review1st.com – Seperti biasa Samsung menghadirkan generasi terbaru perangkat mid range-nya untuk tahun ini. Adalah Galaxy A54 5G yang menjadi salah satu ujung tombak dengan upgrade signifikan dari model sebelumnya.

Secara teknis, HP Samsung ini memboyong beberapa upgrade yang cukup menjanjikan. Mulai dari chipset, display hingga sensor yang dibenamkan ke dalam kamera utamanya. Dan, yang paling terlihat terutama dari sisi eksterior alias desain.

Review Samsung Galaxy A54 5G kami berikut akan memberikan informasi mendalam seputar perangkat ini. Simak yuk!

Review Samsung Galaxy A54 5G

review galaxy a54 5g

Berangkat dengan amunisi lengkap untuk bersaing di segmen mid range, Galaxy A54 5G benar-benar siap. Menurut kami aspek unggulan yang disodorkan sengaja diracik supaya menyasar pasar yang tepat.

Sebelum mengulas lebih dalam, kita akan melakukan unboxing Samsung Galaxy A54 5G ini dulu. Kita lihat apa saja yang dibenamkan dalam paket penjualannya.

Dalam kotaknya yang berwarna putih dan berukuran ramping, kami menemukan satu unit smartphone, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu perdana XL Axiata dan kartu garansi. Tidak disediakan head charger.

Nah itu dia isi dalam paket penjualan HP Samsung terbaru ini. Sekarang kita break down satu per satu aspek penting yang terbenam dalam perangkat ini.

Desain

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a54 5g

Secara visual, Galaxy A54 5G mengingatkan kita pada smartphone flagship terbaru Samsung, yaitu Galaxy S23+. Tata letak kamera dan sebagian besar bentuk eksterior cukup mirip. Bedanya mungkin di sisi display to body rasio-nya.

Buat kelas mid range, desain perangkat ini menurut kami sudah cukup ‘wah’ dan premium. Saat dipegang pun terasa kokoh layaknya seri mahal berkat framenya yang solid.

Tapi area belakangnya yang glossy agak licin saat dipegang dan mudah ternoda sidik jari. Overall, built quality perangkat ini menurut kami memuaskan.

Apalagi perangkat ini sudah mendapat sertifikasi IP67. Sertifikasi ini bisa diperoleh berkat kemampuan perangkat dalam menangani debu ringan dan percikan air.

Seri ini juga memiliki pilihan warna atraktif yang beragam. Mulai dari Awesome Lime, Black, Violet dan White. Kebetulan unit review Galaxy A54 5G yang kami pegang berwarna putih.

Panel belakangnya dilengkapi deretan 3 sensor kamera yang dipasang vertikal berjajar dari atas ke bawah. Lensa kameranya menonjol keluar dari permukaan bodi jadi agak riskan saat ditaruh di permukaan rata.

harga samsung galaxy a54 5g

Sebagai catatan, kami tak menemukan port audio 3,5 mm pada Galaxy A54 5G. Jadi, buat kalian yang sering menggunakan headset, kalian harus membeli unit yang berbasis USB Type-C atau Bluetooth.  

Seri ini menyematkan slot USB Type-C di ruas bawah. Sudah mendukung OTG  untuk koneksi ke peripheral atau external storage. Di area bawahnya ini kalian juga akan menemukan grill speaker dan lubang mic.

BACA JUGA
XL Axiata Dukung Industri Mobil Listrik Nasional Melalui Layanan ICT

Di ruas kanan bodi terdapat tombol volume dan tombol power sementara di ruas kiri terlihat polos.  Selanjutnya, sang vendor menanamkan SIM tray di ruas atas bodi.

Di dalam SIM tray kalian akan menemukan slot buat dual SIM card. Sebenarnya kalian juga bisa memasangkan kartu microSD juga, tapi karena konsepnya hybrid, slotnya rebutan dengan SIM 2.

Display

spesifikasi samsung galaxy a54 5g

Buat kalian yang menyukai perangkat dengan display mumpuni, maka smartphone ini adalah salah satu rekomendasi terbaik. Unit review Samsung Galaxy A54 5G mengandalkan bentang layar 6,4 inci pada resolusi 2340 x 1080 piksel (403 PPI).

Panel sentuh kapasitifnya berbasis Super AMOLED yang nyaman di mata dan bisa menampilkan warna natural di layar. Di bawah terik matahari pun tetap bisa memancarkan tampilan maksimal karena mengusung adaptive brightness.

Oh ya, seri ini juga sudah mendukung 10 multi touch point dan 240Hz touch sampling rate. Jadi respon terhadap sentuhannya sangat baik.

Sektor display ini disempurnakan dengan refresh rate layar hingga 120Hz berbasis dynamic adaptive dan HDR yang membuat experience saat menonton video, bermain game atau hal berbau grafis jadi sangat maksimal.

Guna melindungi panel sentuhnya, bagian layarnya dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakangnya. Teknologi pelindung layar ini setidaknya bisa menjaga area depan smartphone dari goresan, gesekan dan benturan ringan.

Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Buat kamera depannya, Samsung mematri lensa 32MP sebagai andalan buat kalian yang doyan berfoto selfie. Nah, sensor ini sudah mendukung pixel binning, saat dicoba kalian bisa mendapatkan kualitas dan detil gambar memuaskan dalam kondisi cahaya melimpah maupun low light.

Kamera depan ini bisa merekam video Ultra HD 30fps. Lumayan buat yang sering nge-vlog dengan smartphone, kualitasnya bisa diandalkan.

Sementara pada kamera utamanya, Samsung membenamkan sensor 50MP sebagai senjata utamanya yang didukung juga dengan optical image stabilisation (OIS). Sensor ini juga sudah mengadopsi teknologi pixel binning.

Hasil jepretan kamu utamanya menurut kami cukup mumpuni baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya. Kalian bisa memilih beberapa opsi aspek rasio mulai dari 4:3, 16:9 dan 1:1.

Lebih dari itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fasilitas dalam kameranya mulai dari fitur Pro, slow motion, hyperlapse, panorama, portrait , fun mode hingga filter.

Salah satu yang sering kami manfaatkan adalah Night mode yang sangat impresif digunakan memotret dalam kondisi low light atau saat malam hari. Hasilnya cukup memuaskan, apalagi untuk memproduksi foto-foto estetik.

BACA JUGA
Dell Technologies Mengakselerasi Inovasi AI dengan Dell AI Factory

Buat yang menyukai macro photography, Samsung juga menyertakan lensa macro. Bisa digunakan untuk memotret obyek kecil seperti serangga, serat daun dan lain-lain menjadi lebih detil dan tajam.  

Tak ketinggalan lensa ultra wide angle dibenamkan pula di seri ini. Hasil jepretannya yang luas membuat foto-foto alam yang membutuhkan sudut luas jadi lebih estetik.

Buat merekam video, kamera utamanya ini bisa mengabadikan konten bergerak pada resolusi maksimal Ultra HD 30fps. Tapi ada juga beberapa opsi resolusi lain dari HD 30fps hingga Full HD 60fps. Samsung menyediakan Super Stabilization untuk meredam goncangan saat merekam video.

Kalian bisa simak Review Kamera Samsung Galaxy A54 5G untuk detilnya. Berikut beberapa hasil kameranya:

Performa

Salah satu yang menonjol dari perangkat ini adalah dukungan chipset Exynos 1380ARM Mali-G68 MP5. Chipset ini merupakan salah satu produk in-house Samsung yang bisa bersaing dengan pabrikan chipset lain.

Dapur pacu ini ditenagai dengan prosesor octa core berclockspeed hingga 2.4 GHz. Membenamkan kombinasi antara ARM Cortex-A55 dan A78. Sementara di sisi pengolah grafis, Samsung menyisipkan GPU Mali-G68 MP5 dengan core 950 MHz.

Chipset terbaru ini cukup menjanjikan dalam hal performa. Di Geekbench, performa CPU single-core mencatatkan angka 1002. Sementara untuk multi-core menorehkan skor. Antutu benchmark mengantongi nilai 409.433.

 Di sektor grafis, seri ini juga cukup mumpuni dalam pengolahan gambar berkat kehadiran GPU-nya. Menggunakan aplikasi 3DMark, smartphone ini bisa mencatatkan skor 2728.

