review1st.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB), produsen bus listrik nasional, melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS).

Dalam kerja sama ini, XLABS akan menyediakan layanan ICT berupa Internet of Things (IoT) dan koneksi tetap (fixed connectivity) untuk mendukung kemajuan industri mobil listrik nasional.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama ini dilakukan di Jakarta pada tanggal 4 Mei, dihadiri oleh Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Direktur Utama PT MAB, Kelik Irwantono, serta Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Jenderal TNI (Purn) Dr. Dr. (H.C) Moeldoko, S.I.P, M.SI.

Dian Siswarini menjelaskan, “Kerja sama dengan PT MAB adalah bagian penting dari portfolio proyek XLABS untuk industri kendaraan listrik (EV) yang berkembang pesat di Indonesia. Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri EV nasional dan menyediakan solusi ICT yang canggih untuk mendukung operasional perusahaan EV.”

Kelik Irwantono menambahkan, “MoU ini adalah bukti komitmen kami untuk memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dengan dukungan dari mitra kami, XL Axiata, kami berharap dapat mendorong inovasi dan keberlanjutan di sektor transportasi, serta mempromosikan energi ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon.”

Dalam kerja sama ini, XLABS akan menyediakan solusi IoT Connectivity+ untuk memantau perangkat kendaraan listrik produksi MAB secara real-time, seperti kondisi baterai dan lokasi kendaraan.

BACA JUGA
Ajak Pelanggan Peduli Pendidikan dengan AXISNET

Solusi ini akan membantu meningkatkan efisiensi operasional sehari-hari dan pemeliharaan kendaraan, serta mengurangi biaya operasional melalui kontrol dan pemantauan dari dashboard.

Solusi Fixed Connectivity akan digunakan untuk mendukung konektivitas pabrik MAB di Kudus, Jawa Tengah. Kedepannya, solusi-solusi IoT dan ICT dari XL Axiata akan memberikan manfaat lebih lanjut bagi operasional perusahaan.

PT MAB, didirikan pada tahun 2017, merupakan produsen mobil listrik nasional dengan pabrik perakitan di Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Produk-produknya termasuk bis listrik, truk listrik, dan van listrik. Dengan kerja sama ini, XL Axiata dan MAB berharap dapat memajukan industri mobil listrik nasional ke arah yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Shares: