Xiaomi Perkenalkan Teknologi Wireless Charging 80W

#kamisukareviewXiaomi mengumumkan pencapaian inovasi terbaru yakni teknologi pengisian daya nirkabel atau wireless charging 80W. Ini merupakan inovasi berkelanjutan setelah tahun lalu sang vendor mengumumkan teknologi serupa dengan kemampuan 30W.

Xiaomi memimpin tren ini dengan menaruh perhatian pada pentingnya usia baterai dan pengisian daya lebih cepat demi masa depan industri smartphone.

Teknologi Pengisian Daya Wireless Charging 80W Xiaomi

Teknologi pengisian daya nirkabel atau wireless charging 80W mampu mengisi baterai 4000 mAh sebanyak 10% hanya dalam waktu 1 menit saja, 50% terisi dalam waktu 8 menit, dan 100% terisi pada 19 menit.

Sebagai perbandingan dengan teknologi pengisian daya nirkabel 30W yang diperkenalkan tahun 2019, baterai dengan spesifikasi yang sama bisa terisi 50% dalam waktu 25 menit dan 100% pada 69 menit.

Pada bulan Maret 2020, Xiaomi mengumumkan teknologi pengisian daya nirkabel 40W, pencapaian itu terlampaui sendiri melalui teknologi pengisian daya nirkabel 50W yang diproduksi massal.

Lagi-lagi rekor tersebut dipecahkan oleh pengumuman teknologi pengisian daya nirkabel wireless charging 80W. Dalam waktu kurang dari setahun saja, Xiaomi sudah menorehkan tiga terobosan teknologi dalam sektor ini.

Baru-baru ini, Xiaomi juga memperkenalkan Mi 10 Ultra, smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 120W dengan kabel dan 50W nirkabel.

Bagi Xiaomi, pencapaian wireless charging 80W ini diharapkan menjadi tolok ukur yang baru dalam bidang pengisian daya nirkabel maupun pengisian daya secara keseluruhan.

Vendor Lain Menggenjot Inovasi Serupa

oppo 65 watt air vooc fast charge

OPPO, sesama vendor Cina juga sebelumnya sempat mengumumkan teknologi 65W wireless charging mereka beberapa bulan lalu.

Inovasi yang mengadopsi teknologi pengembangan OPPO dengan isolated charge pump technology dan parallel dual-coil design untuk meningkatkan kemampuan dan efisiensi teknologi pengisian nirkabel.

65W AirVOOC wireless flash charge dapat mengisi penuh baterai sebesar 4000 mAh dalam waktu 30 menit. Teknologi ini mengurangi interferensi frekuensi yang biasanya terjadi dalam pengisian nirkabel.

Teknologi ini juga memiliki lima lapisan keamanan perlindungan yang memiliki fungsi untuk mendeteksi objek asing yang akan menghalangi pengisian daya.

65W AirVOOC wireless flash charge juga kompatibel terhadap standar pengisian nirkabel Qi, menyajikan pengguna pengalaman penggunaan teknologi pengisian nirkabel super cepat.

OPPO juga mempertunjukkan konsep pengisi daya 65W AirVOOC. Pengisi daya ini dibuat dengan material kaca dengan teknologi moldless rapid prototyping, yang merupakan pengaplikasian pertama kali teknologi ini pada perangkat elektronik untuk konsumen.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”