review1st.com – Bertepatan dengan ajang Confidential Computing Summit 2023, VMware, mengumumkan kemitraannya dengan AMD, Samsung, dan komunitas RISC-V Keystone. Kerja sama ini bertujuan menyederhanakan pengembangan dan pengoperasian aplikasi komputasi rahasia. Para pemimpin industri dan komunitas akan berkolaborasi dalam proyek Certifier Framework for Confidential Computing yang bersifat open source, untuk memudahkan transisi komputasi rahasia. 

Dukungan Ekosistem yang Dibangun bagi Kerangka Kerja Pengesahan untuk Komputasi Rahasia

Untuk mendemokrasikan komputasi rahasia, VMware mengembangkan proyek Certifier Framework for Confidential Computing yang open source.

Komputasi rahasia didasarkan pada prosesor “trusted execution environment” yang menjaga kerahasiaan dan integritas program dan data.

Certifier Framework menyederhanakan pengembangan aplikasi komputasi rahasia dengan dukungan platform-independent dan kebijakan kepercayaan yang dapat diterapkan di berbagai infrastruktur.

Dengan kolaborasi dan kontribusi pada Certifier Framework, perusahaan dan komunitas berharap meningkatkan adopsi komputasi rahasia di ekosistem x86, Arm, dan RISC-V.

“Komputasi Rahasia memiliki potensi untuk mengamankan beban kerja di berbagai lingkungan, termasuk multi-cloud dan edge,” kata Kit Colbert, CTO, VMware. “Tantangannya adalah memudahkan pelanggan mengadopsi dan mengimplementasikan standar ini. Kolaborasi dalam Certifier Framework akan memberikan manfaat kepada ISV, pelanggan perusahaan, dan penyedia Sovereign Cloud, serta memudahkan penggunaan teknologi yang sedang berkembang.”

VMware di Ajang Confidential Computing Summit 2023

Kemampuan Certifier Framework, fokus VMware pada keamanan multi-cloud, jadi sorotan di Confidential Computing Summit.

BACA JUGA
Potensi Investasi Indonesia dalam Indeks Kepercayaan FDI Kearney 2024

VMware dan kontributor lain akan demo komputasi rahasia klien/cloud dengan kasus penggunaan machine learning menarik.

Demo ini menampilkan manajemen klien-cloud “universal” di berbagai TEE, seperti AMD SEV-SNP, SGX, CCA, dan RISC-V.

Shares: