Review Samsung Galaxy A12: HP Andalan di Segmen 2 Jutaan

review1st.com – Agresif. Mungkin itu kata-kata yang tepat buat menegaskan pergerakan Samsung di segmen menengah bawah. Unit review Samsung Galaxy A12 menjadi bukti bahwa sang vendor ingin terus memberondong pasar dengan amunisi baru.

Samsung Galaxy A12 merupakan penerus Galaxy A11 yang dirilis pertengahan tahun lalu. Model baru ini dipastikan akan membawa beberapa peningkatan di beberapa bidang terutama dari sisi prosesor, kamera dan desain.

Nah, karena kami sudah memegang unit review Samsung Galaxy A12, maka kita akan mengulas berbagai aspek perangkat ini mulai dari spesifikasi, harga hingga kelebihan dan kekurangan.

Review Samsung Galaxy A12

Review Samsung Galaxy A12

Banderol HP Samsung terbaru relatif sama dengan pendahulunya.Tapi kami rasa ada peningkatan performa yang disuguhkan. Selanjutnya, kita buka ulasan seperti biasa dengan mengintip paket penjualannya terlebih dahulu.

Untuk box-nya, bungkus kardusnya biasa saja masih mengadopsi warna dan konsep sama untuk seri menengah bawah. Putih polos dengan gambar perangkat di bagian cover.

Nah, dalam kotak penjualannya, terdapat satu unit Samsung A12, adaptor 15W, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu garansi. Sayang, kami tak menemukan headset atau jelly case dalam paket penjualannya. Lumayan sih buat memangkas biaya produksi.

Desain Infinity-V

Desain Infinity-V

Sektor depan unit review Galaxy A12 mengemas Infinity-V alias notch berbentuk V di bagian panel sentuh. Tepat di bagian tengah notch tersimpan kamera selfie. Area display cukup lebar meskipun memang bezelnya masih kelihatan relatif tebal.

Eksterior HP ini terbuat dari material plastik polikarbonat dengan sentuhan akhir bernuansa glossy. Bagusnya, permukaan tak mudah ditempeli noda atau bekas sidik jari mudah menempel di permukaannya.

Oh ya, Samsung A12 menawarkan desain pola baru yang terlihat cantik. Build quality terasa lebih baik dari generasi kelas menengah pendahulunya. Empat sensor kamera belakang tersusun dalam rumah berbentuk kotak.

harga hp samsung

Casing belakang Samsung Galaxy A12 terbuat dari wadah plastik dengan sentuhan akhir matte, yang memberikan kesesuaian tangan yang ekstra baik. Desainnya premium dan mewah serta pas dan enak dipegang.

Sensor sidik jari ada di tombol power yang letaknya ada di bagian sisi bodi kanan. Kemudian atribut fisik lain yang dibenamkan pada unit review Samsung Galaxy A12, antara lain tombol volume di sisi kanan.

desain a12

Kemudian ada SIM tray di sisi kiri. Kita bisa menyisipkan dua slot kartu SIM dan satu microSD. Selebihnya ada mikrofon sekunder, jack audio 3,5mm, port USB Type-C, mikrofon utama, dan speaker.

Layar PLS

display samsung a12

HP Samsung harga 2 jutaan ini mengadopsi layar besar HD+ 6,5 inci + PLS Infinity-V, dan desain yang sleek. Layarnya cukup luas buat mengakomodasi penggemar streaming serial TV favorit atau mabar game seperti Mobile Legend atau PUBG.

Pemakaian teknologi layar PLS menjadi catatan buat fans Samsung yang selalu punya ekspektasi tinggi. Ada sebagian yang berharap Super AMOLED. Padahal panel display ini cukup nyaman di mata kok.

Mungkin terkendala hanya pada kondisi outdoor siang hari, gambar kurang tegas.
Tapi pemakaian panel seperti ini ada keuntungannya lho, biaya produksi bisa dipangkas. Jadi kalian bisa memboyong smartphone ini dengan harga lebih terjangkau.

Respon terhadap sentuhan memang tak istimewa. Tapi menggulirkan antarmuka ke kiri kanan, atas bawah, masih terasa smooth dan transisi antar menu tetap halus. Experience visualnya juga tak mengecewakan.

Chipset Mediatek Helio P35

Chipset Mediatek Helio P35

Samsung Galaxy A12 diperkuat dengan prosesor Octa-core Mediatek Helio P35. Di Galaxy A11, vendor memakai Snapdragon 450. Jadi ada transisi pada elemen chipset dari Qualcomm ke Mediatek.

Sektor dapur pacu dan mesin penunjang kinerja disuplai prosesor Octa-core dengan clockspeed 2.3Ghz + 1.8Ghz. Bisa dibilang cukup ngebut dan mampu menangani aktivitas multi tasking dengan baik.

Dipakai nge-game kasual pun tak masalah, mulai dari Mobile Legends hingga yang agak lumayan seperti PUBG Mobile. Tapi untuk menjaga kualitas permainan, tentu setting grafis game seperti PUBG wajib diturunkan ke setting yang ringan.

Unit review Samsung A12 ini sudah dilengkapi dengan RAM 4GB dan pilihan dua varian penyimpanan: 64GB atau 128GB. Kebetulan kami menguji varian 64GB. Selain itu, tersedia slot kartu memori microSD untuk menambah memori dengan maksimal 1TB.

Android 10 (One UI Core v 2.5)

Harga Samsung Galaxy A12

Masuk ke area sistem operasi dan antarmuka, Galaxy A12 mengadopsi platform Android 10 yang dikombinasi dengan One UI Core v 2.5. Embel-embiel core ini membuat berbeda dari One UI yang dibenamkan di seri atas. Fiturnya lebih basic dan ada beberapa yang dipangkas.

Berbeda dengan One UI pada varian atas seperti Galaxy A71 yang memakai One UI, kita tak akan mendapatkan fasilitas seperti Bixby, Link to Windows, Secure Folder. Mirip dengan Galaxy M51 yang pernah kami tes.

Tapi animasi antarmukanya mirip kok dengan ikon berukuran besar. Intinya sih, dirancang lebih baik untuk pengalaman Android yang lebih efisien dan lebih familiar buat kalangan muda.

Quad Camera 48MP

Quad Camera 48MP galaxy a12

Buat menyokong sektor imaging seperti fotografi dan videografi, unit review Galaxy A12 ini mengandalkan Quad Kamera dengan sensor utamanya memiliki resolusi 48 megapiksel 1/1.7” 0.8um F2.0.

Kemudian terdapat lensa Ultrawide 5MP F2,2 yang bisa menangkap gambar hingga 123 derajat. Ditambah lagi dengan dukungan lensa live focus 2MP F2,4 untuk mendukung foto bokeh.

Dan sebagai pelengkap, kamera utama Samsung Galaxy A12 juga dilengkapi dengan lensa Macro 2MP F2,4 untuk kamu yang senang mengambil konten objek yang kecil dan detail.

Kamera utamanya bisa memotret dalam keadaan terang/redup dengan warna yang tajam dan tidak grainy. HP Samsung ini juga hadir dengan kamera depan 8MP yang dilengkapi dengan teknologi Selfie Focus dan Smart Beauty.

Fiturnya dilengkapi mode kamera Pro dengan penyesuaian ISO, shutter speed, fokus manual, white balance, dan exposure compensation. Dan tentu saja fitur standar seperti macro, bokeh hingga mode malam.

Kamera smartphone ini bisa merekam video dari resolusi 720p, 1080p, hingga 4Kpada frame rate 30fps. Juga bisa merekam slow-mo dan super slow-mo dengan hasil terbatas pada resolusi 720p.

Berikut hasil fotonya:

hasil foto a12 1
hasil foto a12 2
hasil foto a12 3
hasil foto a12 4
hasil foto a12 5
hasil foto a12 6
hasil foto a12 7
hasil foto a12 8

Baterai 5000 mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

Aspek ini sudah jadi standar smartphone Samsung yang rilis belakangan. Vendor membenamkan kapasitas 5000mAh. Setidaknya, cukup bisa diandalkan untuk menjaga perangkat bertahan sepanjang hari.

Baterai internal 5.000 mAh cukup kuat untuk melewati dua hari penuh tanpa harus menghubungkan perangkat ke pengisi daya untuk sementara waktu.

Lowbatt pun bukan masalah karena Galaxy A12 juga dilengkapi dengan dukungan Fast Charging 15W yang bisa mengecas dalam waktu sekitar dua jam. Lebih jauh, kabel data yang menyisip di paket penjualan sudah menggunakan USB Type-C.

Harga Samsung Galaxy A12

Unit review Galaxy A12 menjadi produk yang punya daya saing kuat di segmen harga menengah bawah. Sepertinya memang dirakit buat mengakomodasi para fans yang butuh seri terjangkau dengan spesifikasi lengkap.

Harga Samsung Galaxy A12 dibanderol Rp 2,5 juta (4 GB/128 GB) dan Rp 2,8 juta (6 GB/128 GB). Ia akan tersedia dalam tiga warna: hitam, putih dan biru.

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy A12

Sebagai kesimpulan, kami akan mengungkap beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A12. Sebagai smartphone menengah bawah, seri ini harus diakui memiliki kelengkapan cukup memadai.

Kelebihan Samsung A12 yang paling menonjol menurut kami dari desain. Eksteriornya terlihat lebih menarik dari segi desain maupun build quality ketimbang seri Samsung menengah bawah generasi sebelumnya.

Dukungan quad camera juga jadi elemen lebih pada smartphone ini. Bisa bersaing dengan kompetitor soal kualitas. Selain itu fitur yang disuguhkan cukup lengkap.

Sementara chipsetnya ada di posisi 50:50, pemakaian Mediatek bisa menekan biaya produksi, performa cukup bagus. Tapi tentu saja bukan rahasia jika fans lebih berharap chipset Qualcomm.

Lanjut membahas kekurangan Galaxy A12, ternyata smartphone ini tak memakai panel sentuh Super AMOLED. Hanya mengandalkan display berbasis PLS, jadi jangan berharap lebih di sektor tampilan.

Sejumlah kompromi juga terjadi dengan pemakaian antarmuka versi ‘Core’. Juga kamera selfie yang hanya punya resolusi 8MP.

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

JARINGAN

TeknologiGSM / HSPA / LTE
2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM only)
3GHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4GLTE (unspecified)
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps

UMUM

Diumumkan2020, November 24
StatusComing soon. Exp. release 2021, January
Dimensi164 x 75.8 x 8.9 mm (6.46 x 2.98 x 0.35 in)
Berat205 g (7.23 oz)
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

LAYAR

TipeTFT
Ukuran6.5 inches, 103.7 cm2 (~83.4% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~264 ppi density)

PLATFORM

OSAndroid 10
CPUOcta-core (2.3 GHz, 1.8 GHz)

MEMORI

Slot KartumicroSDXC
Internal32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM

KAMERA SAMSUNG GALAXY A12

Utama48 MP, f/2.0, (wide), AF
5 MP, f/2.2, 115? (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, panorama, HDR
Video1080p@30fps
Depan8 MP, f/2.2

KONEKTIVITAS

WLANYes
BluetoothYes
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCNo
RadioUnspecified
USBUSB Type-C 2.0

FITUR

SensorFingerprint (side-mounted); unspecified sensors

BATERAI SAMSUNG GALAXY A12

DetailLi-Po 5000 mAh, non-removable

LAIN-LAIN

WarnaBlack, White, Blue, Red