review1st.com – Telkomsel, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, sukses memainkan peran utama dalam mendukung program pemerintah, terutama dalam mengawal dan melayani kenyamanan komunikasi serta pengalaman digital pelanggan selama Pemilu Serentak 2024.

Pada hari pemungutan suara, Rabu (14/2), tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 54,14 Petabyte, meningkat 8,41% dibandingkan rerata payload pada hari biasa tahun 2024.

Trafik Broadband Telkomsel Meningkat 8,4% Selama Pemilu Serentak 2024

Menurut Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, “Telkomsel konsisten mengambil peran terdepan dalam mendukung program-program pemerintah, khususnya dalam mengawal dan melayani kenyamanan komunikasi dan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia.

Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Telkomsel telah berhasil memastikan kesiapan infrastruktur jaringan sehingga seluruh layanan komunikasi digitalnya berjalan lancar tanpa gangguan ataupun kendala yang berarti.”

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital Telkomsel selama Pemilu 2024 didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada berbagai layanan digital, antara lain:

  • Akses video hingga 13,20%
  • Social media hingga 9,80%
  • Layanan komunikasi (chat dan messaging) 4,56%
  • Web browsing hingga 9,40%
  • Games hingga 17,70%

Selain itu, terjadi peningkatan trafik layanan suara hingga 10,4% dan penurunan trafik layanan SMS sebesar 5%. Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti TikTok, Instagram, WhatsApp, Facebook, dan YouTube.

Peningkatan trafik penggunaan layanan data selama momen Pemilu 2024 terjadi di sejumlah titik keramaian dibandingkan hari biasa, seperti:

  • Trafik di sekitar titik KPU Kabupaten Merauke naik sekitar 269,6%
  • STO Samarinda naik sekitar 128,2%
  • KPU Kabupaten Boven Digoel naik sekitar 42,9%
  • KPU Daerah Bener Meriah naik sekitar 37,2%
  • KPU Daerah Samosir naik sekitar 23,5%
BACA JUGA
Telkomsel Sambut Iduladha 1445 H dengan Program CSR 'Sambungkan Senyuman'

Telkomsel telah memastikan kesiapan infrastruktur guna menjaga kenyamanan akses komunikasi dan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia selama periode pemungutan dan perhitungan suara berlangsung hingga pengumuman hasil pemilu mendatang.

Optimalisasi jaringan telah dilaksanakan pada 680 titik keramaian, termasuk titik operasional KPU, Bawaslu, hingga lokasi penting lainnya yang berpotensi menjadi fokus perhatian selama pemilihan.

Selain itu, Telkomsel juga telah menyiapkan 13 Posko yang tersebar di seluruh wilayah kerja perusahaan untuk memonitor kesiapan jaringan secara intensif dan real-time.

“Komitmen Telkomsel untuk hadir bersiaga mendampingi para pelanggan dalam menyongsong dan melaksanakan Pesta Demokrasi dengan aman, nyaman, dan damai melalui kesiapan jaringan broadband terdepan dan terluas adalah sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk dapat terus menjaga Quality of Service (QoS) selama perhelatan Pemilu 2024,” tutup Saki.

Shares: