Home Berita Cara Menemukan HP Android Hilang & Hapus Data Dari Jarak Jauh

Cara Menemukan HP Android Hilang & Hapus Data Dari Jarak Jauh

Cara Menemukan HP Android Hilang & Hapus Data Dari Jarak Jauh

review1st.com – Ada banyak momen ketika kamu kehilangan HP atau ponsel terkadang ketika rumah atau ditempat bekerja seringkali lupa dan tidak dapat mengingat di mana terakhir kali meletakan atau menyimpannya.

Dan sayangnya terkadang sialnya dalam beberapa kasus ponsel atau HP hilang dicuri atau terjatuh dan hilang tanpa disadari saat berada diluar rumah.

BACA JUGA
Cara Ubah Foto Jadi Tulisan Teks Pakai Aplikasi

Pada contoh sebelumnya, barangkali mudah dan tidak terlalu sulit untuk menemukan HP kamu yang salah letak dengan menggunakan fitur “Temukan Ponsel Saya” di jam tangan pintar atau dengan menggunakan HP lain untuk meneleponnya.

Tetapi jika hilang di luar rumah atau dicuri orang tak bertanggung jawab, maka kita membutuhkan sedikit bantuan ekstra.

Tips & Trik Mencari HP Android Hilang

Untungnya, ada cara mudah untuk menemukan HP Android hilang kamu dari jarak jauh, untuk menguncinya atau bahkan menghapus semua data jika diperlukan.

Sebenarnya Google menawarkan fitur sederhana di mana pengguna dapat menemukan, mengunci, dan menghapus semua data di ponsel Android penggunanya saat kehilangan ponsel.

Fitur “Find My Device” memungkinkan pengguna Android untuk menemukan ponsel mereka, menguncinya dengan mengatur pin, kode sandi, atau pola dari jarak jauh untuk menjauhkan dari dibuka orang yang tidak diinginkan sipemilik ponsel.

Pengguna bahkan dapat menampilkan pesan di layar kunci mereka untuk meminta si penemu menelepon begitu mereka menemuka ponsel kamu. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menghapus semua data di ponsel Android mereka.

Alhasil penemu atau pencuri ponsel tidak memiliki akses membuka data pemiliknya, dan juga memicu perlindungan perangkat yang membuat ponsel tidak dapat digunakan oleh siapa pun kecuali pemiliknya.

Berikut tatacara menemukan ponsel Android yang hilang dan menghapus data dari jarak jauh serta mengunci, atau menghapus data ponsel Android, ada beberapa persyaratan yang diperlukan.

Tentu saja ponsel harus dalam keadaan hidup, pengguna harus masuk dengan akun Google, serta pengguna harus terhubung ke data seluler atau Wi-Fi, mereka harus terlihat di Google Play, harus mengaktifkan pengaturan lokasinya, dan tambahan setelan Temukan Perangkat Saya juga diaktifkan.

BACA JUGA
5 Keunggulan ASUS OLED Dibandingkan Layar Laptop Lainnya

Cara dan Langkah Mencari HP Hilang

Jika semua prasyarat ini terpenuhi, pengguna harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka website android.com/find dan masuk ke akun Google yang digunakan di ponsel kamu yang hilang. Setelah masuk, kamu akan melihat ponsel kamu di pojok kiri atas tampilan website. Jika kamu ternyata memiliki beberapa ponsel yang terkait dengan akun yang sama, maka pilihlah salah satu ponsel yang hilang dengan melihat detail spesifikasi ponsel dan tentang masa pakai baterai dan kapan terakhir kali online.
  2. Google secara bersamaan akan menunjukkan perkiraan lokasi ponsel di peta. Jika ponsel kamu tidak dapat ditemukan, kamu akan melihat lokasi terakhir saat ponsel digunakan.
  3. Jika ponsel berada dekat dan kamu tahu tempatnya, maka kamu dapat pergi ke lokasi dan kemudian memilih opsi Putar Suara untuk membuat ponsel kamu berdering selama lima menit tanpa henti, bahkan jika disetel dalam mode senyap sekalipun.
  4. Jika ponsel berada di area yang tidak diketahui, pembaca diperingatkan untuk tidak mencoba memulihkan ponsel Android mereka sendiri, melainkan menghubungi penegak hukum yang mungkin meminta nomor seri atau kode IMEI.
  5. Jika kamu ingin mengunci layar, pilih opsi Amankan Perangkat. Ini akan memungkinkan kamu untuk mengunci ponsel dan keluar dari akun Google kamu. Bahkan kamu dapat menampilkan pesan dan nomor telepon di layar kunci agar si penemu dapat menghubungi jika mereka menemukan ponsel kamu terlebih dahulu. Jika ponsel kamu tidak dikunci, kamu bahkan dapat mengaturnya melalui opsi ini.
  6. Kamu juga dapat memilih untuk memilih opsi ketiga – Hapus Perangkat. Pilihan ini secara permanen akan menghapus semua data di ponsel dan setelah kamu menghapusnya, opsi “Temukan Perangkat Saya” tidak akan berfungsi di ponsel kamu lagi. Jika ponsel kamu dalam keadaan offline, penghapusan akan dimulai saat ponsel dalam keadaan online. Hal ini akan mencegah penjahat mengakses data apa pun di ponsel kamu.
Previous article10 HP Kamera Terbaik September 2021 (DxOMark)
Next articleCara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here