Home Review Review Asus ROG Phone 5: HP Gaming Paling Powerful di Indonesia

Review Asus ROG Phone 5: HP Gaming Paling Powerful di Indonesia

Review Asus ROG Phone 5

review1st.comASUS ROG Phone 5 akhirnya mendarat di Tanah Air. Bisa dipastikan, buat saat ini, ia adalah HP gaming paling canggih dan paling powerful di Indonesia. Asyiknya, kami sudah memegang unit review ASUS ROG Phone 5 terbaru buat kami ulas.

Di atas kertas, ASUS ROG Phone 5 ini adalah smartphone gaming-centric dengan performa tinggi dan fitur gaming nyaris tidak tertandingi. Celah pasarnya terbatas. Tapi sang vendor konsisten menghadirkan generasi ROG Phone series ke Indonesia. Laku atau tidak, urusan nanti. Salut.

ROG Phone 5 hadir menyusul generasi smartphone gaming pendahulunya yakni ROG Phone 2 dan 3. Asus sendiri mengklaim jika seri baru ini membawa banyak keunggulan kompetitif dan eksklusif untuk para pecinta game.

“Ia adalah manifestasi penyempurnaan dari ROG Phone versi sebelumnya,” begitu kata Asus. Dan, kami akan coba membuktikan ucapan mereka dengan menguji unit review ASUS ROG Phone 5 yang ada di meja redaksi.

Review Asus ROG Phone 5

kelebihan dan kekurangan asus rog phone 5

Seperti biasa, sebelum mengulas lebih jauh HP ASUS terbaru ini, kami akan menunjukkan apa saja isi di dalam kotak ROG Phone 5. Box penjualannya terlihat cukup premium dalam balutan warna hitam dengam logo ROG berwarna hologram.

Saat dibuka, ternyata pada bagian lipatan penutup box ada ilustrasi anime ala komik yang kece. Membuatnya makin terlihat out of the box.

Isinya sih memang sama saja, terdapat satu unit smartphone, kartu garansi, buku panduan dan lembaran stiker ROG. Kemudian ada charger 65W serta kabel data USB Type-C.

Rancangan Bodi

desain rog phone 5

ASUS ROG Phone 5 dirancang dengan desain premium. Melihat desainnya saja, aura smartphone gaming sudah terasa.
Bagian depan bodi dilapisi kaca anti gores bermutu tinggi Gorilla Glass Victus. Begitu pula area belakang bodi terlindung panel kaca Gorilla Glass. Framenya terbuat dari logam dipoles warna doff.

Kebetulan unit review ASUS ROG Phone 5 yang kami pegang berwarna hitam. Secara keseluruhan panel depan dan belakang glossy, cenderung gampang ternoda bekas sidik jari.

Ada sentuhan warna merah muda di bagian sim tray pada ruas kiri bawah dan di lapisan luar tombol power yang ada di sisi kanan. Bobotnya lumayan berat sih menurut kami, dan saat dipegang bodi kacanya licin.

BACA JUGA
Aplikasi Edit Foto Terbaik HP Android & iPhone Oktober 2021

Bodi selicin ini lumayan bikin deg-degan kalau tidak dipasangi casing pelindung. Untung vendor menyertakan case plastik bergaya karbon yang punya desain atraktif. Saat dipasang membuat tampilannya tambah keren.

HP gaming ASUS ini dilengkapi dengan pengaturan tiga kamera belakang dan Aura Lighting dot matrix yang menunjukkan logo ROG.

rgb lighting rog phone 5

Kita bisa menyetel warna RGB lighting ini, mengaktifkan dan mematikan warna lighting sesuai selera di pengaturan X Mode. Bahkan kita bisa memainkan gradasi warna, lumayan sih buat pamer ke orang. Haha.

Ada juga dua port USB Type-C, satu di bagian bawah dan yang lainnya ada di salah satu sisi smartphone. Port audio 3,5 mm terlihat pada ruas bawah.
ASUS ROG Phone 5 pun hadir dengan beberapa aksesoris gaming, termasuk AeroActive Cooler yang diperbarui. Sayang, kami belum punya kesempatan mencicipi aksesorisnya.

Display

display asus rog phone 5

Bisa dibilang sektor display atau layar menjadi aspek paling menonjol dari unit review ROG Phone 5 yang kami pegang. ASUS mempersembahkan layar super lega 6,6 inch. Sangat cocok buat pecinta gamers.

Disokong dengan panel AMOLED E4 buatan Samsung yang punya 1 miliar warna. Alhasil, warna, tampilan yang tertampil sangat realistis, jernih dan tajam.

Sebagai HP gaming paling powerful, ASUS ROG Phone 3 dipersenjatai fasilitas khusus gaming yang jarang dimiliki smartphone lain. Yes, smartphone ini mengadopsi layar AMOLED dengan refresh rate 144Hz dan response time 1ms.

amoled rog phone

Lebih gawatnya lagi, unit review ASUS ROG Phone 5 ini turut dibekali touch sampling rate 300 Hz dan touch latency 24,3 ms yang diklaim terendah di dunia. Bagi gamers akut, aspek kunci ini sangat krusial.

Gamers sangat memuja layar dengan refresh rate tinggi dan memiliki respons cepat. Selain memberikan kenyamanan, para gamers biasanya akan menjadi lebih unggul dibandingkan yang lain.

Nyaris tidak ada lagging serta delay respon saat bermain khususnya pada game first person shooter (FPS) yang membutuhkan respon cepat.

Tampilan pun sangat nyaman. Pasalnya, semakin tinggi refresh rate maka jumlah frame tertampil semakin banyak. Maka visual dan animasi akan terlihat semakin halus. Jika frame rate rendah, animasi di layar seperti patah-patah.

Performa Asus ROG Phone 5

prosesor rog phone 5

Lebih dari itu, buat performa, ASUS ROG Phone 5 mengantongi spesifikasi terbaik mulai dari SoC Qualcomm Snapdragon 888 dengan clock speed hingga 2,84GHz, penyimpanan UFS 3.0 128GB, serta RAM LPDDR4X hingga 8GB. Sayangnya tak ada slot microSD.

Kombinasi ketiga komponen performa tinggi tersebut memastikan semua game dapat berjalan dengan kualitas dan performa terbaik.

BACA JUGA
ASUS Zenfone 8 Siap Masuk Pasar Indonesia

Chipset yang dipakai pada unit review ASUS ROG Phone 5 ini merupakan inovasi terdepan di industri smartphone untuk teknologi gaming, 5G, AI, serta fotografi.
Bahkan sudah membawa fitur-fitur unggulan dari prosesor Snapdragon Elite Gaming untuk mengubah perangkat seluler menjadi ‘mesin’ gaming.

Hasil benchmark memperlihatkan performa yang cukup istimewa saat digeber dalam Mode X yang memang dioptimalkan buat gaming. Kami juga melakukan pengujian tanpa Mode X untuk melihat perbedaannya.

X Mode Off (Geekbench, 3DMark, Antutu)
X Mode On (Geekbench, 3DMark, Antutu)

Buat menjaga performa tetap stabil dibenami pula Teknologi Thermal Design Solution. Ini adalah solusi supaya pengguna tak terganggu soal daya tahan baterai dan masalah termal, teknologi pengaturan panas nan canggih.

ROG Phone 5 didesain dengan teknologi Centered-CPU Design dimana komponen ruang untuk CPU diletakkan di tengah yang diapit oleh dua buah baterai disampingnya. Kemudian dilengkapi dengan komponen 3D Vapor Chamber.

Terbukti saat digeber bermain game berat sekalipun tak ada panas berlebih. Bahkan bermain intens dalam durasi panjang pun masih tetap nyaman. Suhu smartphone masih tetap dalam kondisi aman, hanya hangat yang masih wajar.

Kami melakukan pengujian dengan game populer seperti Mobile Legends (60fps), PUBG Mobile (60fps), Free Fire (60fps). Juga mengetes dengan game seperti Mortal Kombat, Brawl Stars yang sudah mendukung 144 FPS. Semua kondisi maksimal bisa tercapai.

Fitur Gaming

ROG Phone 5 disempurnakan dengan fitur gaming khusus, yaitu Air Trigger yang merupakan sensor khusus di area samping bodi ROG Phone 5 yang bisa dipakai sebagai tombol tambahan ketika bermain game.

Selain itu, terdapat port USB Type-C khusus di bagian samping bodi ROG Phone 5 yang berfungsi sebagai fasilitas untuk mengisi daya sekaligus menghubungkan berbagai aksesori khusus ROG Phone 5.

Unit review ROG Phone 5 ini pun punya kualitas speaker perkasa. Dengan menerapkan dual front facing stereo speaker yang simetris. Semburan audionya cukup powerful dan nendang.

ROG Phone 5 turut diberikan dukungan DIRAC. Tersedia AudioWizard dengan empat mode suara, yakni dynamic, cinema, music dan game.

HP ini memiliki fitur headphone jack 3,5 mm yang dilengkapi dengan ESS DAC kelas Hi-Fi untuk pemrosesan lossless audio.

Selanjutnya, ROG Phone 5 pun mendukung dual band Wifi. Dengan mendukung dua frekuensi ini, gamers bakal menikmati koneksi yang lebih stabil saat main game online via Wifi. Dan tak ketinggalan tertanam NFC.

Kamera

kamera asus rog phone 5

Sektor ini memang bukan andalan dalam unit review ASUS ROG Phone 5. Tapi setidaknya kami menemukan triple camera yang cukup mumpuni di bodi belakangnya. Kamera utama punya Sony IMX686 64 MP yang dapat merekam video hingga 8K.

BACA JUGA
Apa itu 5G, Manfaat dan Cara Menggunakan

Kemudian tertanam dua kamera lainnya adalah ultra-wide 13MP (125 derajat) dan makro 5MP. Ketiganya bisa berkolaborasi cukup baik mendukung fitur fotografi dan videografi.

Mulai dari portrait, macro, night mode hingga HDR tersedia. Ada slow-mo yang bisa merekam video HD 480fps hingga 4K120fps. Timelapse dengan resolusi 4K, Motion tracking hingga rekam video dengan pengaturan Pro (manual).

Berikut hasil foto ASUS ROG Phone 5:

Portrait
Macro
Auto (low light test)
Night Mode
Auto (backlight test)
Ultra Wide (HDR)
Auto (HDR)

Baterai

Baterai besar 6.000mAh pada ROG Phone 5 dapat dipakai untuk bermain game lebih lama dibandingkan smartphone lainnya. Baterai ini dirancang secara cerdas dengan menempatkannya menjadi dua bagian yang mengapit prosesor guna menjauhkan panas.

Dari pengujian kami, untuk pemakaian normal (internet, main game seperlunya, youtube, sosmed, tethering, ditinggal tidur malam, dsb.) baterai bisa bertahan lebih dari 24 jam.

Kami juga mencoba menguji permainan PUBG dari jam 13:29 hingga 14:10, baterai yang sedianya tinggal 21% merosot menjadi 8%. Dengan panas berkisar 39-40 derajat di kondisi suhu siang hari tanpa AC.

Baterai (AIDA64, Log Info)

Buat pengisian daya, HP ini punya QuickCharge 5. Didukung dengan adaptor HyperCharge 65 Watt, proses pengisian daya mampu dioptimalkan dalam waktu 30 menit, baterai dapat terisi hingga 70 persen.

Supaya lebih lengkap, ASUS menyertakan manajemen baterai. Seperti steady charging yang membuat pengisian aman saat ditinggal. Ada Charging Upper Limit, ada fitur Scheduled Charging hingga Bypass Charging.

Harga Asus ROG Phone 5

Harga ASUS ROG Phone 2 (8GB/128GB) dibanderol seharga Rp 9,999,999. Sebagai smartphone gaming yang punya celah dan segmen pasar tersendiri, harga ini masih cukup relevan. Apalagi sang vendor membenamkan berbagai fitur dan kelengkapan yang sangat game sentris.

Kekurangan & Kelebihan

harga dan spesifikasi asus rog phone 5

Mengulas kelebihan dan kekurangan ASUS ROG Phone 5 menjadi kewajiban kami. Untuk produk ini sendiri ada beberapa aspek yang berhasil kami garisbawahi dan mungkin bisa menjadi rekomendasi buat pembaca.

Salah satu yang jadi problem adalah bobotnya yang cukup berat. Untuk durasi singkat memang tak jadi masalah. Tapi saat kita memakainya dalam durasi lama, akan sedikit mengganggu. Solusinya, istirahat sebentar.

Catatan lain adalah, material bodi belakangnya yang licin membuat kita harus berhati-hati saat memegangnya. Tapi tenang saja, soal ini vendor sudah menyediakan case, jadi masih aman.

Soal performa, ROG Phone 5 sangat powerful. Jadi, gamers bakal sangat puas. Display, desain, kamera, hingga fitur gamingnya dijamin tak akan mengecewakan dan menjadi nilai lebih smartphone ini.

Spesifikasi Asus ROG Phone 5:

Dimensi172.8 x 77.3 x 10.3 mm
Layar6,78 inch AMOLED Full HD+, 144 Hz, HDR 10+
Pelindung LayarGorilla Glass Victus
ChipsetSnpadragon 888
GPUAdreno 660
RAM8 GB/ 12 GB/ 16 GB
Storage Internal128 GB/256 GB
Kamera Belakang64 GB IMX686, 13 MP ultra-wide, 5 MP makro
Kamera Depan24 MP
Kartu SIMDual SIM
Baterai6.000 mAh + fast charging 65W
Konektivitas5G, 4G, WiFi 6E, Bluetooth 5
WarnaHitam dan Putih
HargaMulai Rp 9 jutaan
REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Kamera
Baterai
Fitur
Previous articleYuk, Unboxing Produk AIoT Terbaru Realme
Next articleMi Watch Revolve Active Siap Diluncurkan: Spesifikasi & Fitur
Ordinary man in this extra ordinary world.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here