Dapur pacu ini cocok dipakai buat kebutuhan harian seperti browsing, chatting hingga scroll Tiktok. Aktivitas multi tasking buat keperluan basic menurut kami aman dan minim gangguan seperti lag atau hang.

Sementara buat para gamers, kalian tetap bisa menikmati game berat seperti Genshin Impact di setting medium secara nyaman. Apalagi untuk game seperti PUBG Mobile, Free Fire atau Mobile Legends, tak bakal ada kendala berarti.

Suhu Galaxy A54 5G saat digenjot aktivitas heavy load masih tetap normal. Namun jika terlalu agresif, misal bermain game grafis tinggi dikombinasi multi tasking, akan ada sedikit peningkatan panas.

Untuk konfigurasi storage, Galaxy A54 5G menawarkan opsi model 128 GB dan 256 GB UFS 2.2 Flash dengan dukungan RAM 8GB LPDDR4x.

Pada bagian sistem operasinya, smartphone mengedepankan Google Android 13 yang ditandem dengan antarmuka kustom khas Samsung generasi terbaru, One 5.1.

Seperti generasi flagship-nya, kalian bisa menikmati major update berkala pada antarmuka ini, meningkatkan pengalaman terbaik saat menggunakannya.

Konektivitas

Soal konektivitas, seri ini menurut kami tak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Tapi ada beberapa aspek menarik yang membuat konektivitas Galaxy a54 5G jadi maksimal.

BACA JUGA
OPPO Mengubah Ruang Retail Menjadi Pusat Komunitas yang Hidup untuk Nobar Final Liga Champions

Antara lain, dukungan jaringan 5G dan dukungan Wifi 6. Jaringan 5G ini membuat smartphone siap menangani transfer data kecepatan tinggi saat didukung ketersediaan jaringan dari operator. Begitu juga dengan Wifi 6 yang membuat perangkat jadi lebih optimal di area hostspot.

Seri ini juga sudah membenamkan Bluetooth versi 5.3 dan NFC. Kehadiran NFC sendiri sangat membantu buat kalian yang terbiasa memanfaatkan e-money. Pengisian saldo jadi lebih mudah dan praktis.

Baterai Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G adalah salah satu perangkat yang bisa diandalkan dalam hal daya. Pasalnya, smartphone ini dibenami dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang staminanya kuat.

Dalam pemakaian normal, baterai unit review Samsung Galaxy A54 5G ini sanggup bertahan lebih dari sehari untuk sekali pengisian daya. Utamanya saat dipakai buat keperluan standar seperti scroll Tiktok, buka email, browsing atau game ringan.

Untuk pengisian daya, seri ini mendukung fast charging hingga 25W. Jika menggunakan adaptor yang optimal buat pengecasan, unit review Samsung Galaxy A54 5G membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam pengisian 0% hingga 100%.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A54 5G

Di segmen mid range, Samsung Galaxy A54 5G tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Setiap seri entah itu produk kompetitor atau seri lain, pasti memiliki sisi plus dan minus.

Namun, setidaknya kalian wajib mengetahui value atau nilai lebih dari sebuah perangkat ini serta beberapa minor yang ada di dalamnya .

Kelebihan yang menonjol dari Galaxy A4 5G ini tentu saja kinerja baterai dan kameranya yang mumpuni. Kapasitas memori jumbo dan fitur seperti NFC juga menambah poin penilaian kami.

Untuk displaynya, kami juga mengacungkan jempol karena sangat akurat dan cerah berkat teknologi Super AMOLED didukung fasilitas terkini semisal refresh rate 120Hz. Apalagi sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass dan IP67.

Lalu untuk urusan internet, seri ini juga memberikan keuntungan buat kalian yang kebetulan tinggal di area yang sudah tercover 5G karena sudah support jaringan mutakhir 5G

Beberapa minor kecil yang kami temukan mungkin di sektor pengecasan yang hanya mendukung fast charging hingga 25W. Juga slot microSD yang bertipe hybrid sehingga harus bergantian antara kartu memori dan SIM card 2.

Harga Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G merupakan salah satu seri yang bisa diandalkan di segmen harga mid range.Untuk harga resminya, varian 8/128GB dibanderol Rp5.999.000 sementara varian 8/256GB dibanderol Rp 6.299.000.

Shares: