Home Berita Review Infinix Hot 40 Pro: HP Gaming Serba Guna, Harga Terjangkau

Review Infinix Hot 40 Pro: HP Gaming Serba Guna, Harga Terjangkau

Review Infinix Hot 40 Pro: HP Gaming Serba Guna, Harga Terjangkau

review1st.com – Infinix kembali menerjunkan produk baru untuk pasar Indonesia. Ya, seri ini adalah unit review yang sudah singgah di meja redaksi, Infinix Hot 40 Pro.

Seri terbaru dari lini produk yang ada di antara Smart dan Note ini datang membawa Edisi Free Fire. Ia menjadi HP berorientasi gaming yang membidik segmen entry-level dengan harga terjangkau.

Buat yang sudah tidak sabar, yuk intip review Infinix Hot 40 Pro kami berikut ini:

Review Infinix Hot 40 Pro

Sebelum memulai ulasan mendalam kita intip dulu paket penjualannya. Infinix Hot 40 Pro Edisi Free Fire menyajikan buku panduan pengguna, charger 33W, kabel USB-A ke USB-C, dan bonus berupa casing. 

Rancangan Bodi

Review Infinix Hot 40 Pro: Harga, Spek, Kelebihan dan Kekurangan

Desain mewakili impresi pertama kami soal Infinix Hot 40 Pro. Meskipun hadir sebagai HP gaming murah, namun ternyata Infinix tak melupakan sisi estetis dari eksterior perangkat ini.

Biarpun terbuat dari material plastik, tapi sang vendor membungkusnya dengan finishing yang baik. Bahkan secara tampilan kelihatan mewah berkat elemen glowing dan gradasinya.

Bagian belakang dirancang mirip iPhone terutama pada modul kameranya. Mengusung tiga sensor kamera terpisah yang menonjol plus lampu kilat LED di bagian atas. 

Kebetulan kami memegang init review Infinix Hot 40 Pro Free Fire yang mengadopsi warna gradasi atraktif. Warnanya bisa berubah dari emas kehijauan hingga biru tergantung cahaya.

Review Infinix Hot 40 Pro

Saat dipegang relatif bongsor untuk ukuran tangan tapi masih nyaman. Konsep glossy-nya menarik, tapi masih rentan tertempel sidik jari.

Ruas bawahnya menampung konektor USB-C, jack audio 3,5mm, dan gril speaker. Sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol daya yang berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Pada ruas sisi kiri bodi terdapat SIM tray yang bisa menampung dua kartu SIM dan kartu memori secara bersamaan.

BACA JUGA
Indosat Ooredoo Hutchison Raih Pengakuan di Mobile World Congress 2024 Barcelona

Display

infinix hot 40 pro

Unit review Infinix Hot 40 Pro mengusung layar IPS LCD 6,78 inci dengan refresh rate 120Hz, menawarkan pengalaman layar besar yang menarik. 

Kehadiran layar dengan resolusi Full HD sangat membantu para gamers mendapatkan tampilan enak di mata. Untuk ukuran seri entry level sangat worth it.

Bezel dan dagunya memang cenderunh tebal tapi tak terlalu mengganggu. Tertanam punch-hole buat kamera selfie di bagian atas layar yang bisa menampilkan efek halo.

Dari segi kecerahan, tampilan dapat mencapai 450 nits dalam mode manual dan dapat mencapai 534 nits dalam mode otomatis.

Performa 

Soal kinerja, karena digadang-gadang sebagai HP gaming, perangkat ini mengantongi prosesor yang lumayan kencang. Adalah chipset Mediatek Helio G99 yang menjadi jantungnya.

Dapur pacu ini memberikan kinerja rata-rata yang baik. Uji benchmark menempatkannya di kelas menengah, bisa bersaing dengan perangkat seharga serupa. 

Chipset ini mampu tampil maksimal untuk kebutuhan basic. Seperti aktivitas sosial media, berkirim pesan, membuka email dan aplikasi standar.

Dilengkapi dengan XBOOST New-Gen Gaming Engine untuk performa gaming yang halus. 

Kemudian Hard-Gyroscope & 8X Precise Touching Sampling buat experience lebih menjanjikan buat para gamers.

Tak ketinggalan Metamaterial Antenna yang mampu menangkap sinyal lebih baik dan cepat. Juga bandwith yang lebih luas.

Buat gaming, Helio G99 dirancang menangani game kelas berat dengan grafis tinggi. Artinya, game seperti Free Fire, Mobile Legends hingga PUBG bisa dilahap tanpa masalah.

Asyiknya lagi, Infinix Hot 40 Pro disempurnakan dengan kehadiran 8GB RAM dan 256GB penyimpanan internal.

Alokasi RAM yang besar membantu performa dan kinerja perangkat. Bahkan jika dirasa kurang, kalian bisa memperbesarnya hingga 16GB via extended RAM berbasis memori internal.

