Cara Memperbaiki Masalah Koneksi Internet Wifi Lambat

#kamisukareview – Kecepatan internet yang lambat pada koneksi nirkabel wifi yang biasa digunakan di rumah atau dikantor bisa membuat kita terkadang merasa frustasi. Terutama saat berselancar, nonton streaming, ataupun mendownload dan mengirim file.

Apalagi jika kepentingan pekerjaan yang yang berkaitan dengan internet itu sedang dikejar deadhline yang sangat mepet. Wi-Fi lambat bisa sangat mengganggu sekali terutama di saat masa pandemi ini yang memaksa kita untuk belajar atau bekerja dari rumah mengandalkan koneksi internet.

Cara Memperbaiki Koneksi Internet Wifi yang Lambat

Kecepatan internet yang lambat tadi dapat merusak hari dan mnghancurkan mood baik kamu, jika disaat diperlukan seperti mengupload file terkait tugas, atau bahkan jika saat kamu perlu hiburan saat beristirahat untuk menonton streaming acara favorit di Netflix.

Untungnya kami telah menemukan beberapa cara untuk mengatasi Wi-Fi lambat tersebut yang dapat kamu praktekan dirumah. Berikut panduan beberapa metode untuk memperbaiki masalah koneksi Wi-Fi yang lambat tersebut:

Ada banyak faktor yang berperan yang dapat menyebabkan Wi-Fi menjadi lambat. Ini adalah beberapa metode yang dapat kamu ikuti untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah koneksi internet wifi lambat:

1.Apakah Anda memiliki kecepatan koneksi internet yang lambat?

Sebelum mengambil kesimpulan bahwa kamu sedang memiliki masalah dengan kecepatan internet yang lambat, pastikan bahwa kecepatan yang diiklankan dari paket internet yang kamu beli memang sesuai dengan kecepatan internet yang didapatkan.

Untuk melakukan itu, kunjungi situs web yang memungkinkan kamu untuk mengukur kecepatan internet seperti mengunjungi situs speedtest.net atau fast.com.

Jika hasil kecepatan sesuai dengan kecepatan yang diiklankan yang disediakan oleh ISP jaringan (Penyedia Layanan Internet), maka artinya koneksi kamu baik-baik saja.

Dan untuk mempercepat koneksi internet, kamu dapat menggunakan paket yang ditingkatkan yang menawarkan kecepatan internet lebih cepat (paket 4G minsalnya) tidak lambat.

2. Restart ulang router Wi-Fi untuk memperbaiki masalah Wi-Fi

Terkadang yang perlu kamu lakukan dengan router Wi-Fi adalah memulai ulang router untuk memperbaiki masalah koneksi Wi-Fi. Cukup matikan router Wi-Fi dan kemudian hidupkan setelah beberapa detik

Dan kemudian periksa apakah kecepatan internet yang lambat sudah berjalan lebih cepat. Jika itu tidak memperbaiki masalah kecepatan konektivitas Wi-Fi, coba mulai ulang komputer, laptop, ponsel, atau perangkat lain yang kamu gunakan itu.

Terkadang alasan kecepatan Internet lambat mungkin hanya karena masalah eror pada perangkat yang diginakan, dan bukan koneksi Internet.

3. Memposisikan ulang router Wi-Fi dapat memperbaiki internet lambat

Masalah lain yang menyebabkan koneksi internet wifi yang jadi lambat mungkin terletak pada posisi router. Selalu disarankan untuk menempatkan router di tempat yang lebih tinggi, seperti di atas lemari pakaian atau disudut loteng.

Selain itu, kamu juga dapat menempatkan router Wi-Fi di berbagai tempat di rumah atau tempat kerja kamu menyesuaikan area mana yang mendapatkan kekuatan sinyal terbaik sebelum mempermanenkan letaknya di satu tempat.

Perhatikan, umumnya sinyal Wi-Fi dapat melewati dinding dan objek lain, tetapi dalam beberapa kasus, dinding yang terlalu tebal atau beberapa logam atau besi pada sekitaran tempat router dapat menghalangi sinyal.

Dalam hal seperti ini, selalu disarankan untuk menjauhkan router dari alat seperti oven microwave atau lemari es, dan seperti yang dibahas di atas, posisikan router di ketinggian dan tempat yang optimal. Jadi koneksi internet wifi bisa lebih cepat.

4. Sesuaikan antena router

Memposisikan antena pada router Wi-Fi lurus ke atas akan mengalihkan sinyal Wi-Fi ke satu arah saja. Itulah mengapa kamu harus selalu mengarahkan antena ke arah yang berbeda.

Misalnya, banyak router Wi-Fi dilengkapi dengan dua atau tiga antena. Dalam hal seperti itu, pastikan untuk mengarahkan antena ke arah vertikal dan horizontal, sehingga sinyal Wi-Fi dapat menjangkau area yang lebih luas.

6. Gunakan standar keamanan Wi-Fi yang kuat

Jika keamanan Wi-Fi kamu tidak cukup kuat, mungkin mudah bagi orang lain yang tidak kamu inginkan untuk mendapatkan akses atau membobol kata sandi.

Dalam beberapa kasus adanya “tetangga” yang mungkin mencuri koneksi Wi-Fi tanpa sepengetahuan kamu, dan mungkin itulah sebabnya kamu memiliki masalah koneksi internet Wi-Fi yang lambat.

Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan protokol keamanan WPA2 di router kamu. Kamu dapat mengubahnya melalui pengaturan router.

Untuk menyetel kata sandi WPA2, akses pengaturan Wi-Fi dengan cara memasukkan alamat IP router di browser melalui ponsel atau komputer kamu.

Koneksi tunggal, banyak pengguna
Masalah seperti ini biasanya sering terjadi dikantor tempat bekerja, atau bahkan dirumah.

Kamu mungkin memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi yang digunakan bersama oleh terlalu banyak penggunaan sekaligus, dan meskipun router Wi-Fi tidak memperlambat kecepatan internet saat banyak orang menggunakannya, bandwidth yang tersedia tidak akan terganggu.

Seperti saat kamu mengunduh file dari cloud, sementara adik disaat bersamaan juga sedang mengunduh game terbaru itu dari PlayStation Network.

Sementara anggota keluarga lain juga saat yang sama sedang melakukan nonton video streaming atau acara TV favorit mereka menggunakan jaringan wifi yang sama.

Dalam skenario seperti ini, kamu dapat dipastikan akan menghadapi masalah Wi-Fi yang lambat karena setiap perangkat menggunakan sebagian besar bandwidth yang tersedia.

Dalam hal ini, kamu dapat mencoba mengurangi beban pada koneksi Internet wifi dengan menjeda salah satu aliran atau unduhan artinya salah satu harus mengalah, maka hal ini dapat menyebabkan peningkatan kecepatan yang tadinya lambat.

Router modern sebenarnya dapat mendukung teknologi yang memastikan bandwidth yang sama di semua perangkat, dan jika kamu menghadapi masalah bahkan dengan salah satu router tersebut, hambatannya mungkin memang kecepatan Internet kamu.

Nah begitulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah jika terjadi perlambatan konektivitas pada Wifi.