review1st.com – vivo Indonesia, perusahaan teknologi terdepan, mengumumkan kerjasama dengan Yayasan Kawan Baik Indonesia untuk menyalurkan air bersih ke area pedalaman Sumba Timur. Proyek Mbinudita Water Connections akan menyediakan air bersih ke Desa Mbinudita, di mana akses air bersih sulit dan masyarakat kurang mampu memenuhi kebutuhan air bersih.

Sebagai bagian dari daerah 3T, rerata konsumsi air per-orang di Mbinudita sangat terbatas, yaitu kurang dari 10 liter per hari karena sulitnya akses air bersih. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, air bersih juga dibutuhkan untuk menyuburkan lahan pertanian di desa yang saat ini bergantung pada air hujan dan sumber air desa.

Sebagai perusahaan teknologi inovatif, vivo memahami peran penting air bersih dalam kehidupan dan dampaknya terhadap kualitas hidup, termasuk pendidikan.

vivo Indonesia berkomitmen memberikan dampak positif bagi konsumen dan masyarakat melalui inisiatif bersama Kawan Baik Indonesia. Inisiatif ini menyediakan akses air bersih dan mendukung pola hidup bersih melalui pelatihan, serta memberikan fasilitas sanitasi kepada 1.000 warga dan pelajar di Desa Mbinudita.

Proyek tersebut merupakan perwujudan misi vivo, yaitu ‘Joy of Humanity’, yang ingin memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia dan calon penerus masa depan yang inovatif, cerdas, dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

vivo Indonesia memberikan bantuan sebesar Rp875.625.000,- untuk proyek Mbinudita Water Connections yang dimulai pada November 2021. Implementasi dimulai pada September 2022 dan saat ini tahap ketiga dan keempat telah selesai pada awal tahun 2023.

BACA JUGA
OPPO Mengubah Ruang Retail Menjadi Pusat Komunitas yang Hidup untuk Nobar Final Liga Champions

Tahap pertama dan kedua meliputi pengeboran sumur dan jalur distribusi air, serta pemasangan 5 unit tangki air ferosemen dan 6 tangki air terhubung ke sumber air bor.

Fase ketiga dan keempat difokuskan pada penyediaan akses air bersih bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar, pelatihan pembangunan infrastruktur air bersih dengan teknologi tepat guna, serta pemberian pelatihan kesehatan dan sanitasi. Proyek ini mendukung desa-desa, termasuk sekolah dan toilet umum dengan dukungan dari Fair Future Foundation.

“Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, kami menegaskan komitmen vivo Indonesia untuk turut menjunjung keberlanjutan dan peningkatan kualitas hidup, termasuk pendidikan, bagi masyarakat Indonesia yang paling membutuhkannya.

“Hal ini kami wujudkan melalui inisiatif yang kami lakukan pada proyek Mbinudita Water Connections untuk mendukung pembangunan akses air bersih serta pola hidup bersih kepada warga dan pelajar di Mbinudita.” ujar Alexa Tiara, PR Manager vivo Indonesia.

Novi Tri “Gogon” Mujahidin, Program Manager Kawan Baik Indonesia, mengatakan bahwa menyediakan akses ke air bersih merupakan langkah penting untuk mencapai Sustainable Development Goals. Langkah ini terutama penting dalam rangka memberantas kemiskinan, mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan yang baik, menyediakan air bersih dan sanitasi, dan mencapai tujuan tersebut dengan kemitraan yang ada saat ini.

Gogonpun menyatakan bahwa ia sangat senang karena menjadi bagian dari inisiatif tersebut. Ia berharap dapat terus bersinergi dengan vivo Indonesia dan didukung oleh Fair Future Foundation untuk memberikan dampak jangka panjang bagi komunitas Mbinudita. Menurutnya, akses untuk air bersih sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan individu serta komunitas. Gogonpun yakin bahwa proyek ini akan memberikan perbedaan yang signifikan dalam kehidupan mereka yang tinggal di area tersebut.

BACA JUGA
Inovasi Samsung AI Ultrasound dan Radiografi Digital Mendorong Praktisi Kesehatan di Indonesia
Vivo Indonesia dan Yayasan Kawan Baik Indonesia Salurkan Air Bersih ke Desa Mbinudita, Sumba Timur

Warga Desa Persiapan Mbinudita kini dapat mengambil air dari tangki ferosemen di dekat rumah mereka, tanpa harus mengambil air ke mata air yang jaraknya 1-3 kilometer 

Proyek tersebut dilakukan dengan kegiatan-kegiatan pendukung yang memastikan adanya keberlanjutan yang terus berjalan. Kegiatan pendukung tersebut meliputi pembuatan sumur bor, instalasi listrik pompa air sampai ke bukit, tangki air ferosemen & pemanenan air hujan.

Selain itu, kegiatan juga melibatkan warga dalam kepanitiaan air, pendistribusian air melalui pipanisasi, pembangunan toilet umum, pelatihan tentang air bersih dan sanitasi sehat, pelatihan untuk penerapan pola hidup sehat, serta pelatihan kebun nutrisi.

Dalam keseluruhan rangkaian kegiatan, warga desa diikutsertakan secara aktif sehingga terjadi peningkatan kapasitas melalui community outreach. Peningkatan kapasitas ini bermuara pada penerapan pola hidup sehat di desa setelah akses air bersih terjangkau.

Sebelumnya, warga di Mbinudita harus berjalan kaki sejauh 1,5 hingga 3 kilometer untuk mendapatkan air bersih karena tidak ada tempat penampungan air di sekitar rumah mereka.

Namun, berkat proyek Mbinudita Water Connections yang diselenggarakan oleh vivo Indonesia dan Kawan Baik, lebih dari 800 masyarakat kini memiliki akses yang lebih dekat ke sumber air bersih yang belum pernah tersedia sebelumnya.

Tahap ketiga dan keempat dari proyek ini telah menunjukkan hasil yang positif dengan beberapa pencapaian signifikan dan fasilitas yang telah dibangun, di antaranya:

  • 11 tangki air dengan kapasitas 2500 hingga 7000 liter
  • 20 toilet umum
  • 12 sistem kontrol air
  • Pipa sepanjang 1900-meter yang tersambung ke 12 desa
  • 1 sumber listrik PLN dan pemasangan lubang bor otomatis
  • 1 sumur bor dengan kedalaman 35 meter
  • 240 warga yang telah menerima pelatihan mengenai gaya hidup sehat dan pemenuhan nutrisi
  • 1 kelompok panitia kepengurusan air telah dibentuk dengan keikutsertaan 10 anggota.
BACA JUGA
TECNO POVA 6 dengan POVA SuperCooled System 1.0
Vivo Indonesia dan Yayasan Kawan Baik Indonesia Salurkan Air Bersih ke Desa Mbinudita, Sumba Timur

Pencapaian positif dari pembangunan tahap ketiga dan keempat 

“Melalui kemitraan kami dengan Kawan Baik Indonesia, kami berharap dapat memberikan dampak yang signifikan dengan menyediakan air bersih bagi mereka yang paling membutuhkan.

“Kami percaya bahwa akses terhadap air bersih adalah hak asasi manusia yang mendasar, dan kami bangga dapat berkontribusi dalam proyek ini.” tutup Alexa.

vivo sebagai perusahaan teknologi terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, tidak hanya dari teknologi yang mumpuni, namun juga melalui kontribusi langsung terhadap masyarakat melalui inisiatif seperti Proyek Mbinudita Water Connections.

Shares: