review1st.comOPPO Reno8 T adalah HP kelas menengah dengan peningkatan desain yang signifikan. OPPO merilis perangkat ini sebagai salah satu andalan di segmen menengah dengan kemampuan all around.

Jika dilihat sekilas, seri ini mengantongi kemampuan yang cukup mumpuni untuk memenuhi segmen menengah. Namun, OPPO memoles beberapa sektor penting sebagai daya tarik utama seperti kamera, baterai dan desain.  

Ingin mengetahui panjang lebar seputar perangkat ini? Simak review OPPO Reno8 T kami berikut ini.

Review OPPO Reno8 T

Review oppo reno8 t

Seperti biasa, sebelum mengulas panjang lebar mengenai HP terbaru OPPO ini, kami membongkar terlebih dahulu isi dari paket penjualannya. Apa aja sih yang ada di dalam box OPPO Reno8T?

  • OPPO Reno8 T
  • x1 Silicon cover
  • x1 Charger
  • x1 USB Type-C charger cable
  • Kartu garansi dan buku panduan
  • SIM ejector

Itu dia isi dalam paketnya. Sekarang kita masuk ke bagian-bagian penting yang layak disorot dari smartphone ini.

Desain & Display

Oppo reno8 t

Pada bagian desain, OPPO Reno8 T merupakan generasi HP yang masih mengikuti desain klasik dari seri Reno sebelumnya. Mengandalkan tekstur kulit premium dan dibuat menggunakan desain Fiberglass-Leather.

Desain Fiberglass-Leather pada penutup belakangnya dirancang menggunakan teknik baru sehingga dapat menghilangkan tampilan pinggiran plastik. Penutup belakang OPPO Reno8 T pun menjadi lebih ringan dan lebih tipis dibandingkan dengan penutup belakang yang terbuat dari kulit pada umumnya.

BACA JUGA
OPPO A60: Smartphone Unggulan dengan Ketahanan Tinggi, Layar Cerah, dan Performa Terbaik

Tampilannya terinspirasi dari barang-barang kulit mewah dengan pola bertekstur seperti jahitan kulit dari penggunaan teknik embossing yang pertama kali diterapkan pada Reno8 T.

Soal warna, seri ini mengusung opsi warna Sunset Orange dan Midnight Black. Seri ini juga dirancang dengan desain OPPO Glow yang memberikan nuansa hitam mengkilap dan sehalus sutra.

Cincin reflektif pada kamera semakin menjadikan perangkat ini lebih berkilau menyerupai bintang yang berkelap-kelip di luar angkasa.Selain itu, Orbit Light alias lampu pada kamera belakang, kini dapat menampilkan cahaya dengan warna berbeda saat perangkat memunculkan notification.

Tak banyak yang bisa dibahas soal display. Reno8 T mengusung layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD+. Seri ini hanya membawa refresh rate 90Hz dengan touch sampling rate maksimum 180Hz.

Rasio layarnya sendiri mencapai 90.8% yang menandakan bahwa bezelnya tak terlalu tipis juga tak terlalu besar. Didukung dengan 16,7 juta warna dengan kerapatan piksel 409 ppi.

Kamera

Oppo

OPPO Reno8 T adalah HP dengan dukungan Kamera Potret 100MP, Kamera Selfie 32MP, dan Lensa Mikro 2MP dengan pembesaran 20x atau 40x.

Kamera Potret 100MP ini memberikan kesempatan pengguanya untuk potret berkualitas tinggi dengan lebih jelas dan detail sempurna serta menggunakan berbagai fitur untuk crop atau mengedit foto dengan kreatif.

Sementara Microlens Reno8 T juga memiliki fitur pembesaran 40 kali sehingga mampu menangkap berbagai detail objek yang biasanya tidak kasat mata. Dengan harga jual saat ini, Reno8 T bisa dikatakan memiliki kamera dengan kemampuan fotografi makro yang sangat mumpuni.

BACA JUGA
Kolaborasi Spesial UniPin, Bstation, dan Motion IME Meriahkan AFA ID 2024

Soal fiturnya, kameranya dilengkapi fasilitas seperti AI Portrait Super Resolution, Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Portrait Retouching, dan Flash Snapshot.

Buat rekam video, kamera belakangnya sudah dilengkapi EIS yang mendukung perekaman 1080P/720P@30fps serta video slow-mo 720P@120fps. Sementara buat support Ultra Steady Video, OPPO Reno8 T disokong EIS, 1080P/720P@30fps.

Hasil Kamera:

HP OPPO

Performa & Baterai

Mengusung Mediatek Helio G99, unit review OPPO Reno8 T sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. Dirancang menggunakan inti octa core dengan clockspeed hingga 2.2GHz serta dibenami GPU ARM Mali-G57 MC2 @ 1.0GHz

Untuk perfomanya masih aman buat aktivitas normal seperti telepon, chat, browsing dan nonton film.Tapi buat para gamers, kalian harus pintar-pintar mengatur setting grafis terutama game-game berat seperti PUBG.

Jika ingin berjalan dengan baik, lebih baik pengaturan disetting pada kondisi ‘aman’ atau medium. Untuk game ringan dan standar perfomanya masih oke.

Lebih jauh, unit review OPPO Reno8 T mengantongi RAM 8GB dengan dua pilihan penyimpanan 256GB HP OPPO ini juga mendukung RAM virtual hingga 8GB yang bisa dikelola menggunakan fitur RAM Expansion.

Seri ini juga disempurnakan dengan ColorOS 13 terbaru. Antarmuka ini bisa memberikan pengalaman sistem operasi Android terkini. menghadirkan pengalaman Android yang ringkas, nyaman, dan aman. Pengguna sekarang dapat menggunakan Spotify melalui fitur Always-On Display.

Dengan baterai 5000mAh berkapasitas tinggi dan teknologi pengisian daya SUPERVOOCTM 33W, Reno8 T dapat mencapai kapasitas baterai 100% hanya dalam 67 menit.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 T

Dengan harga di kisaran 4 jutaan, OPPO Reno8 T 5G adalah HP kelas menengah all around yang cukup mumpuni. Sebagai daily driver seri ini sudah memenuhi beberapa kriteria seperti kamera bagus serta dukungan baterai besar

BACA JUGA
15 HP NFC Murah Terbaik Mei 2024

Hanya saja, di sektor performa kalian tak bisa banyak berharap dari dapur pacunya. Untuk pemakaian standar kinerjanya masih memuaskan, namun untuk digenjot buat gaming kalian harus sedikit berkompromi.

Harga OPPO Reno8 T

OPPO Reno8 T telah resmi dijual dengan harga Rp4.899.000 yang dapat dipesan mulai 7-13 Februari 2023. Perangkat Reno8 T dapat dipesan di seluruh OPPO Store, partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia, dan e-commerce terkemuka seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, TikTok Shop, Akulaku, Bukalapak.

Shares: