Home Berita Review Redmi 13C: HP Sejutaan Dengan Kamera 50MP

Review Redmi 13C: HP Sejutaan Dengan Kamera 50MP

review redmi 13c kelebihan kekurangan harga dan spesifikasi

review1st.com – Xiaomi baru-baru ini memperkenalkan smartphone Redmi 13C ke pasar Indonesia, ponsel jagoan baru yang telah ditargetkan untuk segmen entry level. Seri ini sudah mendarat di meja redaksi dan kami akan mengulasnya untuk Anda.

Dalam review ini, kita akan membahas sejumlah aspek, mulai dari desain, performa, kamera, hingga harga yang ditawarkan oleh Xiaomi untuk ponsel yang telah dirilis pada bulan November 2023 lalu.

Simak review Redmi 13C kami berikut.

review xiaomi redmi 13c

Review Redmi 13C

Jika dilihat secara keseluruhan, seri ini berusaha menyodorkan paket lengkap berupa sebuah smartphone entry level sengan optimalisasi di semua aspek utama untuk kelasnya.

Xiaomi membenamkan dapur pacu, kamera, memori hingga baterai dengan kapasitas yang memadai. Bikin penasaran kan? Tapi sebelum mengikuti ulasan lengkap kami, kita bongkar dulu yuk paket penjualannya.

Dalam dusnya, Xiaomi membenamkan satu buah smartphone, kartu garansi dan buku panduan, charger dan kabel micro-USB. Tak ada protective case dan plastik pelindung layar.

unboxing redmi 13c

Rancangan Bodi & Display

Redmi 13C hadir dengan bodi berbahan polikarbonat yang menawarkan durabilitas yang cukup baik. Material bodi seperti ini tergolong wajar untuk ponsel entry level, namun Xiaomi membungkusnya dengan coating berkualitas.

Xiaomi 13C tersedia dalam tiga pilihan warna yakni yaitu Glacier White, Clover Green, dan Midnight Black. Secara garis besar, HP ini memiliki finishing yang kokoh dan solid.

spesifikasi redmi 13c

Desainnya memang tak bisa dibilang istimewa atau premium, tapi pola warna yang diusungnya membuatnya jadi kelihatan atraktif. Ukurannya agak bongsor tapi masih nyaman saat dipegang.

Redmi 13C menampilkan layar IPS LCD berukuran 6,74 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) dan refresh rate 90Hz.

Salah satu yang menurut kami menarik ialah bahwa ponsel ini telah mendapatkan sertifikasi TÜV Low Blue Light/Flicker Free yang artinya bahwa ia sangat efektif mengurangi tingkat paparan cahaya biru yang dapat menyebabkan kelelahan mata dan mengganggu kualitas tidur.

Ketika digunakan untuk aktivitas di luar ruangan, visual dari layar ini masih terlihat jelas. Hal ini menarik mengingat tingkat pencahayaan maksimal layar smartphone ini hanya mencapai 600 nits.

harga redmi 13c

Performa

Ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G85 yang handal, smartphone ini menawarkan pilihan RAM 6GB atau 8GB. Kebetulan kami memegang unit review Redmi 13C dengan kapasitas RAM 8GB. Lumayan, buat yang doyan menyimpan banyak aplikasi.

Tidak hanya itu, untuk pengguna yang memiliki kebutuhan penyimpanan file berukuran besar, Redmi 13C menyediakan varian dengan kapasitas internal mencapai 128GB atau 256GB yang dapat diperluas hingga 1TB menggunakan kartu microSD.

Untuk pengoperasian, HP Xiaomi terbaru ini telah dijejali dengan sistem operasi Android 13 yang dihiasi dengan antarmuka MIUI 14.

spesifikasi redmi 13c

Xiaomi menonjolkan komitmennya terhadap pengguna dengan menawarkan dua kali pembaruan sistem Android dan pembaruan keamanan selama 3 tahun. Keamanan perangkat semakin ditingkatkan dengan kehadiran sensor fingerprint dan fitur NFC yang semakin populer.

Performa gaming Redmi 13C menjadi salah satu fokus utama yang patut dicermati. Dalam uji coba menggunakan game populer seperti Mobile Legends dan aplikasi PCMark, ponsel ini mampu memberikan pengalaman gaming yang memuaskan.

Dengan settingan grafis High dan frame rate High pada Mobile Legends, Redmi 13C menunjukkan kemampuan untuk menjalankan game dengan lancar tanpa adanya lag berlebih atau ghost touch.

Selain itu, pengujian benchmark juga menunjukkan hasil yang mengesankan, dengan skor mencapai 277.042 di Antutu. Sementara pengujian Geekbench mencatatkan skor 362 single score dan 1168 multi core.

benchmark redmi 13c

Skor ini dapat dianggap cukup baik mengingat ini merupakan HP kelas entry level. Secara langsung menegaskan bahwa Redmi 13C mampu memberikan performa yang handal walaupun ponsel ini berada dalam rentang harga ponsel 1 jutaan.

Tidak hanya memanjakan pengguna dengan performa gaming yang baik namun perangkat ini juga menonjol dalam keberagaman penggunaan sehari-hari.

Kamera Redmi 13C

kamera redmi 13c

Redmi 13C telah menawarkan konfigurasi tiga kamera belakang. Lensa utamanya memiliki resolusi tinggi sebesar 50MP, dilengkapi dengan lensa makro 2MP dan lensa auxiliary 0,08MP.

Kombinasi ini memungkinkan ponsel untuk menghasilkan foto dengan detail yang luar biasa, sementara kemampuan merekam video mencapai 1080p@30fps.

Dalam pengujian, kami menemukan bahwa Redmi 13C memiliki kemampuan pemrosesan gambar yang sangat cepat. Setelah menekan tombol shutter, hanya dalam sepersekian detik, hasil foto sudah muncul di layar smartphone.

Kecepatan penguncian fokusnya juga luar biasa, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengabadikan momen di sekitarnya, terutama di jalanan yang sering kali membutuhkan respons cepat.

Kualitas foto yang dihasilkan cukup memuaskan, terutama dengan adanya beragam filter yang disediakan oleh Xiaomi.

Ini tidak hanya menambahkan kreativitas dalam pemotretan, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan gaya foto sesuai preferensi masing-masing pengguna.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan bahwa dalam pengujian tidak ditemukan mode Pro pada kamera Redmi 13C ini.

Dengan kamera depan berkekuatan 8MP dan aperture f/2.0, Redmi 13C juga memberikan pengalaman selfie yang memuaskan.

Keseluruhan, kemampuan fotografi Redmi 13C mengesankan, memberikan nilai tambah bagi pengguna yang menginginkan kualitas gambar yang tinggi dan pengalaman pemotretan yang responsif.

Hasil Kamera:

Kapasitas Baterai

Bagi kalian yang sering melakukan aktivitas di luar rumah atau jauh dari sumber listrik dipastikan bakal nyaman menggunakan ponsel ini lantaran ponsel ini telah ditenagai dengan kapasitas baterai yang sangat mumpuni yakni 5.000 mAh.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, kamu tidak harus khawatir baterainya menjadi cepat habis selama ponsel ini menemani kamu beraktivitas.

Dari percobaan kami, dukungan prosesor yang lebih irit daya serta optimalisasi baterai membuat HP ini bisa bertahan lebih lama saat dipakai. Redmi 13C sanggup bertahan seharian penuh dalam pemakaian normal beragam aplikasi dengan penggunaan internet wajar.

Terlebih bahwa ponsel ini juga telah mendukung pengisian cepat 18W melalui USB Type-C 2.0. Dari pengujian menggunakan PCMark, smartphone ini mampu bertahan hingga 15 jam 25 menit.

Harga Redmi 13C

Redmi 13C merupakan salah satu ponsel yang memiliki harga sangat terjangkau, diperkenalkan dalam dua varian yaitu 6GB+128GB dan 8GB+256GB yang dibanderol dengan harga masing-masing Rp1,499 juta dan Rp1,799 juta, kami melihat bahwa dengan spesifikasi yang ditawarkannya untuk harga ponsel ini sangatlah masuk akal.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan utama dari ponsel Redmi 13C ini terletak pada performa kamera yang cukup powerful di kelasnya dan kapasitas baterai besar menjadi nilai tambah dari kemampuan ponsel ini.

Sedangkan untuk kekurangannya, HP ini tidak memiliki mode Pro pada kamera dan layarnya masih berkualitas HD+ sehingga mungkin bisa menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi sebagian pengguna yang memang mengutamakan hal tersebut.

Namun mengingat harga dan aspek lain yang sangat menonjol, ponsel ini mungkin masih merupakan pilihan yang wajar untuk mereka yang mencari produk dengan harga yang sangat terjangkau.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9C:

  • Berat: 196 grams
  • Dimensi: 68 x 78 x 8.1 mm (6.61 x 3.07 x 0.32 in)
  • Display: IPS 6.74 inches, 109.7 cm2 (~83.7% screen-to-body ratio)
  • Resolusi: 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~260 ppi density)
  • CPU: Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 256GB 8GB RAM eMMC 5.1
  • Memori eksternal: microSD up to 1TB
  • Kamera: 50 MP, f/1.8, 28mm (wide), PDAF 2 MP, f/2.4, (macro) 0.08 MP (auxiliary lens)
  • Kamera selfie: 8MP
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, 3G, 4G, Bluetooth 5.0, GPS, GLONAS, GALILEO, BDS
  • OS: Android 13 (MIUI 14)
  • Port: USB Type-C
  • Baterai: 5.000mAh