Home Review Review Samsung Galaxy M22: HP NFC Harga 2 Jutaan

Review Samsung Galaxy M22: HP NFC Harga 2 Jutaan

Review Samsung Galaxy M22: Kelebihan, Kekurangan, Harga & Spek HP

review1st.com – Samsung Galaxy M22 adalah peluru terbaru sang vendor di kelas menengah. Smartphone dari lini produk M series ini dikembangkan berdasarkan masukan para user Samsung. Sebuah perangkat bertenaga, baterai jumbo di harga terjangkau.

BACA JUGA
Review ROG Zephyrus S 17 (GX703): Rajanya Laptop Gaming

Secara garis besar smartphone Samsung terbaru ini punya harga 2 jutaan. Menggendong baterai besar yang didukung fast charging, layar Super AMOLED berukuran lega, kamera 48MP dan kapasitas memori memadai.

Tapi semua hal di atas masih berupa catatan di atas kertas. Untuk mengetahui seperti apa kualitas smartphone ini yang sesungguhnya, kita akan mengulas langsung lewat unit review Samsung Galaxy M22 yang sudah kami pegang.

Review Samsung Galaxy M22: HP NFC Harga 2 Jutaan

Review Samsung Galaxy M22

Seperti biasanya, kita buka ulasan dengan membongkar isi dalam box atau paket penjualan. Mutu kardusnya kurang bagus, tapi harus dimaklumi mungkin demi memangkas harga.

Di dalam kotak penjualan kami mendapati satu unit Samsung M22, adaptor, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu garansi. Tak ada headset atau jelly case dalam paket penjualannya.

review samsung galaxy m22

Unit review Samsung Galaxy M22 sudah kami pegang, saatnya kita breakdown satu per satu spesifikasinya dalam beberapa kategori terpisah. Yuk kita mulai!

Rancangan Bodi

Smartphone Samsung terbaru ini dirancang nyaman saat dipegang. Material bodinya yang terbuat dari plastik polikarbonat terasa kesat, sehingga tak licin di tangan.

Permukaan belakangnya dipoles dalam warna solid matte, aman dari bekas sidik jari. Sudutnya dirancang agak membulat.

Empat sensor kamera belakang tersusun dalam rumah berbentuk kotak. Alhasil, lampu kilatnya tampil menyendiri di luar kotak tersebut. Simpel sekali.

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy m22

Sektor depan unit review Galaxy M22 mengadopsi notch Infinity-U di bagian dahi, di situ kamera selfie terpasang. Area display cukup lebar dengan bezel relatif tebal.

Sensor sidik jari ada di tombol power pada ruas kanan bodi. Atribut fisik lain, tombol volume, lalu ada SIM tray yang bisa disisipi dua slot kartu SIM dan satu microSD.

Terakhir, tertanam mikrofon sekunder, jack audio 3,5mm, port USB Type-C, mikrofon utama, dan speaker.

BACA JUGA
Harga & Spesifikasi Galaxy M52 5G (Kelebihan)

Layar

Panel sentuhnya memiliki bentangan 6.4-inch dengan notch berbentuk U. Di atasnya ada gril buat pengeras suara headphone. Samsung menyematkan display Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz.

Refresh rate-nya nyaman buat main game, pergerakan grafis jadi lebih mulus. Tapi kita juga bisa menurunkannya menjadi 60Hz buat menghemat baterai.

Jujur, layarnya cukup terang dan tajam saat menyala. Kualitasnya tak bisa berbohong. Disokong 16 juta warna tapi sayang resolusinya hanya HD+ (720×1600 piksel).

harga galaxy m22

Performa

Unit review Samsung Galaxy M22 yang kami uji diperkuat prosesor Octa-core Mediatek Helio G80. Sepertinya sang vendor semakin nyaman dengan pemakaian SoC Mediatek pada seri menengah bawah di beberapa segmen pasar.

Fans Samsung pun harus rela dan semakin terbiasa menghadapi transisi dari Qualcomm ke Mediatek. Khususnya di kategori menengah bawah.

Helio G80 sendiri terbuat dari proses teknologi 12nm. Dilengkapi 64-bit Octa Core CPU (2x Cortex-A75 @ 2GHz + 6x Cortex-A55 @ 1.8GHz) dan Mali-GPU.

Tapi tenang saja, kinerja CPU dan dukungan pengolah grafis G52 MC2-nya masih cukup nyaman buat digenjot bermain ROV, Call of Duty, PUBG, Asphalt 9. Buat multi tasking aplikasi pun relatif aman.

Bicara sektor memorinya, unit review Samsung M22 ini sudah dilengkapi dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Kebetulan kami menguji varian 64GB. Tersedia slot kartu memori microSD untuk menambah memori dengan maksimal 1TB.

Masuk ke area sistem operasi dan antarmuka, Galaxy M22 mengadopsi platform Android 11 yang dikombinasi dengan One UI Core v 3.1. Dirancang efisien dan lebih familiar buat kalangan muda.

spesifikasi samsung m22

Kamera

Sektor imaging jadi bagian yang cukup penting di Samsung Galaxy M22. Sang vendor menanamkan 4 sensor yang mendukung fotografi dalam berbagai situasi.

Kamera utamanya mengandalkan resolusi 48MP, F/2.0. Kemudian ada sensor ultra wide 8MP F/2.2 dengan view hingga 123 derajat. Dibantu depth sensor 2MP untuk foto portrait atau bokeh serta kamera Macro 2MP untuk foto close up.

Mode yang tersedia cukup bervariasi mulai dari mode Pro, Panorama, Food, Night, Macro, Slow Motion dan Hyperlapse. Kita bisa melakukan zoom mulai dari 0,5x hingga 10x baik saat foto atau rekam video.

Buat rekam video, kameranya mendukung resolusi hingga Full HD 1080p pada 30fps. Dan terakhir, unit review Samsung Galaxy M22 punya kamera selfie 13MP.

Berikut hasil kameranya:

kamera 1
Mode Portrait
kamera 2
Mode HDR
kamera 3
Mode Ultra Wide
kamera 4
Mode Auto
kamera 5
Mode Macro

Fitur Lain

Unit review Samsung Galaxy M22 ini mematri sensor sidik jari di bagian tombol power. Responnya cepat dan akurat. Selain sensor sidik jari, kita juga bisa membuka kunci layar dengan face unlock.

Oh ya, unit review Samsung Galaxy M22 ini juga sudah mengadopsi NFC. Lumayan menarik, karena smartphone ini bisa dimanfaatkan buat mengecek saldo dan juga top-up e-money.

Fitur tambahannya, dark mode Eye Comfort Shield buat meredam blue light penyebab kelelahan mata. Juga tersedia mode Always-On display buat menampilkan jam dan tanggal di layar meskipun smartphone dalam kondisi lock atau standby.

Baterai

baterai

Sorotan lain dari Samsung Galaxy M22 tentu saja baterai. Memang beberapa pesaingnya sudah mulai menggunakan kapasitas 6000mAh, tapi besaran 5000mAh pada smartphone ini tetap bisa jadi andalan.

Baterai internal ini sanggup bertahan lebih dari seharian tanpa perlu menghubungkan perangkat ke pengisi daya. Saat daya sudah hampir habis, ada dukungan fast charging 25W Super Fast Charge.

Tapi sayang, charger bawaannya hanya mendukung hingga 15W. Alhasil, nenggunakan kabel data USB Type-C, kita bisa mengisi daya dari nol sampai 100 persen sekitar dua jam lebih.

Harga Samsung Galaxy M22

Unit review Galaxy M22 merupakan salah satu kandidat kuat bersaing di segmen harga terjangkau. Samsung merancangnya supaya punya daya jual tinggi di banderol menengah bawah.

Kalian bisa memboyong smartphone Samsung harga 2 jutaan ini ke rumah dan menikmati spesifikasi yang lumayan. Tepatnya, Galaxy M22 ini dipatok dengan banderol Rp 2,7 jutaan (RAM 6GB/128GB).

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy M22

desain

Nah, sebagai penutup kita akan mengintip kelebihan dan kekurangan smartphone ini. Secara keseluruhan, unit review Galaxy M22 ini tetap bisa bersaing dengan kompetitor sekelasnya. Masih sanggup menarik minat fans Samsung.

Kelebihan Samsung Galaxy M22 ada di beberapa sektor seperti layar Super AMOLED, kamera 48MP. Kemudian baterai 5000mah masih bisa dimaklumi karena dibantu pengecasan cepat hingga 25W.

Oh ya, jangan lupakan NFC yang saat ini masih belum begitu banyak tersedia di perangkat baru harga 2 jutaan.

Kekurangannya ada di area desain yang terlihat ‘flat’ alias biasa saja dengan built quality yang juga standar. Resolusi layarnya pun hanya setara HD+ jadi kurang greget.

Soal chipset tak banyak yang bisa disodorkan. Masalahnya, banyak seri lain dari tetangga yang harganya jauh lebih murah tapi memiliki chipset lebih gahar.

BACA JUGA
Ini Kelebihan Mediatek Helio G96 di realme 8i

Spesifikasi Samsung M22:

  • Layar: 6.4 inch Super AMOLED display, 90Hz refresh rate
  • Dimensi: 159.9 x 74.0 x 8.4 mm
  • Berat: 86 gram
  • Kamera utama: Quad camera 48MP
  • Kamera Selfie: 13MP
  • Chipset: MediaTek Helio G80
  • RAM: 6GB
  • Memori Internal: 128GB ROM
  • Memori Eksternal: MicroSD hingga 1TB
  • Konektivitas: 4G LTE, Dual-SIM, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), Bluetooth 5.0,
  • NFC: Ada
  • USB: Type-C, 3.5mm
  • Fitur Lain: GPS Navigation, Glonass, Beidou, Galileo, Fingerprint Sensor, Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Virtual Light Sensing, Virtual Proximity Sensing
  • Sistem Operasi: One UI Core 3.1 (Android 11)
  • Baterai: 5000mAh, fast charging 25W Super Fast Charge
  • Warna: black, white, blue
REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Kamera
Baterai
Previous articlePUBG Mobile Kembali Gelar Jawara Cup Season 2 Dengan Prize Pool UC Senilai Rp 285 Juta
Next article10 HP Gaming Baterai 6000mAh Terbaik, Harga 1 Jutaan
Ordinary man in this extra ordinary world.