Home Rekomendasi Quick Review ASUS ROG Phone 5s

Quick Review ASUS ROG Phone 5s

Quick Review ASUS ROG Phone 5s

review1st.com ASUS terus memperkuat eksistensinya di segmen smartphone gaming. Salah satu varian di generasi ke-4 adalah ROG Phone 5s. Perangkat ini sudah dirilis di Indonesia dan menambah persenjataan sang vendor dalam mengakuisisi pasar segmented.

BACA JUGA
5 Laptop Gaming ASUS ROG Dengan AMD Ryzen 6000 Series

Dengan kemajuan teknis dan pengalaman dari generasi sebelumnya; ROG Phone 5s lebih dari siap untuk terlibat dan mendominasi segmen HP gaming kelas premium global dan tentu saja Indonesia khususnya.

Sebagai andalan ASUS ROG Phone 5s hadir dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 888 Plus 5nm. Peningkatan dari ASUS ROG Phone 5.Chipset monster ini juga datang dengan dukungan pengolah grafis GPU Adreno 660.

Lalu apa saja kelebihan ASUS ROG Phone 5s dan spesifikasi lain yang terbenam di dalamnya? Tentu kalian harus membaca dulu review singkat kami berikut.

Quick Review ASUS ROG Phone 5s

asus rog phone 5s

Tim redaksi review1st berkesempatan melakukan hands on ROG Phone 5s. Kita bisa mengintip lebih detail tentang kelebihan perangkat ini serta isi dalam paket penjualannya. Penasaran? berikut ulasannya.

Sebelum mulai review singkat, kami membongkar paket penjualan HP ASUS terbaru ini. Desain box masih tetap ekslusif, masih menyuguhkan gambar ala komik dengan material pembungkus berkualitas.

Di dalamnya kalian akan menemukan unit ROG Phone 5s yang ditemani perlengkapan standar. Mulai dari kartu garansi, buku panduan, ejector pin, USB power adapter (65W), dan kabel USB Type-C. Termasuk case transparan.

Performa

Qualcomm Snapdragon 888+ 5nm yang baru disertai dengan GPU Adreno 660 yang di-overclock yang memberikan kinerja 35% lebih baik dibandingkan dengan ROG Phone generasi terakhir. Chipset ini mengantongi clockspeed hingga 3 GHz.

Berkat komponen dan SoC mutakhir, smartphone dapat melakukan overclock dan meningkatkan batas throttle CPU/GPU. Memungkinkan untuk mempertahankan framerate yang lebih tinggi dalam game berat.

Untuk menambah performa, seri ini disokong penyimpanan smartphone tercepat yang tersedia (UFS3.1) dan RAM LPDDR5 18GB. Bisa dibilang ROG Phone 5s adalah HP Android tercepat yang pernah dibuat sampai saat ini.

Asyiknya, demi menyediakan pilihan terbaik buat konsumen, ROG Phone 5s memiliki dukungan RAM mulai dari 8GB hingga 18GB dengan pilihan memori internal mulai dari 128GB hingga 512GB. 

Guna mencapai performa terbaik, smartphone ini hadir dengan desain termal baru dan lebih efisien yang disebut GameCool 5. Sistem GameCool generasi ke-4 adalah pembaruan terbesar untuk pendinginan sejak diperkenalkannya seri ROG Phone.

Struktur internal telah sepenuhnya direkayasa ulang untuk menempatkan PCB di tengah perangkat dan jauh dari jari Anda. Penempatan ini, bersama dengan penggunaan seluruh rangka tengah yang lebih baik.

Kemudian ruang uap yang dibentuk ulang, dan lembaran grafit yang luas memberikan pembuangan panas yang jauh lebih baik dan lebih merata dibandingkan dengan ROG Phone generasi terakhir.

Dengan tata letak baru dan manfaat sistem pendingin GameCool 5, ASUS dapat secara radikal meningkatkan efisiensi pendinginan AeroActive Cooler 5 yang baru.

Posisinya berada tepat di atas CPU dan dapat, tanpa banyak kebisingan, menghasilkan penurunan suhu hingga 10°C dalam suhu CPU tanpa memerlukan daya eksternal.

BACA JUGA
Apex Legends Mobile Rilis 17 Mei 2022: Cara Download Gratis!

Eksterior dan Panel Sentuh

harga dan spesifikasi asus rog phone 5s

Melihat eksterior ROG Phone 5s, kita akan menemukan perangkat dengan tampilan tak jauh berbeda dari varian ‘Pro’. Bedanya, smartphone ini tak mengusung layar kecil di bagian belakang yang dijuluki ROG Vision. 

Tapi jangan salah, seperti ROG Phone 5 reguler, perangkat ini juga mempunyai logo ROG yang bisa menyala di bagian belakang. Kita bisa menyetel pencahayaan RGB lighting ini.

Bodi belakangnya dijejali modul kamera dan lampu flash. Di ruas kanan terdapat tombol volume dan power. Di sisi kiri terdapat port untuk USB Type-C begitu di bagian bawah. Lantas di bagian bawah terbenam port audio. 

Sebagai smartphone gaming, ROG Phone 5s disokong desain pengisian daya samping ergonomis, teknologi AirTrigger 5 terbaru, speaker depan ganda, Wifi multi-antena, dan susunan peredam bising quad-mic. 

Smartphone mengadopsi panel sentuh 6,78 inci dengan resolusi 2448x1080piksel. Sebagai perangkat gaming, experience jadi kunci utama. Klop sih karena ASUS menyematkan layar dengan refresh rate 144Hz.

Dukungan refresh rate tinggi pada ASUS ROG Phone 5s ini cukup signifikan. Pasalnya, dalam permainan, milidetik dan akurasi bisa menjadi perbedaan antara menang dan kalah.

Lebih dari itu, ROG Phone 5s memakai Samsung AMOLED yang membuat layar bisa menghadirkan tampilan tajam dan jernih. Tak ketinggalan, panel sentuh ni dibalut Corning Gorilla Glass  Victus supaya tahan terhadap benturan dan goresan.

Kamera

Sektor ini memang bukan bagian esensial dari gaming, tapi ASUS tetap berusaha menyuguhkan penawaran terbaiknya. Setidaknya, pengguna kasual bisa tetap menikmati fasilitas yang menjanjikan.

Vendor membekalinya dengan kamera utama 64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash. 

Bahkan, ROG Phone 5s ini menambahkan sensor tambahan mendampingi kamera utama dengan resolusi 13MP, 125?  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera.

Kameranya bisa merekam video 8K dan 4K serta dukungan Slow Motion video. Lantas di bagian depan tertanam kamera selfie 24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.45, Lens diameter only 2.7mm. 

Hasil kamera:

foto
foto

Baterai

Baterai ROG Phone 5s menggunakan MMT 6000mAh dirancang dari dua baterai 3000mAh. ASUS memanfaatkan desain ini demi mendapatkan suhu pengisian dan pengosongan yang lebih rendah. Memungkinkan pengisian dua kali lipat menjadi 65W.

Lebih jauh, desain 2-sel juga memungkinkan untuk memposisikan motherboard di tengah bingkai, menciptakan keseimbangan berat yang sempurna dan solusi pendinginan yang unggul. Berujung performa lebih baik.

BACA JUGA
7 HP 1 Jutaan RAM 3GB Terbaik (Mei 2022)

Fitur Lain & Harga

Sebagian besar game AAA dirancang untuk dimainkan dalam mode lanskap, itulah sebabnya ROG Phone 5s terus berfokus pada penyediaan ergonomis game terbaik dan solusi yang disesuaikan untuk jenis game ini.

Tak heran, smartphone ini menawarkan desain pengisian daya samping yang ergonomis, speaker depan ganda, Wi-Fi multi-antena, dan susunan peredam bising quad-mic.

AeroActive Cooler 5 yang baru juga menawarkan dua tombol fisik untuk input game, kickstand, dan kipas yang menarik dayanya langsung dari perangkat.

Ini bisa meningkatkan pengalaman bermain game Anda saat bepergian.Terdapat pula fitur gaming unggulan seperti teknologi Air Trigger 5 yang terdiri dari beberapa fitur canggih, yakni Motion Control, dan Ultrasonic Sensors.

Ada juga fitur seperti X-Mode dan Armoury Crate sebagai landasan penyetelan dan penyesuaian kinerja dalam seri ROG Phone.

X-Mode sekarang memungkinkan pengguna untuk mengatur lebih banyak variasi parameter kinerja, dari kinerja CPU/GPU hingga pengaturan sensitivitas sentuhan dan kecepatan refresh tampilan.

Melalui Armoury Crate, pengguna dapat menyesuaikan kinerja, sentuhan, tampilan, dan pengaturan terkait jaringan berdasarkan game-by-game.

ASUS ROG Phone 5s sudah dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu dengan harga Rp9.999.000 dengan varian RAM 8GB dan ROM 128GB.

Nah, demikian quick review ASUS ROG Phone 5s kami, semoga bermanfaat.

Previous articleDaftar Smartphone Pilihan Terbaik di 12.12 realme Carnival
Next articlePOCO Hadirkan Kejutan Spesial pada #POCOnyaPromo 12.12
Ordinary man in this extra ordinary world.