Home Berita Review iPhone 13 Pro

Review iPhone 13 Pro

review1st.com – Review iPhone 13 Pro agar tahu apa yang membuat iPhone menjadi begitu terkenal? Apakah karena logo Apple yang ikonik di bagian belakang? 

Atau kecakapan fotografi? kelancaran dan kecanggihan platform iOS? Nilai pamer premium mungkin? Tentu saja, jawaban yang lebih pendek dan sederhana adalah: semua hal di atas benar!

iPhone 13 Pro menawarkan banyak peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya, dan sebagian besar melibatkan aspek inti seperti kinerja, kamera, dan masa pakai baterai.

Desain

iPhone 13 Pro memiliki tampilan hampir persis seperti pendahulunya iPhone 12 Pro. Desainnya terlihat premium dan ikonik, dengan logo khas di bagian belakang.

Pengaturan tiga kamera yang ditempatkan dalam modul persegi di kiri atas, dengan desain kotak-kotak datar seperti pada seri iPhone 12.

Tombol dan penempatan port juga sama, seperti port Lightning di bagian bawah, speaker stereo, sakelar penggeser bisu, dll.

Ponsel ini juga diberi peringkat IP68, yang menjamin ponsel tahan debu dan mampu bertahan didalam air selama 30 menit didalam tekanan 1,5 meter.

Tampilan

Dengan layar OLED Super Retina XDR 6,1 inci, mendukung HDR10 dan Dolby Vision dengan kecerahan yang lebih baik dari iPhone 12.

Dijuluki ProMotion di Apple Speak, layar LTPO pada iPhone 13 Pro memiliki kecepatan refresh maksimum 120Hz dan dapat memvariasikannya antara 12 poin hingga 10Hz tergantung pada konten dan interaksi pengguna.

Ini pada dasarnya menghasilkan interaksi layar yang lebih halus, pengguliran bebas blur, dan animasi bebas bug. 

BACA JUGA
Penerapan Blockchain untuk Perekonomian di Indonesia

Kamera

Pembaruan kunci lainnya ada pada sektor kamera. Apple tidak besar dalam hitungan megapiksel, sehingga kamera di iPhone 13 Pro masih memiliki sensor 12MP seperti tahun lalu. 

Namun, ukuran aperture telah ditingkatkan, ukuran piksel telah ditingkatkan dan sensor telefoto dapat memperbesar hingga 3x (dibandingkan dengan 2x pada pendahulunya). 

Terdapat fitur Gaya Fotografi baru yang telah ditambahkan Apple ke 13 Pro yang memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam hal tampilan bidikan yang diinginkan.

iPhone 13 Pro memiliki kamera bokeh yang tampak alami dan warna kulit yang akurat. Dan bidikan dari sensor ultra-lebar terlihat tajam secara keseluruhan, tanpa menunjukkan distorsi apa pun. 

Zoom optik 3x cocok untuk mengklik bidikan makro. Sensor ultrawide yang berfungsi ganda untuk pemotretan makro beraksi saat kamu mendekatkan ponsel ke subjek. 

Sensor yang ditingkatkan, fitur tambahan, dan kekuatan chipset A15 Bionic yang baru juga sangat bermanfaat bagi kemampuan fotografi cahaya rendah 13 Pro, dan ponsel ini dapat mengambil foto yang sangat detail bahkan saat malam hari.

Dalam hal video, fitur utama kali ini adalah mode Sinematik baru yang pada dasarnya bertindak sebagai mode potret untuk video, dan dapat secara dinamis menyesuaikan fokus pada latar depan dan latar belakang saat subjek masuk meninggalkan bingkai untuk memberi lebih banyak efek sinema seperti film. 

Kamu dapat menyesuaikan fokus sendiri secara manual dengan mengetuk.

Untuk selfie, kamera depan pada iPhone 13 Pro menggunakan kamera 12 MP dan SL 3D (depth/biometrics sensor) dan Video 4K@24/25/30/60fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS

BACA JUGA
Beli Paket Smartfren Unlimited Kini Bisa Lewat Aplikasi Facebook

Perangkat lunak

Dari segi perangkat lunak, ada iOS 15. Secara visual, itu tidak terlalu berbeda dari iOS 14, tetapi membawa banyak peningkatan internal dalam hal fitur perangkat lunak.

Terdapat fitur-fitur baru utama termasuk mode Fokus baru yang memungkinkan kamu untuk mengatur ‘profil’ berbeda untuk lokasi atau waktu yang berbeda, memberi akses sementara ke ekstra Akses penyimpanan iCloud, perlindungan privasi email, ringkasan notifikasi, dan banyak lagi. 

Apple iOS 15

Semua iPhone baru hadir dengan Apple iOS 15 yang sebenarnya bukan pembaruan yang signifikan atas iOS 14, namun cukup penting seperti peningkatan elemen UI pada menu pengaturan dan ikon, pemberitahuan, tombol. 

Versi baru ini sangat meningkatkan FaceTime dan Pesan, Manajemen notifikasi, browser Safari, Wallet, dan Maps, juga membuat Foto dan Sorotan menjadi lebih cerdas.

Salah satu pembaruan terpenting di iOS 15 ada di FaceTime. Aplikasi baru ini semakin terlihat seperti Zoom, dan mendukung tampilan Grid. 

Ini memiliki antarmuka yang lebih bersih, keburaman latar belakang opsional, audio spasial, dan dapat melakukan panggilan konferensi dengan pengguna non-Apple menggunakan tautan undangan dan browser web Chrome atau Edge.

Performa Dapur Pacu

Chip Apple A15 Bionic terbaru mendukung semua model iPhone 13. Ini adalah chip Apple 5nm kedua (proses TSMC 5nm generasi kedua) dan mengemas 15 miliar transistor – itu 27% lebih banyak dari A14 dalam ponsel iPhone 12. 

BACA JUGA
Harga dan Spesifikasi Samsung A03 Series, Murah Meriah!

Hal ini menjaga arsitektur prosesor hexa-core dengan 2 core Avalanche besar dengan kecepatan maksimum 3,23GHz dan 4 core Blizzard kecil.

Ada GPU Apple 5-core yang ditingkatkan untuk model Pro dan GPU Apple 4-core untuk non-Pro. 13 Pro memiliki RAM 6GB, naik dari 4GB non-Pro.

Kinerjanya di bawah keseluruhan CPU dan GPU ini jauh lebih unggul dari apa yang akan kamu dapatkan dari ponsel Android terbaru mana pun.

Baterai & Pengisian

IPhone 13 Pro menghadirkan peningkatan kapasitas baterai dibandingkan generasi sebelumnya – tepatnya 10% dengan kapasitas 3.095mAh.

Secara resmi Apple tidak menerangkan tentang daya pengisian maksimum yang dapat dicapai iPhone 13 dengan adaptor bertenaga USB-PD, tetapi tes menunjukkan pengisian cepat iPhone 13 Pro maksimal pada 23W. 

Pengguna harus menyediakan solusi pengisian daya sendiri untuk iPhone 13 Pro karena ponsel dijual tanpa adaptor. Kami telah melihat operator memaketkan bata Apple 20W USB PoweDelivery.

Dalam pengujian menggunakan adaptor 23W iPhone 13 Pro mampu mengisi daya dari 0% hingga 60% dalam waktu 30 menit. Untuk mencapai 100% membutuhkan total 1:38 jam.

IPhone 13 Pro juga mendukung pengisian daya nirkabel hingga 15W menggunakan keping MagSafe 7,5W.

Harga

  • iPhone 13 Pro 128 GB – Rp 18.499.000
  • iPhone 13 Pro 256 GB – Rp 20.999.000
  • iPhone 13 Pro 512 GB – Rp 24.999.000
  • iPhone 13 Pro 1 TB – Rp 28.999.000
Previous articleInfinix Note 11 NFC, HP Pilihan Terbaik di Harga 2,5 Juta
Next articleXL Axiata Raih Beragam Penghargaan di Penghujung 2021
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup