Home Berita Review vivo Y27: HP Serba Bisa di Harga 2 Jutaan 

Review vivo Y27: HP Serba Bisa di Harga 2 Jutaan 

review1st.com – Buat kalian yang tengah berburu smartphone 2 jutaan, vivo baru saja merilis amunisi baru mereka di segmen menengah bawah yaitu, vivo Y27. Nah, kebetulan perangkat ini sudah ada di meja redaksi untuk kami review. 

Untuk mengakomodasi kebutuhan di segmen ini, vivo memperkuat beberapa sektor penting dalam vivo Y27. Antara lain desain, kamera, baterai dan dapur pacu. Ini menjadikannya sebagai salah satu perangkat daily driver all around untuk berbagai keperluan. 

Penasaran seperti apa kemampuan perangkat ini? Yuk Simak review lengkap vivo Y27 kami beserta kelebihan dan kekurangannya.

Review vivo Y27

Sebelum mulai panjang lebar, seperti biasa kami akan membongkar isi dalam paket penjualan HP dengan tagline Gaya Sultan Performa Jagoan ini. Pasalnya, informasi soal kelengkapan ini kerap dibutuhkan pembeli. 

Oke, sekarang kita intip satu per satu isi dalam box-nya, penawaran apa saja yang diberikan vivo untuk pembeli vivo Y27. Pertama tentu saja kami menemukan unit smartphone-nya. Kemudian ada casing pelindung bening. 

Saat ditelusuri lebih dalam, kami menemukan kartu perdana Telkomsel.  Selanjutnya kami mendapati SIM ejector, buku panduan dan kartu garansi. 

Oh ya, ternyata vivo menyisipkan juga kepala charger Flash Charge dengan output 44W. Salah satu value terbaik yang kami temukan dalam paket penjualan. Terakhir kami mengeluarkan kabel data USB Type-C.

Itu dia kelengkapan yang ada dalam box perangkat ini. Sekarang kita ulas secara lengkap aspek penting vivo Y27 yang sudah kami pecah dalam beberapa bagian. 

Performa

Review hp vivo

Untuk performanya, vivo Y27 mempersenjatai diri dengan dapur pacu besutan Mediatek yaitu Helio G85. Memang prosesor ini bukan yang paling gahar, tapi untuk kelas menengah bawah tetap bisa diandalkan. 

Chipset ini sudah melewati proses fabrikasi 12 nm dengan TDP atau Thermal Design Power sebesar 5W yang membuatnya irit daya. Sedangkan untuk membantu kinerjanya, dapur pacu ini mengandalkan prosesor octa-core. 

Delapan prosesornya terdiri dari dua core Cortex A75 dengan frekuensi 2 GHz untuk performa dan enam core Cortex A55 dengan frekuensi 1,8 GHz untuk efisiensi daya.

Sedangkan untuk pengolah grafisnya, GPU yang digunakan adalah Mali G52 MC2. Game-game basic populer seperti Free Fire atau Mobile Legends masih kuat dilahap tanpa lag. 

Bicara soal benchmark, Helio G85 pada vivo Y27 mampu mencatatkan skor AnTuTu v9 hingga 275.833 Sementara pengujian menggunakan GeekBench 5, skor yang berhasil dicapainya adalah 408 untuk single-core dan 1.228 untuk multi-core. Skor ini masih masuk titik aman untuk HP harga 2 jutaan.

Benchmark vivo y27

Kami mengujinya secara langsung dengan memainkan beberapa game seperti Mobile Legends dan Free Fire. Hasilnya, vivo Y27 ini mampu menjalankan game Mobile Legends dengan lancar dan mulus. Menggunakan setelan grafik High dengan fps High masih oke.

Tak hanya itu, smartphone ini masih relatif stabil jika kita memacunya untuk bermain game standar dengan durasi wajar, sekitar setengah jam hingga dua jam. 

Sebenarnya bukan hanya chipset, RAM juga berpengaruh dalam mendukung performa vivo Y27. Nah, di sektor ini vivo membenamkan RAM dengan memori 6GB. Asyiknya lagi kita bisa memperluasnya dengan memory booster hingga 6 GB. 

BACA JUGA
Logitech Merilis MX Brio: Webcam 4K Premium untuk Kinerja Kerja yang Optimal

Asal tahu saja, semakin membesarnya pemakaian RAM akan membuat kinerja HP juga melambat. Semakin banyak aplikasi terinstal dan digunakan akan mempengaruhi kinerja perangkat.

Kalau boleh kita sarankan, instal aplikasi yang benar-benar diperlukan. Atau misal, kalian bisa menghapus aplikasi yang tidak perlu jika sudah menumpuk. Sisa-sisa file aplikasi juga bisa membebani memori system.

Untuk menyimpan foto, video atau file-file, vivo Y27 menyediakan memori internal hingga 128GB. Lumayan besar sih menurut kami. Kalau masih kurang puas, kalian bisa memasang microSD. Ekspansi memori atau kapasitas penampungannya bisa mencapai 1 TB lho.

Rancangan Bodi

Kelebihan dan kekurangan vivo y27

Desain menjadi yang pertama kami ulas. Kesan pertama melihat vivo Y27 ini adalah sebuah smartphone sentuh berdesain candybar dengan rancangan bodi yang cukup kekinian dengan flat frame. 

Unit review vivo Y27 yang kami pegang menampilkan konstruksi bodi menyiku tegas dengan sudut-sudut kotak tajam. Ini membuatnya terlihat elegan dan berani. Di pegangan tangan terasa enak dan pas karena dimensinya cukup ergonomis. 

Warna yang ditampilan perangkat ini terlihat atraktif. Seri yang kami pegang ini hadir dengan warna Sea Blue. Panel belakangnya bisa menampilkan efek cahaya biru dengan bias garis-garis membentuk jaring kotak saat tertimpa sinar matahari. 

Oh ya, sebenarnya tak hanya warna biru seperti yang kami pegang kali ini, vivo Y27 juga memiliki opsi warna lain yaitu Burgundy Black. Eksterior-nya terbuat dari material plastik polikarbonat dengan bahan solid. Tidak murahan dan kualitasnya cukup bagus. 

Panel belakangnya menyajikan desain kamera dengan konsep dua bulatan sensor besar. Tampilan seperti ini membuatnya jadi kelihatan kekinian sekaligus membedakannya dari pesaing. 

Tombol power dan volume ada di ruas kanan, SIM tray ada di bagian atas. Oh ya, slot kartu ini bisa menggunakan dua kartu operator sekaligus ditambah slot microSD. 

Harga dan spek vivo y27

Tombol power pada perangkat ini sekaligus bisa berfungsi sebagai sensor sidik jari. Saat dioperasikan untuk lock screen responnya cukup cepat dan presisi. 

Kami mengapresiasi keberadaan port audio 3,5mm di bagian bawah bodi yang ditemani lubang speaker mono dan port USB Type-C. Dengan port audio ini kita masih bisa menggunakan headset konvensional. 

Asal tahu saja, Sekarang mulai banyak HP yang menghilangkan port audio karena trend headset TWS dan earbuds. Padahal headset wireless berbasis Bluetooth ini cukup menyedot baterai lho.

Display

Vivo y27 display

Unit review vivo Y27 ini membenamkan resolusi layar 1388 × 1080 (FHD+) dengan refresh rate 60fps. Bagian depan bodinya mengandalkan konsep poni bergaya waterdrop untuk menempatkan kamera selfie.

Lebih jauh lagi, panel layar sentuh kapasitifnya ini mendukung Sunlight Display, dimana panel didukung tingkat kecerahan hingga 600nits. Ini membuat tampilan layar tetap optimal saat berada dalam kondisi outdoor khusus di bawah terik matahari. 

Tapi supaya tampilan gambar layar tetap terlihat jelas, kita wajib mengatur brightness ke setting maksimal. Overall, untuk HP harga 2 jutaan, panel display vivo Y27 masuk kategori yang cukup menjanjikan. 

Apalagi vivo juga sudah menyematkan sertifikasi IP54 pada perangkat ini. Sehingga seri kelas menengah bawah ini jadi aman dari debu dan percikan air. Terkena gerimis sedikit atau percikan masih aman.

BACA JUGA
Rayakan Bulan Ramadan dengan ZTE Nubia Series yang Stylish dan Inovatif

Kamera vivo Y27

Hasil kamera vivo y27

Sektor imaging yaitu aspek fotografi dan videografi di HP ini wajib kalian perhatikan juga. Biarpun ada di kelas entry, vivo Y27 sudah mengantongi kamera utama resolusi 50 MP. Kamera ini memiliki apertur f/1.8 dan didukung oleh autofocus PDAF.

Jika bicara teknis, resolusi yang ditawarkan unit review vivo Y27 sudah cukup besar. Setidaknya untuk foto-foto normal dengan mode otomatis hasilnya masih bisa diandalkan. Khususnya dalam kondisi outdoor di siang hari 

Meskipun masuk kategori entry level tapi gambar yang dihasilkan perangkat ini bisa menangkap detail dengan cukup baik. Pengolahan perangkat lunak untuk kameranya juga tak terlalu mengecewakan.

Nah, buat foto malam hari atau dalam kondisi gelap memang agak-agak tricky. Jika ingin hasilnya bagus kalian harus pintar-pintar memilih pencahayaan dan menghindari goncangan sebisa mungkin. Manfaatkan Night mode dan lampu kilat sesuai kondisi cahaya.

Beberapa hasil foto malamnya menurut kami masih cukup bisa diandalkan. Memang kemampuan menangkap detilnya tak sebaik saat siang hari atau pas cahaya melimpah. Tapi untuk kelas entry level masih bisa berkompetisi.

Sayangnya, buat yang suka foto-foto estetik pemandangan, HP ini tak dibekali lensa ultrawide. Kamera utamanya hanya ditemani sensor kedalaman atau depth 2 MP guna membantu mendapatkan foto bokeh.

Di bagian depan,  vivo Y27 menyiapkan kamera selfie dengan resolusi 8 MP dengan apertur f/2.0. Hasil kameranya termasuk lumayan meski memang resolusinya tak terlalu besar.

Sementara, untuk yang hobi videografi, output video dari vivo Y27 hanya menyediakan dua opsi yaitu resolusi HD dan Full HD. Menariknya, kamera depan dan belakangnya bisa merekam resolusi maksimal 1080p dengan 30fps.

Ada fitur stabilisasi yang ditanamkan buat rekam video. Sayangnya masih kurang maksimal untuk meredam goyangan.

Hasil video dalam kondisi cahaya bagus bisa dibilang cukup memuaskan. Saat malam hari atau kondisi minim cahaya, lagi-lagi kalian harus lebih cermat berburu area yang didukung pencahayaan bagus untuk hasil maksimal.

Hasil Kamera:

Hasil kamera
Hasil kamera 1
Hasil kamera 2
Hasil kamera 4
Hasil kamera 5
Kamera vivo

Baterai 

Baterai

Saat ini, daya tahan baterai menjadi salah satu hal yang cukup penting. Maka dari itu, vivo menyematkan baterai berkapasitas 5000 mAh supaya stamina perangkat menjadi lebih tangguh. 

Baterai adalah salah satu sektor yang menurut kami cukup menjanjikan di vivo Y27. Dengan dukungan kapasitas 5000mAh di atas kertas, durasi pemakaian standar cukup mumpuni.

Dalam pengujian yang dilakukan, vivo Y27 hanya menghabiskan baterai sekitar 6-7 persen dipakai menonton Youtube selama sejam. Untuk nge-game seperti Mobile Legends, baterai terkuras sekitar 9-10%.

Salah satu aspek lain yang kami soroti adalah teknologi pengisian daya yang disediakan HP ini. Biarpun seri entry level, vivo Y27 mengantongi fitur 44W FlashCharge Flash Charge hingga 44W. Ini sangat membantu mengatasi lamanya pengisian baterai dengan kapasitas jumbo.

vivo Y27 bisa mengisi daya hingga 30 persen dalam waktu kurang lebih 15 menit saja. Didukung juga dengan fitur Night Time Charging Protection yang bisa melindungi smartphone ketika ingin mengecas semalaman atau ditinggal tidur.

BACA JUGA
Bedah 4 Fitur Unik Kamera vivo V30 Series untuk Konten yang Lebih Ciamik

Fitur Lain

Sistem operasi hp

Tampilan ikon dan grafis antarmukanya nyaman dan memudahkan menurut kami. Transisi layar dan pengalaman pengoperasian cukup smooth dan minim bug. Seri ini juga didukung dengan face unlock guna melengkapi security perangkat. 

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y27

Seri ini mengusung beberapa kelebihan yang bisa diandalkan di segmen harganya. Salah satunya kemampuan kameranya yang bisa mewakili kebutuhan sektor fotografi berkat resolusinya yang besar. 

Modal lain yang membuatnya cukup powerful adalah sektor sumber daya. Unit review vivo Y27 dibenami dengan baterai berkapasitas 5000mAh serta Flash Charge 44W. Ini membuatnya jadi seri dengan durasi kuat tapi cepat saat diisi ulang. 

Seri ini juga memiliki nilai tambah dengan dukungan RAM besar dan memori internal jumbo. Selebihnya, kemampuan yang dibenamkan dalam perangkat ini relatif standar tapi masih bisa dibawa bersaing dengan rival sekelasnya. 

Kami juga mencermati minor yang kami temukan di perangkat ini, antara lain ketiadaan sensor ultrawide pada kameranya. 

Sebagai simpulan, vivo Y27 menurut kami masih bisa diandalkan di segmen harga 2 jutaan.  Ia menjadi HP all around yang memiliki kemampuan seimbang di semua sektor plus beberapa kelebihan menonjol.

Harga vivo Y27

vivo Y27 Series sudah dapat dibeli di website resmi vivo dan Shopee dengan harga Rp2.499.000 untuk vivo Y27 dan Rp2.999.000 untuk vivo Y27 5G. Pada setiap pembelian Y27, mulai tanggal 21 Juli hingga 30 September, konsumen akan mendapatkan kartu perdana PraBayar dari Telkomsel dengan penawaran paket BundlingMAX.

Paket BundlingMAX menawarkan benefit internet kuota hingga 21GB hanya dengan Rp 40.000 per bulan selama 12 bulan. Selain itu, Telkomsel juga memberikan penawaran untuk pelanggan lama Telkomsel dengan BundlingMAX 4G.

Khusus pelanggan Telkomsel (yang menggunakan MSISDN kartu lama dan terundang melalui program Migrasi 4G) berhak untuk mendapatkan benefit BundlingMAX 4G 16GB dengan harga Rp 10 per bulan selama 6 bulan.

Penawaran bundling ini dapat dinikmati melalui aplikasi MyTelkomsel atau melalui dial UMB *363*23# dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Spesifikasi vivo Y27:

  • Dimensi: 164.06mm x 76.17mm x 8.07mm
  • Berat: 190g
  • Material: 2.5D Plastik Kaca dengan Dynamic Design
  • Harga: Rp2.499.000
  • Prosesor: MediaTek Helio G85
  • RAM: 6GB + 6GB Extended RAM
  • ROM: 128GB (Memori Eksternal hingga 1TB)
  • Baterai: 5000 mAh, Pengisian Daya 44W FlashCharge
  • Warna: Sea Blue / Burgundy Black
  • Sistem Operasi: funtouch OS 13 (Based on Android 13)
  • Layar: LCD 6.64 inci, 1388 × 1080 (FHD+)
  • Kamera Depan: 8MP, f/2.0
  • Kamera Belakang: Belakang 50MP, aperture f/1.8 + 2MP, aperture; Fitur: Photo, Night, Portrait, Video, 50MP, Panorama, Live Photo, Slo-mo, Time-Lapse, Pro
  • Konektivitas: Wi-Fi 2.4 GHz / 5 GHz, Bluetooth 5.0, USB, Type-C, GPS, OTG, FM
  • SIM Slot: 1 nano SIM + 1 nano SIM + 1 micro SD (Dual SIM Dual Standby)
  • Lokasi: GPS, BEIDOU, GLONASS, GALILEO, QZSS
  • Sensor: Akselerometer, Sensor Cahaya Sekitar, Kompas Elektronik, Sensor Sidik Jari, Sensor Jarak
  • Audio: AAC, WAV, MP3, MP2, MP1, MIDI, Vorbis, APE, FLAC, OPUS
  • Video: AAC, WAV, M4A, MP3, MP2, MP1, MIDI, OGG, APE, FLAC; Format Rekaman Video: MP4