkat ini. Secara tampilan unit review OPPO Find N3 Fold ingin menegaskan bahwa HP lipat pun bisa tampil fashionable dan mewah.

Tak kalah dengan smartphone flagship bedesain konvensional, unit review OPPO Find N3 Fold yang kami pegang ini memiliki tampilan atraktif lho. Dari kesan pertama saja, sudah terpancar bahwa ini adalah sebuah perangkat kelas atas.

desain hp oppo

Kami memegang perangkat dengan balutan warna Classic Black. Selain terlihat gaya, balutan vegan leather yang membungkus bagian belakangnya menjadikan seri ini tampak berkelas. Secara dimensi ukurannya boleh dibilang sedikit bongsor.

Bagian framenya terbuat dari logam berkonsep flat yang lumayan kokoh serta solid saat dipegang. Elemen ini sekaligus membuat tampilannya menjadi lebih estetik dan juga menambah sentuhan premium.

Kamera berkonsep Cosmos Ring pada panel belakang menjadikannya berbeda dari smartphone pada umumnya. Area penampung kameranya memiliki diameter cukup besar dengan sensor yang juga didesain besar.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A55 5G: Diperkuat Dengan Fitur AI Pada Kamera

Jika dilihat secara keseluruhan, desain kamera ini terlihat simetris sehingga membuat komposisi keseluruhan bodi menjadi enak dilihat dan elegan.

Sebagai HP lipat yang bisa difungsikan serupa tablet, masih terasa ergonomis dan kompak. Saat dilipat terlihat dan terasa seperti smartphone biasa.Dibanding pendahulunya, secara dimensi cenderung lebih memanjang, tapi memberikan keleluasaan pada konten di layar.

Satu hal lain, OPPO Find N3 sudah dilengkapi dengan engsel Flexion Hinge generasi ketiga yang dikembangkan oleh OPPO yang memungkinkan perangkat memiliki durabilitas tinggi. Engsel ini juga bisa menahan lebih stabil dalam berbagai sudut lipatan.

Ini adalah smartphone pertama yang lolos ketahanan uji hingga 1 juta kali siklus buka-tutup yang dilakukan secara independen dan tersertifikasi oleh TUV Rheinland.

Buat yang menyukai selfie dengan kamera utama, desainnya membuat kita bisa melakukan eksplorasi mulai dari melipat setengah atau memanfaatkan lipatan dengan sudut tertentu. Tidak perlu tripod lagi, tinggal simpan HP lipat ini di permukaan rata.

Display

Sebagai sebuah HP lipat, area display tentu menjadi pusat perhatian. Layar utamanya yang ada di bagian dalam memiliki bentang 7,8 inci dalam kondisi terbuka. Mengantongi resolusi 2240×2268 piksel yang menjadikan gambar di layar tajam dan detil.

review hp lipat oppo

Saat dalam kondisi terbuka, area display-nya tampil seperti sebuah tablet yang bisa kita lipat atau buka tutup seperti buku. Menariknya, dibandingkan smartphone dengan display fleksibel pada umumnya, tekukan layar atau lipatan nyaris tak kelihatan.

Selanjutnya, OPPO Find N3 mengusung Cover Screen dengan bentang 6.31 inci dengan layar rasio ponsel standar 20:9. Bezelnya pun relatif tipis dimana layar memenuhi 91.8% panel depan saat dilipat. Resolusinya 2484 x 1116 pixel, dengan membawa aspek rasio 20:9.

Dalam kondisi terlipat seperti ini, tampilan layar terasa lebih konvensional ala smartphone berdesain candybar. Dalam keadaan ini, ukuran dan aspek rasio terasa seperti perangkat dengan layar sentuh biasa pada umumnya.

Oh ya, foldable phone ini mengusung teknologi panel layar LTPO3 OLED, dengan layar utama dan layar penutup sama-sama memiliki refresh rate 120 Hz. Kerapatan pixel pada layar utama mencapai 426 PPI, sedangkan di layar penutup 431 PPI.

Find N3 Fold juga mengantongi teknologi Dolby Vision dam HDR10+ dengan kecerahan puncak hingga 2800 nits. Dalam kondisi tertimpa terik matahari, displaynya masih bisa memancarkan tampilan optimal.

hp lipat tampak depan

Kamera OPPO Find N3

Salah satu keunggulan unit review OPPO Find N3 Fold yang kami uji ini terletak di sektor kamera. Bagaimana tidak, seri ini bisa dibilang sebagai HP lipat yang berani mengedepankan kamera flagship.

Tak tanggung-tanggung, OPPO menggandeng manufaktur kamera Hassleblad untuk menggarap kamera belakangnya. Bahkan seri ini menjadi satu-satunya smartphone foldable yang berani membenamkan kamera telephoto.

Kamera HP OPPO ini didukung dengan konfigurasi tiga kamera belakang. 48 MP Ultra Sensing Wide Angle Camera, 64 MP Ultra Sensing Periscope Telephoto Camera, dan 48 MP Ultra Wide Angle Camera.

kamera oppo find n3

Secara teknis, OPPO Find N3 tiga focal-length yang menjadi favorit para fotografer profesional yaitu 14mm, 24mm, dan 70mm. Artinya seri ini sangat bisa diandalkan untuk menghasilkan foto berkualitas dalam berbagai kondisi.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy Fit3: Solusi Praktis Aktivitas Penunjang Kesehatan

Apalagi teknologi pencitraan hasil kolaborasi OPPO dan Hassleblad menambah kemampuan fotografi menjadi sekelas kamera profesional. Kita bisa mengambil foto yang cukup berkualitas dalam kondisi siang atau malam, dekat atau jauh.

Kemampuan kamera telephoto-nya pun sangat menjanjikan dengan aperture cepat f/2.6 dan OIS yang bisa meredam goncangan dengan baik. Ini membuat tangkapan foto dan video menjadi lebih stabil.

OPPO Find N3 juga dibekali dengan kamera selfie yang masing-masing diletakkan di cover screen dan layar utama. Pada bagian cover screen dengan resolusi 32MP, dan layar utama berukuran 20MP. Lebih dari itu, fitur kamera belakangnya pun bisa dipakai untuk selfie dengan kualitas lebih jempolan.

Kita juga bisa memanfaatkan kameranya untuk berbagai keperluan selain fotografi mulai dari online meeting, video call dan aktivitas online lainnya. Tentu saja dengan visual gambar jernih dan detil.

Hasil Kamera:

hasil kamera
HDR Mode
hasil kamera
Kamera Selfie
hasil kamera
Night Mode
hasil kamera
Foto 1x Zoom
hasil kamera
Foto 6x Zoom

Performa

OPPO tak main-main dalam merancang Find N3. Tak hanya menyempurnakan eksterior dengan rancangan lebih bagus, jeroannya pun diperhatikan. Untuk mendukung performanya, sang vendor menyisipkan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2.

Alhasil, HP lipat ini tak hanya mengandalkan gimmick desain saja, karena performanya pun sangat menjanjikan. Buat bermacam kebutuhan mulai dari gaming, konten creator atau kebutuhan kantoran

harga oppo find n3 fold

Dengan dukungan dapur pacu kelas smartphone flagship, performa perangkat tentu saja sudah tak bisa diragukan lagi. Chipset ini dibuat melalui proses fabrikasi 4 nanometer, memanfaatkan CPU 8 core yang memiliki frekuensi 3200 MHz..

Dibenami dengan GPU Adreno 740 memiliki kecepatan hingga 3200 MHZ. Selain itu, jenis memori pada Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 adalah LPDDR5X dan memiliki frekuensi 4200 MHz.

Tak heran jika perangkat ini mampu digenjot untuk game berat, menangani aktivitas multi tasking tanpa masalah. Dikombinasi dengan refresh reate 120Hz, membuat game kasual sampai game grafis tinggi tetap berjalan dengan grafis terbaik dengan performa mumpuni.

Tak hanya itu, koneksi Snapdragon 8 Gen 2 sudah mendukung jaringan 5G. Ini memungkinkan penggunanya memanfaatkan kecepatan maksimal download di area yang mendapat dukungan operator.

Selain memberikan pengalaman browsing dan streaming nan mulus. Kombinasi di atas membuat perangkat ini ideal untuk streaming video dengan kualitas tinggi dan gaming online tanpa gangguan.

Untuk keperluan streaming, nonton video dan aktivitas perkantoran perangkat ini sangat powerful lantaran displaynya yang besar bahkan bisa difungsikan layaknya tablet. Tapi buat gamers, kita harus sedikit membiasakan diri dengan dimensinya yang jumbo.

hasil benchmark

Fitur Lain

OPPO Find N3 menggunakan antarmuka ColorOS 13.2 yang berjalan di atas sistem operasi Android 13. Dengan konsep foldable phone, kita masih bisa menjalankan perangkat secara optimal seperti smarpthone pada umumnya.

BACA JUGA
Review realme 12 5G: HP Terjangkau dengan Performa Unggulan

Tapi yang membuatnya menjadi menarik, OPPO bisa menyajikan pengalaman baru yang lebih mengasyikkan lewat antarmukanya. Find N3 mengoptimalkan teknologi layar lipatnya ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain tak bisa ditemukan pada smartphone konvensional, fasilitas dan fitur tambahan yang dibenamkan pada perangkat ini membuat fungsi HP lipatnya menjadi lebih optimal.

Perangkat ini memiliki taskbar pada bagian bawah layar internalnya, juga memiliki app grid yang dinamakan App Library. Tak ketinggalan fitur yang bisa menjalankan split screen multi tasking untuk menempatkan dua atau tiga aplikasi ke dalam scrolling view.

Untuk memorinya, unit review OPPO Find N3 ini mempersembahkan RAM berbasis LPDDR5x hingga 16GB. Tak ketinggalan hadir teknologi storage berbasis UFS 4.0 dengan kapasitas hingga 512GB.

Baterai

Perangkat ini mengusung baterai berkapasitas 4,805mAh. Tentu saja aspek ini memberikan kontribusi krusial terhadap daya tahan baterai, mengingat ukuran display OPPO Find N3 yang cukup besar.

Berkat baterai besar ini pula, unit review OPPO Find N3 yang kami uji bisa bertahan seharian lebih dalam pemakaian normal. Artinya, perangkat ini masih aman buat kalian yang memiliki mobilitas tinggi dan lebih sering berada di luar ruangan.

kelebihan dan kekurangan oppo find n3 fold

Perangkat ini juga memiliki ‘super power saving mode’ yang bisa membantu saat baterai dalam keadaan kritis. Membantu perangkat bertahan lebih lama sebelum menemukan sumber listrik untuk pengisian daya.

Teknologi pengisian cepat yang dibenamkan dalam perangkat ini adalah SuperVOOC 67W. Sayangnya, OPPO masih belum membenamkan wireless charging. Untuk pengisian daya dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari nol hingga baterai penuh.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find N3 Fold

Setelah mengulas panjang lebar unit review OPPO Find N3 Fold, sekarang kita breakdown beberapa kelebihan dan kekurangan perangkat ini.

Pastinya salah satu kelebihan yang menonjol dari smartphone foldable ini adalah kemampuan kameranya. Dengan sistem kamera powerful setara smartphone flagship, OPPO Find N3 Fold  berhasil mengubah anggapan tentang spesifikasi HP lipat yang kurang memuaskan.

Tak hanya itu, selain mengusung desain elegan dan mewah, perangkat ini juga memberikan performa terbaik dengan dukungan dapur pacu kelas atas Snapdragon 8 Gen 2, baterai jumbo dan pengecasan ngebut.

Kelebihan lain yang menonjol terletak pada kualitas display dan engsel dari perangkat ini. Selain teknologinya semakin mumpuni, lipatan atau tekukan layar terus membaik dan semakin berkualitas.

Namun kami juga memperhatikan beberapa kekurangan dalam perangkat ini. Dari segi experience bentuknya yang bongsor memerlukan penyesuaian pemakaian terutama buat early adopter. Selain itu, perangkat ini belum didukung dengan wireless charging.

Harga dan Ketersediaan

Oppo membuka early pre-order Find N3 secara offline dan online. Dengan melakukan down payment sebesar Rp 2.999.000, konsumen akan mendapatkan sederet bonus tambahan senilai hingga Rp 7.500.000 berupa voucer potongan diskon 10 persen, SuperVOOC 80W Car Charger, serta Oppo Premium Service.