BACA JUGA
Ini Hasil Foto dari Kamera Redmi Note 13 Pro Plus 5G

Kamera

Meski tidak diklaim sebagai HP kamera, namun Infinix Hot 40 Pro masih rela menghadirkan kamera dengan sensor utama 108MP.

Dilengkapi juga dengan dua kamera tambahan, lensa makro 2MP dan sensor kedalaman 0,08MP yang memberikan tambahan fungsi. Kamera depannya memiliki kamera 32MP f/2.2.

Dengan sensor utamanya yang memiliki 0,64µm,m dan aperture f/1.8, hasil jepretan lumayan bagus dengan detail tajam dan natural.

Performa dalam pencahayaan rendah ternyata cukup baik. Begitu juga dengan mode potret yang menjadikan fokus utama lebih detil dan bokeh akurat.

Selain itu, kamera utamanya mampu merekam video 1440p dan didukung dual view. Sebuah poin lebih dimana Hot 40 Pro membedakan dirinya dari pesaing yang membatasi perekaman video di angka 1080p. 

Di samping fitur-fitur seperti mode malam, timelapse dan lain-lain, kameranya memiliki mode Pro. Kita bisa mengatur eksposur, kecepatan rana, ISO, keseimbangan putih, fokus manual, dan mode metering. 

Mode Auto
Mode Auto 2x Zoom
Mode Malam
Mode Malam
Selfie

Baterai

Mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh, seri ini termasuk kompetitif di kelasnya untuk sumber daya.

Ditambah dukungan pengisian cepat 33W membuat Hot 40 Pro sejajar bahkan melampaui pesaingnya dalam hal pengisian daya.

Tak tanggung-tanggung, meskipun kapasitas baterainya besar tapi HP Infinix ini menawarkan sekitar 50% pengisian baterai dalam 30 menit pertama.

Sementara siklus pengisian penuh memakan waktu 1 jam 25 menit. Kecepatan yang sangat menjanjikan jika mengingat kisaran harganya.

Fitur Lain

Fitur unggulan yang patut mendapat perhatian adalah konfigurasi dual-speaker. Penawaran ini cukup langka di kisaran harga ini. 

Speaker bawah berfungsi sebagai speaker penuh, sedangkan yang atas berfungsi sebagai speaker dan alat pendengar. Output audionya juga lumayan nendang, meskipun bukan yang terbaik.

harga infinix hot 40 pro

Hot 40 Pro juga secara mengejutkan hadir dengan opsi konektivitas NFC. Juga memiliki sensor sidik jari dengan kualitas respon bagus.

BACA JUGA
Water Purifier Coway: Tersertifikasi untuk Menghilangkan Mikroplastik

Untuk antarmukanya, seri ini menggunakan Android 13 yang di atasnya berjalan XOS 13.5. Masih memakai konsep Android murni yang minim bloatware.

Ada fitur seperti Magic Ring untuk memberikan info dan notifikasi seperti Face Unlock, voice call dan charging process. Hingga Lightning Multi-Window untuk jendela aplikasi mengambang.

kelebihan dan kekurangan infinix hot 40 pro

Fitur lain adalah opsi gestur, kloning aplikasi (XClone), Peek Proof untuk meningkatkan privasi, dan tombol pengaturan Game Mode. 

Infinix Hot 40 Pro juga dilengkapi dengan fungsionalitas tambahan seperti Monster Game Kit, Dar-Link, dan XArena untuk para penggemar game.

Kelebihan dan Kekurangan 

Secara garis besar, Infinix Hot 40 Pro muncul sebagai smartphone serba guna yang menawarkan value cukup bagus di rentang harganya.

Tampilan yang menarik, daya tahan baterai yang dapat diandalkan, pengisian cepat, NFC dan speaker yang mencolok.

Kamera utama 108MP, layar luas, pengisian cepat 33W jadi value yang tak kalah menarik.

Soal display meskipun tanpa panel AMOLED namun dukungan refresh rate 120Hz membuatnya tetap jadi pilihan terbaik di segmennya.

Pertimbangan minor lainnya mungkin soal bezelnya yang tebal. Tapi jika tak mengganggu kenyamanan saat memakainya sebenarnya tak terlalu jadi masalah.

Melihat semua faktor di atas, bisa dibilang seri ini adalah pilihan yang handal bagi pengguna yang mencari keseimbangan antara harga terjangkau dan fungsionalitas.

Harga Infinix Hot 20 Pro

Infinix Hot 40 Pro dijual dengan harga spesial Rp2.049.000 dari harga resmi Rp2.199.000,. Tersedia secara eksklusif di Shopee mulai 20 Februari 2024 pukul 00:00 WIB.

Dapatkan juga berbagai benefit gratis ongkir, cicilan Shopee PayLater dengan bunga 0% selama 3 bulan, dan voucher cashback hingga 5-10% dengan syarat ketentuan berlaku.