review1st.com – Tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia masih rendah. Menurut Bank Dunia 2021, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah penduduk yang tidak memiliki rekening bank. Namun, Otoritas Jasa Keuangan mencatat peningkatan indeks inklusi keuangan Indonesia dari 76,19% pada tahun 2019 menjadi 85,10% pada tahun 2022.

“Untuk menunjang literasi dan inklusi keuangan tanah air agar makin positif, Tokopedia melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menerapkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia,” ungkap Senior Vice President of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari. 

Embedded finance adalah integrasi layanan keuangan ke dalam aplikasi yang dikelola oleh perusahaan nonfinansial seperti Tokopedia. Ini memungkinkan akses layanan keuangan lebih cepat tanpa perlu menggunakan layanan konvensional.

“Dalam menghadirkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia secara aman dan terpercaya, kami bekerja sama dengan berbagai mitra strategis, mulai dari perbankan, tekfin, perusahaan asuransi serta insurtech,” jelas Vira.

Embedded Finance Tokopedia Hadirkan >50 Metode Pembayaran Belanja Online

Tokopedia menyediakan lebih dari 50 opsi pembayaran yang memudahkan transaksi online, seperti transfer bank, kartu kredit, dan uang elektronik. Contohnya, GoPayLater Cicil bekerja sama dengan GoTo Financial untuk menyediakan pembayaran dengan cicilan satu, tiga, enam, atau 12 bulan.

Dengan GoPayLater Cicil, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan produk kebutuhan yang sebelumnya sulit dijangkau. “Tokopedia mencatat pada kuartal I 2023, Ponsel dan Tablet, Fesyen Wanita, Komputer dan Laptop, Otomotif serta Elektronik menjadi sejumlah kategori produk yang paling diburu masyarakat menggunakan pay later,” tambah Vira. 

BACA JUGA
POLYTRON Rayakan 49 Tahun Inovasi dengan Mendukung Como 1907 Kembali ke Serie A

Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa selama Ramadan 2022, metode pembayaran nontunai seperti GoPayLater Cicil, transfer antar bank, uang elektronik, dan kartu kredit menjadi yang paling populer.

Selain pay later, ada metode pembayaran menggunakan kartu kredit Tokopedia Card. Tokopedia Card bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung oleh VISA. Melalui Tokopedia Card, pengguna dapat dengan mudah mengakses fitur-fitur seperti mengaktifkan kartu, memeriksa detail transaksi dan riwayat tagihan, serta mengatur penggunaan kartu melalui aplikasi Tokopedia.

“Data internal Tokopedia mengungkapkan, pengguna yang menggunakan Tokopedia Card meningkat hampir 6 kali lipat selama Maret 2023 dibandingkan bulan pertama diluncurkan. Selain itu, kurang dari satu bulan sejak peluncuran, Tokopedia Card berhasil memberikan kontribusi sekitar 20% dari total penerbitan kartu kredit secara nasional,” jelas Vira.*

Pengajuan Tokopedia Card mudah, aman, dan sepenuhnya online. Hanya membutuhkan KTP. Proses pengajuannya memanfaatkan Tokoscore, perusahaan afiliasi Tokopedia yang tercatat dan diawasi OJK.

Berbagai Inovasi Produk Tokoscore untuk Penilaian Risiko Calon Peminjam dalam Akses Finansial yang Merata

Tokoscore menggunakan data transaksi dan perilaku pengguna di Tokopedia untuk menilai profil risiko calon peminjam. Fokusnya adalah pada segmen underserved dengan keamanan dan privasi data pengguna yang diutamakan. Tujuannya adalah mewujudkan pemerataan akses finansial melalui teknologi.

Tokoscore menyediakan berbagai inovasi produk untuk membantu para mitra strategis–seperti bank atau fintech–menilai profil risiko calon peminjam. Misalnya, Income Predictions (memprediksi nilai pendapatan dari calon peminjam), Fraud Flags (memberikan informasi jika calon peminjam memiliki aktivitas mencurigakan di platform e-commerce Tokopedia) serta Address Validation dan Phone Validation (memberikan validasi data alamat dan nomor telepon dari calon peminjam untuk membantu proses verifikasi mitra strategis). (Selengkapnya mengenai Tokoscore dapat dibaca di sini.)

BACA JUGA
Belanja Daring Kini Bisa Bayar Pakai DANA di Tokopedia

Selain GoPayLater Cicil dan Tokopedia Card, terdapat puluhan metode pembayaran lainnya, yang bisa dimanfaatkan pengguna Tokopedia untuk bertransaksi online seperti belanja kebutuhan sehari-hari, sesuai preferensi.

Embedded Finance Tokopedia Tingkatkan Investasi, Investor Emas Naik 2x Lipat

“Melalui inovasi embedded finance, Tokopedia menghadirkan produk investasi seperti Tokopedia Reksa Dana dan Tokopedia Emas. Tujuannya adalah mendorong masyarakat berinvestasi dengan lebih banyak pilihan. Investasi reksa dana atau emas bisa dilakukan dengan mudah melalui Tokopedia, kapan pun dan di mana pun,” jelas Vira.

Vira menekankan, “Investasi reksa dana atau emas melalui Tokopedia sangat terjangkau, dimulai dari Rp10.000 untuk reksa dana dan Rp5.000 untuk emas. Keamanan dan kepercayaan juga terjamin karena Tokopedia Reksa Dana bekerja sama dengan Bareksa yang diawasi oleh OJK. Transaksi Tokopedia Emas dengan Pluang dan Tabungan Emas Pegadaian melalui Tokopedia juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan BAPPEBTI.”

Berbagai nilai tambah produk investasi di Tokopedia mendorong tren positif investasi. Nilai transaksi beli reksa dana pada Tokopedia Reksa Dana naik 1,5 kali lipat kuartal IV 2022 dibandingkan kuartal IV 2021.

ransaksi jual-beli emas pada Tokopedia Emas meningkat 1,5 kali lipat, dan pengguna investasi emas naik lebih dari dua kali lipat tahun 2022 dibandingkan tahun 2021.

Jumlah Transaksi dengan Asuransi di Tokopedia Meningkat Tajam 2,5x Lipat

Kehadiran produk asuransi melalui kolaborasi Tokopedia dengan mitra strategis memberikan perlindungan tambahan pada pembelian masyarakat.

BACA JUGA
Erajaya Digital Luncurkan iBox Apple Premium Partner Pertama di Pulau Sumatera

“Tokopedia menawarkan beragam produk asuransi digital seperti Proteksi Produk (termasuk rusak total), Proteksi Tagihan, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Pengiriman. Proses klaim mudah dilakukan melalui platform Tokopedia dengan keamanan yang terjamin melalui kerja sama dengan mitra terpercaya berizin OJK,” ungkap Vira.

Tokopedia juga mencatat tren positif pada produk asuransi di Tokopedia. Tercatat jumlah transaksi yang menggunakan produk asuransi meningkat 2,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Selain itu, transaksi yang menggunakan Proteksi Rusak Total meningkat 4 kali lipat di kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. 

Upaya Edukasi dari Tokopedia untuk Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan Tanah Air

“Selain kolaborasi dan inovasi, kunci meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia adalah edukasi. Hal ini mendorong Tokopedia bersama mitra strategis terus menghadirkan berbagai inisiatif. Salah satunya, meluncurkan Modul Literasi Keuangan bersama BI dan OJK. Modul yang berisi materi tentang keuangan ini bisa diakses oleh siapa pun dan di mana pun secara gratis,” kata Vira.

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, menggelar kampanye edukasi ‘Tokopedia Investory’ untuk informasi investasi digital. Tokopedia akan berkolaborasi dengan mitra strategis untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Shares: