review1st.comPOCO M Series kembali menjawab permintaan kalangan anak muda dengan merilis generasi barunya. Adalah POCO M6 yang membawa banyak peningkatan dibanding pendahulunya.

Untuk mengetahui kemampuannya, di meja redaksi sudah ada unit review POCO M6 yang akan kita ulas secara lengkap.

Apakah POCO M6 mampu menjadi HP entry level favorit bagi kalangan pelajar dan anak muda? HP low budget yang bisa memberikan value terbaik di berbagai aspek.

Review POCO M6

Sudah bukan rahasia jika ekspektasi anak muda semakin meningkat. Dimana mereka menginginkan smartphone
dengan performa, fitur, dan style yang lebih baik, namun tetap low budget.

POCO M6 mencoba menjadi jawaban. Seri terbaru ini hadir dengan performa, fitur, dan gaya yang lebih baik dari POCO M5, namun tetap ramah di kantong.

Sebelum melanjutkan bahasan lebih dalam mengenai berbagai aspek penting, kira bongkar terlebih dahulu isi dalam paket penjualannya.

Dalam dusnya, kami menemukan unit HP, kartu garansi, kabel data type-C, adaptor 33W dan soft case.

Kamera POCO M6

Ulasan utama kami mulai dari kamera yang diusung POCO M6. nTak tanggung-tanggung, perangkat ini memboyong kamera utama resolusi 108MP, tertinggi di seri M.

Menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67″ dengan teknologi penggabungan piksel 9-in-1. Sementara lensa sekundernya membawa resolusi 2MP, ideal untuk fotografi jarak dekat.

Saat dijajal, sensor utamanya mampu memberikan keunggulan dalam kondisi minim cahaya. menghasilkan foto malam hari yang jernih dan foto HDR dengan kontras yang baik.

Bahkan, terdapat zoom in-sensor 3x yang tetap mampu memberikan detail gambar yang baik, saat perbesaran obyek.

Kami juga menemukan beberapa fitur kreatif seperti filter vintage Film Camera untuk nuansa klasik. Pratinjau langsung dan bingkai foto unik untuk menambah sentuhan personal.

BACA JUGA
Debut POCO F6: Chipset Snapdragon 8s Gen 3 Membawa Performa AI Ekstrem Secara Global

Tak ketinggalan, POCO M6 juga menyematkan kamera depan yang ditingkatkan dengan resolusi 13MP yang telah ditingkatkan.

Hanya saja kemampuan perekaman video terbatas pada 1080p di 30fps. Namun hasilnya bisa diandalkan kok, tenang saja.

Mode 108MP
Mode Malam
Mode Malam 3x Zoom
Mode Macro
Mode Portrait

Performa POCO M6

Untuk menggenjot kemampuan perangkat ini, POCO membenamkan chipset MediaTek Helio G91-Ultra yang dirancang untuk memberikan performa tinggi dan efisiensi energi.

Didukung dengan RAM 8GB yang dapat diperluas hingga 16GB menggunakan teknologi memory extension.

POCO M6 menawarkan performa yang kuat dan efisien dengan chipset ini. Game berat seperti PUBG setting medium mampu ditangani dengan baik tanpa gangguan.

Sementara game seperti Free Fire, Mobile Legends langsung dilahap tanpa kendala. Aktivitas multi tasking, streaming hingga produktivitas terasa lancar.

Tak hanya itu, unit review POCO M6 yang kami uji mengantongi penyimpanan internal 256GB yang dapat diperluas hingga 1TB dengan slot microSD.

Untuk menyempurnakan kinerja perangkat, HP POCO ini menggunakan Xiaomi HyperOS yang terbaru. Memberikan antarmuka yang segar dan modern serta sistem notifikasi dan widget yang lebih baik.

Rancangan Bodi

Desain dari perangkat ini menurut kami cukup clean tapi stylish. Kami kebetulan memegang unit review POCO M6 berwarna hitan. Seri ini tersedia dalam tiga pilihan warna—Black, Purple, dan Silver.

Rancangan bodinya mengutamakan estetika dan kenyamanan, dengan material premium dan perlindungan tambahan terbaik di kelasnya.

HP ini memiliki desain dengan bahan belakang kaca yang memberikan tampilan elegan dan kesan mewah saat disentuh.

Meskipun hanya setebal 8.3mm, POCO M6 terasa kokoh di tangan dengan berat 205g, menjadikannya nyaman untuk digunakan.

BACA JUGA
Menguji Performa dan Kecanggihan IONIQ 5 N di Berbagai Lintasan Balap

Oh ya, smartphone ini ternyata dilengkapi dengan sertifikasi IP53. Ini membuat POCO M6 tahan terhadap percikan air dan tumpahan yang tidak disengaja, memastikan perlindungan dalam berbagai kondisi cuaca.

Display

Untuk sektor layar, POCO M6 menghadirkan display FHD+ 6,79 inci yang dilengkapi teknologi AdaptiveSync 90Hz .

Jadi HP ini bisa menyesuaikan refresh rate sesuai situasi untuk performa mulus dan responsif tanpa mengorbankan stabilitas dan efisiensi baterai.

Layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass, dengan sertifikasi TÜV Rheinland untuk Low Blue Light, Flicker Free, dan Circadian Friendly, memastikan kenyamanan mata.

Seri ini memiliki rasio aspek 20.5:9 yang lebih panjang, cocok untuk menonton video dan penggunaan sehari-hari. Ditambah kecerahan layar mencapai 450 nits (typical) dan 550 nits (HBM).

Juga mendukung kedalaman warna 8-bit dengan 16.7 juta warna dan gamut warna 70% NTSC, memberikan visual yang cerah dan berwarna.

Baterai

Sebagai sumber daya, unit review POCO M6 menyiapkan baterai berkapasitas 5030mAh. Di atas kertas, baterainya bisa memberikan hingga 23 jam waktu bicara atau 28 jam pemutaran musik.

Untuk pemakaian sehari-hari, smartphone ini mampu bertahan seharian tanpa perlu mengecas ulang. Namun jika digenjot game berat atau streaming terus menerus baterai menyusut lebih cepat.

Oh ya, jangan lupa jika POCO M6 juga sudah mendukung pengisian cepat 33W, mampu mengisi penuh dalam waktu sekitar 62 menit.

Fitur Tambahan

POCO M6 menghadirkan beberapa fitur pelengkap yang bisa diandalkan. Memiliki jack headphone 3.5mm dan sensor sidik jari yang terletak di samping untuk akses yang lebih mudah.

Lebih jauh, terdapat pula IR blaster yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti remote kontrol.

BACA JUGA
POCO Gelar Fearless Launch pada 4 Juli 2024: Siap-siap untuk Gebrakan Smartphone Terbaru!

Kelebihan dan Kekurangan POCO M6

POCO M6 membawa banyak kelebihan menarik di kelas entry level. Mulai dari kamera uutama 108MP dengan teknologi canggih.

Kemudian ada juga aterai berkapasitas 5030mAh dengan pengisian cepat 33W, memungkinkan pengisian penuh dalam waktu cepat.

Layarnya pun besar dengan perlindungan dan sertifikasi yang menjanjikan. Tak ketinggalan performa tinggi berkat chipset MediaTek Helio G91-Ultra dan RAM besar.

Minor di perangkat ini mungkin pada kamera yang tak menyisipkan sensor ultra wide. Material kacanya mungkin terlihat stylish tapi kita harus hati-hati menjaganya.

Overall POCO M6 memberikan kombinasi performa tinggi, fitur kamera profesional, dan desain stylish yang cukup menjanjikan untuk berkompetisi.

Harga POCO M6 4G di Indonesia

POCO M6 4G tersedia dalam pilihan warna Black, Purple, dan Silver. Ponsel ini sudah menjalankan Xiaomi HyperOS berbasis Android 14.

POCO M6 4G sudah dapat dipesan mulai Kamis, 3 Juli 2024 pukul 13.00 WIB lewat channel online POCO di Mi.com, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Lazada. POCO M6 4G dengan konfigurasi 8/256GB dijual dengan harga MSRP Rp 2.099.000 dan harga perkenalan Rp 1.999.000.

Spesifikasi POCO M6:

  • Performa: MediaTek Helio G91-Ultra, 8GB RAM + 256GB storage, up to 1TB expandable storage, Xiaomi HyperOS 6
  • Layar: 6.79-inch FHD+ (2460×1080), 90Hz AdaptiveSync, Corning® Gorilla® Glass
  • Kamera: 108MP main camera, 2MP macro camera, 13MP front camera
  • Baterai: 5030mAh, 33W fast charging
  • Desain: Stylish glass back, 168.6mm x 76.28mm x 8.3mm, 205g, IP53
  • Konektivitas: 2G, 3G, 4G bands, 3.5mm headphone jack, Fingerprint sensor
  • Dukungan Software: 2 kali major OS upgrade, 3 tahun security update
7.7Good
Desain
7.8
Display
7.5
Performa
8
Kamera
7.5
Baterai
8
Shares: