review1st.com – Menyambut Ramadan dan Lebaran 2024, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi dan data yang tangguh. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik data yang biasanya terjadi selama libur panjang Lebaran.

Dalam upaya memastikan kualitas layanan yang optimal, XL Axiata telah melakukan uji jaringan di jalur utama mudik di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menjelaskan bahwa momen Lebaran selalu menjadi tantangan bagi operator telekomunikasi dan data seperti XL Axiata.

Trafik data biasanya mengalami lonjakan yang signifikan, terutama karena meningkatnya aktivitas digital masyarakat selama libur Lebaran. Dengan pengalaman ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringannya hingga 2-3 kali lipat dari hari biasa, untuk mengatasi lonjakan trafik yang diprediksi mencapai 10% – 20%.

Selain meningkatkan kapasitas, XL Axiata juga telah mengoptimalkan jaringannya dengan memperhatikan pergerakan mobilitas masyarakat selama libur Lebaran.

Tim jaringan XL Axiata telah menyesuaikan strategi rekayasa trafik untuk menghindari kemacetan di area dengan trafik tinggi. Dalam hal ini, daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik dan wisata, terutama di Pulau Jawa, mendapat perhatian khusus.

Penguatan infrastruktur jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur mudik Sumatera dan Jawa. XL Axiata telah meningkatkan kualitas jaringan 4G LTE di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera, dengan penambahan BTS baru dan peningkatan kapasitas BTS.

BACA JUGA
Webinar UNITY: Menggali Potensi Web3 dalam Transformasi Industri Gaming

Di Pulau Jawa, lebih dari 2.800 BTS 4G telah disiapkan di sepanjang Tol Trans Jawa, dengan kapasitas jaringan yang ditingkatkan hingga 2-3 kali lipat dari hari biasa.

Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan sumber daya manusia yang memadai, termasuk tim teknis yang siaga 24/7 dan tim lapangan yang siap bergerak setiap saat.

Layanan pelanggan juga ditingkatkan dengan peningkatan jumlah petugas di pusat layanan pelanggan, baik melalui call center maupun layanan digital care.

Dengan lebih dari 57 juta pelanggan dan lebih dari 160 ribu BTS, XL Axiata terus berkomitmen untuk menyediakan layanan telekomunikasi dan data yang berkualitas di seluruh Indonesia.

Melalui investasi terus-menerus dalam infrastruktur jaringan, XL Axiata berupaya meningkatkan stabilitas, kapasitas, dan kualitas layanan data demi kepuasan pelanggan yang lebih baik.

Shares: