Home Review Review Samsung Galaxy A14 5G, HP 2 Jutaan Serba Bisa

Review Samsung Galaxy A14 5G, HP 2 Jutaan Serba Bisa

Review Samsung Galaxy A14 5G, HP 2 Jutaan Serba Bisa

review1st.com – Smartphone high-end flagship biasanya harganya sangat mahal. Tapi tenang, Samsung menghadirkan Galaxy A14 5G, sebuah perangkat seri A terbaru dengan spesifikasi fungsional tapi dilengkapi fitur canggih ala flagship.

Dan, satu hal yang lebih menarik, HP Samsung terbaru ini dibanderol dengan harga terjangkau hanya Rp 2 jutaan saja. Lalu apa saja sih yang ditawarkan Samsung Galaxy A14 5G ini? Untuk menjawabnya, kami sudah memegang unit reviewnya dan kami akan mengulasnya secara detil buat Anda.

Review Samsung Galaxy A14 5G

Sebagai salah satu seri andalan di segmen menengah bawah. Boleh dibilang Galaxy A14 5G mengemas paket yang cukup lengkap. Mulai dari kamera dengan resolusi besar, baterai jumbo, fitur canggih  hingga dukungan jaringan mutakhir.

Dilihat sekilas, seri ini memang terlihat siap tempur dengan memboyong perlengkapan perang terbaik sesuai target marketnya. Kita akan lihat apakah impresi awal ini sesuai dengan ekspektasi saat diulas lebih dalam.

Yuk kita ulas satu persatu aspek-aspek penting pada perangkat ini.

Rancangan Bodi & Display

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a14 5g

Saat memegang dan menimangnya, Samsung Galaxy A14 5G ternyata dibalut dengan material yang cukup kokoh. Untuk ukuran perangkat yang terbuat dari material plastik kualitasnya cukup bagus. Desainnya simpel, mengusung DNA yang mencirikan perangkat besutan Samsung.

Perangkat ini menyematkan tiga buah kamera pada bagian belakang sebelah kiri atas dengan formasi vertikal ala flagship-nya saat ini. Panel belakang ini dihiasi tesktur garis yang membuatnya kelihatan lebih premium sekaligus membuatnya jadi kesat dan tak licin di tangan.  

Di samping kanan,Samsung menyisipkan tombol volume dan tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari. Kemudian di area ruas kiri, tertanam SIM tray. Port USB Type C, lubang speaker, port 3.5mm dan lubang mic diletakkan di ruas bawah.

Samsung Galaxy A14 terasa lebih ringan di tangan karena bodi plastiknya. Untuk bodinya sendiri memang cenderung agak besar, tapi ini karena vendor menyesuaikan dengan kondisi layar yang juga cukup besar.

harga dan spesifikasi samsung galaxy a14 5g

Oh ya, bagian depan perangkat ini mengantogi bezel yang agak tebal dan dagu besar. Area depan Galaxy A4 5G ini mengandalkan display sentuh dengan konsep Infinity V.

Lebih jauh lagi, layar sentuhnya berbasis PLS LCD dengan bentangan 6,6 inci dan disuntik dengan resolusi Full HD+ yang sudah cukup menjanjikan buat kenyamanan mata dan ketajaman gambar.

Tak hanya itu, Samsung juga membenamkan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz yang menambah kepuasan di sektor tampilan. Khususnya buat pecinta game dan film, kalian bisa menikmati pengalaman lebih smooth dan visual lebih realistis.

Performa

Sebagai sebuah smartphone serba bisa dengan budget terbatas, unit review Samsung Galaxy A14 5G yang kami uji ini ternyata mengandalkan dapur pacu yang menjanjikan

Seri Samsung ini diperkuat dengan chipset Mediatek Dimensity 700 5G. Selain bisa memberikan jaminan soal performa, ternyata SoC yang satu ini juga mampu menghadirkan kapabilitas 5G. Jadi sebuah keuntungan besar buat yang hobi internet.

Di beberapa area Jakarta yang sudah mendukung jaringan 5G, layanan data operator yang dibenamkan dalam perangkat langsung ngebut. Hati-hati kuota terkuras ya, pasalnya nonton Youtube kualitas 4K jadi nggak kerasa dan kita bisa lupa waktu.

samsung galaxy a14 5g

Buat pecinta game kasual seperti Mobile Legends hingga yang agak lumayan berat seperti PUBG Mobile, performa gaming masih aman sih. Kualitas grafis maupun kinerjanya bagus. Aman juga buat multitasking dan sebagai penjunjang produktivitas.

Proses operasi perangkat lancar, tak ada lag atau tersendat asal setting jangan digas rata kanan alias diatur medium saja. Kinerja yang cukup baik ini berkat dukungan prosesor octa core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55).

Sebagai penunjang performa, Samsung membenamkan RAM 6GB RAM dan memori internal 128GB. Bisa diperbesar hingga 1TB berkat kehadiran slot microSD. Tak hanya itu, seri ini sudah dibenami dengan One UI Core 5 berbasis sistem operasi Android 13 yang smooth dan halus.

Secara keseluruhan, performa unit review Samsung Galaxy A14 5G ini  cukup baik apalagi untuk HP harga 2 jutaan. Hadirnya dukungan RAM yang besar dan sistem operasi Android 13 membuat proses multitasking di smartphone ini menjadi lebih lancar.

benchmark

Kamera

Kebutuhan untuk bikin konten kekinian membuat banyak kalangan mencari smartphone dengan kamera mumpuni. Samsung memahami hal ini dengan menghadirkan Triple Camera 50MP dalam Galaxy A14 5G.

Lalu, bagaimana kualitas kamera resolusi besar di perangkat dengan budget terjangkau ini? Ternyata cukup canggih sih, karena unit review Samsung Galaxy A14 5G ini bisa menghasilkan berbagai foto dan video yang cukup jernih dan detil dalam kondisi outdoor.

kamera hp samsung

Resolusinya yang tinggi juga cukup membantu saat kita menjepret foto atau merekam video dalam lingkungan low light atau minim cahaya. Tapi harus diakui kita tak bisa menghindari noise serta penurunan kualitas di kondisi gelap ini.

Oh ya, dengan lensa depth 2MP, kita juga bisa memproduksi foto bokeh yang natural. Tak hanya itu, ada juga lensa macro 2MP untuk memotret foto close-up yang detail. Kemudian di area depan tertanam sensor 13MP untuk selfie dengan kualitas gambar jelas.

Smartphone ini juga bisa mereka video dengan kualitas 1080p pada 30fps pada kamera belakang maupun kamera depan. So, buat yang sering membuat konten Tiktok atau Instagram Reels, bisa memanfaatkannya.

Samsung menanamkan berbagai fitur pelengkap kamera dalam perangkat ini. Mulai dari mode malam, time-lapse hingga slow motion. Tapi jangan harap fitur perekaman lebih canggih seperti cinematic pan dan lain-lain ala flagship ya.

hasil foto kamera
hasil foto kamera 2
hasil foto kamera 3
hasil foto kamera 6
hasil foto kamera 7

Fitur lain

Salah satu keunggulan Samsung Galaxy A14 5G yang kami soroti ada di fitur pelengkapnya. Ya, meski dibanderol terjangkau, nyatanya seri ini sudah dibenami dengan teknologi NFC.

Asyiknya, dengan dukungan NFC di perangkat, kitab isa melakukan pembayaran tertentu tanpa kartu. Tak hanya itu, Isi uang elektronik pun lebih mudah tanpa harus ke ATM.

Seri ini juga sudah didukung dengan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Samsung juga menghadirkan face unlock.

Baterai

Samsung Galaxy A14 5G adalah salah satu seri yang bisa diandalkan jika bicara soal daya tahan pemakaian baterai harian.  Perangkat ini sudah dibenami dengan sumber daya berkapasitas 5.000 mAh.

Dalam pemakaian normal, baterai perangkat ini bisa bertahan lebih dari sehari dalam sekali pengisian daya. Sekedar scroll Tiktok, membuka email, scroll Instagram dan main game  mobile ringan sebentar.

Untuk pengisian daya, seri ini menawarkan pengisian daya hingga 15W. Jika menggunakan adaptor yang optimal buat pengecasan, unit review Samsung Galaxy A14 5G membutuhkan waktu sekitar 2 jam pengisian 0% hingga 100%.

review hp samsung

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14 5G

Dengan harganya yang  terjangkau, Samsung Galaxy A14 5G tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus kita cermati.

Setidaknya, sebelum membeli perangkat kalian harus tahu nilai tambah yang disuguhkan perangkat ini dan juga sektor-sektor minor apa saja yang perlu diperhatikan.

Kelebihan yang menonjol dari Galaxy A4 5G ini tentu saja kinerja baterai dan kameranya yang bisa diandalkan. Dukungan memori besar serta memiliki fasilitas special seperti NFC juga menambah poin penilaian kami.

Lalu untuk urusan internet, seri ini juga memberikan keuntungan buat kalian yang kebetulan tinggal di area yang sudah tercover 5G karena sudah support jaringan mutakhir 5G.  Momentum tepat sih buat kalian yang ingin pindah dari 4G ke 5G dengan budget terbatas.

Hanya saja, meskipun display-nya jernih dengan refresh rate tinggi, tapi seri ini hanya memakai teknologi PLS LCD yang kurang optimal dipakai dalam kondisi outdoor. Dan satu lagi soal desain, jangan berharap tampilan premium ala smartphone flagship ya.  

Kesimpulannya, seri ini kami rekomendasikan sebagai paket lengkap bagi konsumen yang ingin beralih ke smartphone 5G serba bisa dengan budget murah di tahun ini. Apalagi, para operator juga terus memperluas cakupan 5G di 2023.

Harga Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A14 5G merupakan salah satu seri yang bisa diandalkan di segmen harga 2 jutaan. Hadir dengan tiga pilihan warna baru yang trendy, yaitu Silver yang premium, Dark Red.

Untuk harga resminya, seri ini dibanderol Rp2.999.000 yang menurut kami sudah cukup worth it untuk perangkat dengan fitur serba bisa di segala aspek. Mulai dari kamera hingga jaringan 5G.

Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

ProsesorDimensity 700
MemoriRAM: 6GBMemori Internal: 128GBRAM Plus hingga 6GBMicro SD hingga 1TB
Layar6,6 inci FHD+ PLS LCD, 90HzInfinity-V Display 
Dimensi167,7 x 78,0 x 9,1 mm205 g
KameraKamera Belakang:Utama: 50MP (f1.8)Depth: 2MP (f2.4)Macro: 2MP (f2.4)Kamera Depan: 13MP (f2.0)Perekam Video: Hingga 1080p @30fps
Jaringan5G
Jumlah SlotMicroSDXC (dedicated slot)Slot Micro SD hingga 1TB
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi DirectBluetooth® 5.2, A2DP, LE
Baterai5.000 mAh15W Fast Charging
WarnaDark Red, Black, Silver
Sistem OperasiAndroid 13, One UI Core 5.0
USBType-C 2.0
Fitur LainnyaSide Fingerprint Scanner, 3,5 Pi Earphone Jack, Dolby Atmos