review1st.com – Project Management Institute (PMI), sebuah asosiasi terkemuka dalam manajemen proyek, program, dan portofolio global, telah merilis laporan terbaru mengenai Tren Pekerjaan Manajemen Proyek Global 2024 (Job Trends 2024 Report).

Laporan ini menyoroti dampak besar kecerdasan buatan (AI) dalam mengubah lanskap karier dan pekerjaan, serta pentingnya upskilling bagi para profesional proyek untuk memperluas peluang mereka di era ini.

Inovasi dan digitalisasi membuka pintu peluang karier yang luas bagi para profesional, terutama generasi muda yang berpendidikan, untuk terus meningkatkan keterampilan mereka.

Di berbagai sektor, teknologi informasi (IT) memainkan peran sentral dalam transformasi industri yang berkelanjutan, seperti yang terlihat dalam komitmen produsen otomotif Indonesia untuk meningkatkan produksi kendaraan listrik (EV) sesuai dengan regulasi pemerintah.

Laporan tersebut juga mencatat bagaimana para profesional semakin terpapar pada peran penting AI dalam lanskap kerja modern. Di Asia Pasifik, para karyawan percaya bahwa AI dan kolaborasi manusia dapat memberikan manfaat karier lebih banyak.

Temuan laporan ini menunjukkan bahwa 33% dari angkatan kerja global telah menggunakan AI untuk mendukung pekerjaan mereka.

Ada beberapa temuan menarik lainnya dari laporan ini, yang menekankan pentingnya peningkatan keterampilan tenaga kerja, terutama di Asia Pasifik, untuk memperluas peluang karier di era digital. Beberapa temuan global mencakup:

  • 82% dari para pemimpin senior percaya bahwa adopsi AI akan mempengaruhi cara proyek dijalankan dalam lima tahun mendatang.
  • Terdapat lonjakan 2.000% dalam postingan pekerjaan yang merujuk pada keterampilan penguasaan AI generatif dari Maret hingga September 2023.
  • Masih ada kesenjangan dalam kurva pembelajaran AI, di mana hanya 13% karyawan yang ditawarkan perusahaan untuk mempelajari manfaat teknologi terkait, meskipun 21% profesional mengaku menggunakan AI untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan project mereka.
BACA JUGA
Kuliah Menjadi Lebih Efisien dengan vivo Y28 yang Dilengkapi Baterai 6000mAh

Tenaga kerja dituntut untuk terus meningkatkan keterampilan penggunaan AI guna mencapai peluang kerja yang lebih luas. Sejalan dengan temuan ini, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) mendorong tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan dan pembelajaran ulang guna menghadapi perkembangan teknologi AI.

PMI berkomitmen untuk memberdayakan generasi muda dengan sertifikasi, alat, dan dukungan bersama pemangku kepentingan untuk pengembangan karier jangka panjang.

Dengan lebih dari 2.800 Anggota PMI Aktif dan lebih dari 3.200 Pemegang Sertifikasi Aktif di Indonesia, PMI juga bekerja untuk mengumpulkan komunitas manajemen proyek yang aktif. Informasi lebih lanjut tentang laporan ini tersedia di sini.

Shares: