Google Photos Vs iCloud Photos: Pilih Mana?

#kamisukareview – Pernahkah kalian penasaran dengan manajemen foto gratisan besutan Google dan Apple? Nah, supaya tak penasaran kali ini kami akan mengulas perbandingan Google Photos vs iCloud Photos.

Sudah bukan rahasia lagi, dalam mengatasi keterbatasan penyimpanan internal dan eksternal pada smartphone, PC maupun laptop biasanya kita menggunakan penyimpanan awan untuk menyimpan momen-momen penting yang diambil dengan iPhone, HP Android ataupun kamera.

Selain lebih aman dan tidak bisa hilang karena kesalahan ataupun kehilangan hardware memori, penyimpanan awan atau cloud storage juga lebih efektif. Karena bisa dibuka secara langsung lewat jaringan online.

iCloud Photos vs Google Photos

iCloud Photos vs Google Photos

Nah, iCloud Photos atau Google Photos adalah solusi paling umum dan paling banyak digunakan untuk manajemen foto saat sekarang ini.

Manajemen foto cloud seperti ini telah menjadi sesuatu yang hanya dapat ditawarkan oleh perusahaan teknologi besar karena biaya penyimpanan file yang terus meningkat dan kualitas media yang meningkat.

Selama bertahun-tahun, banyak perusahaan telah datang dan pergi dan meninggalkan konsumen hanya dengan sedikit pilihan aplikasi foto.

Kategori ini seharusnya didominasi oleh Flickr, tetapi mereka kesulitan untuk menciptakan pengalaman seluler yang bagus. Hari ini, kita tinggal dengan tiga perusahaan: Apple, Google, dan Amazon. Tapi buat masyarakat Indonesia pilihan hanya dua Apple atau Google. Secara Apple dan Google raja dunia sekarang.

Mari kita review kelebihan dan kekurangan keduanya untuk menentukan pilihan terbaik. Nah kita mulai saja bedah beberapa aspek saat mempertimbangkan Google Photos vs. iCloud Photos.

Kelebihan dan Kekurangan Apple iCloud Photos

Kelebihan dan Kekurangan Apple iCloud Photos

Jika kamu terbiasa menggunakan perangkat keluaran Apple semacam macOS dan iOS, iCloud Photos memiliki keunggulan yang sangat berbeda: ini adalah layanan lansung otomatis tersambung ke data pribadi.

Rol kamera akan terhubung langsung ke iCloud Photos. Jika kamu memposting foto ke aplikasi seperti Instagram, semua foto kamu juga akan tersimpan di manajemen foto awan Apple tersebut.

Jika kamu ingin menggunakan alat pengeditan pihak ketiga, kamu juga dapat memberi iCloud Photos akses ke seluruh Galery kamu. Setiap pengeditan yang kamu buat juga otomatis disinkronkan di layanan manajemen foto ini.

kCloud Photos di Mac jauh lebih cepat dari antarmuka web Google untuk mengelola foto di desktop. Kamu dapat membuat album khusus berdasarkan data EXIF dan kemudian dengan mudah mengekspor foto (seret dan lepas).

Salah satu manfaat penting iCloud Photos adalah dapat mengakses seluruh perpustakaan dari semua perangkat tanpa harus mengunduh seluruh database secara offline, juga dapat mengedit foto di iPad, dan kemudian semua pengeditan muncul di iCloud Photos juga.

Apple hanya menyertakan ruang cloud gratis sebesar 5GB saja, jadi jika kamu memiliki lebih dari itu, kamu perlu membayar penyimpanan awan dengan pilihan paket harga penyimpanan iCloud:

  • 5GB: Gratis
  • Rp. 14.000/ bulan: 50GB
  • Rp. 43.000 / bulan: 200 GB
  • Rp. 140.000 / bulan: 2 TB

Penyimpanan iCloud juga disertakan dalam bundel Apple One, termasuk akses ke Apple Music, Apple TV +, dan Apple Arkade.

Kelemahan utama iCloud Photos adalah kurangnya pengaturan untuk galery keluarga. iCloud Photos menawarkan album bersama, tetapi tidak memiliki cara untuk berbagi pustaka tunggal.

Kelebihan dan Kekurangan Google Photos

Kelebihan dan Kekurangan Google Photos

Google Photos adalah solusi pengelolaan foto berbasis awan dari Google, yang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh penyimpanan awan lain.

Namun, pertanyaan pentingnya adalah apakah itu cukup menawarkan untuk menjadi solusi yang lebih baik daripada iCloud Photos milik Apple?

Layanan Apple tersebut menyediakan aplikasi asli dengan solusi edisi hebat di iPad dan iPhone, tetapi di desktop, kamu akan mengandalkan antarmuka web untuk mengakses perpustakaan.

Kurangnya aplikasi desktop adalah hal yang sangat negatif untuk Google Photos. Layanan Google ini memiliki keunggulan harga dibandingkan Apple iCloud Photos karena mereka menawarkan paket gratis yang memenuhi kebutuhan sebagian besar orang (15GB).

Namun paket gratis ini akan mengalami penghentian pada tahun 2021, berikut daftar paket harga Google Photos:

  • Rp. 28.000 / bulan untuk 100GB
  • Rp. 43.000 / bulan untuk 200GB
  • Rp. 140.000 / bulan untuk 2TB

Dari daftar harga di atas, Google Photos sangat sebanding dengan harga Apple iCoud Photos. Serta layanan dari Google ini juga menawarkan opsi keluarga.

Google Photos menyertakan opsi untuk membagikan seluruh perpustakaan dengan orang lain. Kamu dapat membagikan seluruh perpustakaan, foto orang tertentu saja, atau foto dari tanggal tertentu dan seterusnya.

Fitur ini dilakukan dari akun Google ke akun Google. Meskipun tidak ingin mengalami kerumitan itu, kamu juga dapat masuk ke akun Google di ponsel pasangan, dan berdua dapat mengunggah ke tempat yang sama.

Kesimpulan

Jadi mana yang terbaik antara Google Photos vs iCloud Photos? Kedua layanan ini menawarkan pengalaman yang fantastis dan memiliki kekuragan dan kelebihan masing-masing.

Apple menawarkan integrasi yang mendalam dengan iPhone, iPad, dan Mac. Sedangkan Google menawarkan opsi berbagi keluarga yang efesien. Otomatisasi Google mungkin selangkah lebih maju dari Apple dalam hal membuat film kenangan secara otomatis, dll.

Akan tetapi Apple menawarkan opsi pengeditan yang lebih baik karena aplikasi pihak ketiga dapat terhubung langsung ke Galery penyimpanan awan mereka, jadi yang terbaiknya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian kamu.

Jika prioritasnya adalah personal dan privasi serta kemudahan integritas dengan iPhone, iPad, Mac maka gunakanlah iCloud Photos namun jika kamu ingin berbagi momen foto dengan akun banyak orang seperti keluarga atau teman dengan mudah, maka pilihlah Google Photos.