Cara Memilih Paket Internet Operator, Kuota Cocok di Kantong

#kamisukareview – Banyaknya pilihan layanan internet yang ditawarkan operator kadang bikin bingung. Nah, tips cara memilih paket internet operator kami persembahkan buat kalangan yang sering bingung menghadapi masalah seperti ini.

Khususnya buat pengguna baru yang awam soal layanan data atau internet. Padahal jika Anda jeli, operator sebenarnya membuat beberapa promo paket yang disesuaikan kebutuhan konsumen. Makanya tips memilih paket internet ini cukup berguna.

Tips Memilih Paket Internet Operator Telkomsel, XL, Smartfren, Tri dll.

Misalnya, ada yang menawarkan paket untuk chatting dan Facebook-an saja atau hanya untuk browsing. Atau paket unlimited, atau paket Youtube sepuasnya. Kalian harus pintar membedakannya.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjatuhkan pilihan pada program atau paket tertentu. Berikut beberapa poin yang bisa diperhatikan sebelum memilihnya.

1. Kualitas layanan internet operator

Kecepatan akses, daerah cakupan layanan dan kondisi jaringan si operator menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan internet.

Secara umum, paket internet yang ditawarkan operator itu tak jauh beda dengan saat Anda memilih kartu SIM dan layanannya. Ada yang memakai sistem prabayar dan ada juga yang menggunakan metode pascabayar.

2. Time Based vs Volume Based

Paket layanan internet operator menganut sistem:

  • Time Base (berdasarkan waktu/lamanya penggunaan)
  • Volume Base (berdasarkan volume/kapasitas data yang digunakan biasanya dalam Kb)
  • – Unlimited (tidak terbatas waktu dan volume).
  • Tapi secara default umumnya tarif koneksi data yang dikenakan operator ke pelanggannya adalah Volume Base.

3. Sesuaikan Kebutuhan

layanan internet

Chat Lebih Cocok Volume Base atau Paket Sosial Media

Misalkan hanya sekedar chatting dan Facebook lebih cocok memakai paket internet operator dengan layanan volume base. Untuk mengakses situs jejaring sosial saja seperti Facebook, Instagram atau Twitter rata-rata bisa menghabiskan bandwidth data sekitar 10MB/jam jika menggunakan ponsel.

Atau sekitar 100MB/jam jika melalui laptop/PC. Sementara untuk chatting semisal Whatsapp, Telegram, LINE, Facebook Messenger rata-rata memakan data internet sekitar 15MB/jam.

Dengan asumsi penggunaan paket internet operator berbasis Time Base sekitar 50 jam/bulan, dibanding Volume Base dengan kuota 1GB/bulan, pemilihan Volume Base akan lebih menguntungkan bahkan akan memberikan durasi waktu online lebih lama ketimbang Time Base.

Anda bisa memakai paket layanan internet operator yang ada banyak di Indonesia. Mulai dari Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, Tri hingga Indosat.

Download Lebih Cocok Time Base

Buat kebutuhan download, parameter yang paling pas untuk dijadikan panduan adalah kecepatan akses. Saat ini, speed yang ditawarkan operator untuk kebutuhan ini rata-rata sekitar 384 kbps dan umumnya penggunaan sehari-hari berada di kisaran 40 kbps (hanya untuk download speed).

Bila yang menjadi pertimbangan utama adalah volume data maksimal yang dapat digunakan, maka pilihan terbaik adalah paket Time Base.

Sedangkan jika Anda lebih banyak melakukan video streaming, download video/audio, akses peta (Goole Maps), chatting dengan Webcam, kirim email attachment atau menjadikannya sebagai modem PC, sebaiknya memilih paket berdasarkan Time Base.

Karena dengan Time Base, seberapa pun besarnya volume data yang digunakan, biayanya tetap sesuai pilihan waktu yang diambil.

Sebagai contoh, untuk mendownload 1 album MP3 yang berukuran sekitar 50 MB waktu yang diperlukan kurang dari 1 jam. Jika menggunakan tarif Volume Base misal dengan tarif data yang dikenakan sebesar Rp2/kb. Bandingkan jika menggunakan koneksi Time Base yang hanya dikenakan biaya Rp9.900 untuk 100 MB.

Nah, paket mana yang akan Anda pilih? Semua terserah anda.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”