review1st.com – Dalam era digital yang terus berkembang, paradigma pendidikan mengalami perubahan signifikan. Kahoot!, sebagai platform pembelajaran terdepan, telah membawa perubahan revolusioner dalam metode pembelajaran tradisional, menjadikannya lebih menarik bagi guru dan siswa.

Tak hanya itu, di balik keseruannya, Kahoot! juga terbukti meningkatkan kinerja tes siswa, seperti yang terungkap dalam meta-analisis komprehensif dari WiKIT.

Transformasi Pendidikan Melalui Kahoot!: Meningkatkan Pembelajaran Siswa

Dari 16 penelitian dengan 2,070 peserta, Kahoot! terbukti memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembelajaran siswa di berbagai tingkatan pendidikan, dari SD hingga perguruan tinggi.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Kahoot! dalam pembelajaran:
  1. Membangkitkan Motivasi Siswa: Dengan fitur-fitur seperti sistem poin dan papan peringkat, Kahoot! memotivasi siswa untuk bersaing dan meraih prestasi, membuat pembelajaran menjadi lebih dinamis dan menyenangkan.
  2. Mendorong Keterlibatan Siswa: Format interaktif Kahoot! mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, meningkatkan keterlibatan mereka dalam kelas.
  3. Mengembangkan Kolaborasi Tim: Selain kompetisi individu, Kahoot! juga mendukung kolaborasi dalam tim, melatih keterampilan komunikasi dan problem-solving siswa.
  4. Meningkatkan Kesenangan dalam Pembelajaran: Fitur-fitur gamifikasi dan interaktif Kahoot! membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik, seperti kuis real-time yang membuat tes terasa seperti permainan.

“Melalui pembelajaran berbasis permainan, kami telah melihat secara langsung bagaimana motivasi, keterlibatan, serta pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan pengalaman pendidikan secara keseluruhan.

Manfaat positif dari Kahoot! menggarisbawahi komitmen kami untuk membuat belajar tidak hanya efektif, tapi juga menyenangkan,” kata Eilert Hanoa, CEO Kahoot!.

BACA JUGA
RRQ Monyet: Pro Player Asal Bali Gabung untuk Bawa Tim RRQ Menuju Kejayaan di VALORANT Champions

Dengan bantuan teknologi dan aplikasi pembelajaran berbasis game seperti Kahoot!, pembelajaran di kelas dapat menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Ini membuka peluang untuk mengatasi tantangan dalam sistem pendidikan Indonesia yang besar, dengan jutaan siswa, guru, dan sekolah di seluruh negeri.

Shares: