review1st.com – Mudik adalah budaya Lebaran. Ratusan kilometer ditempuh untuk silaturahmi di kampung halaman. Masyarakat tidak hanya menggunakan transportasi umum, seperti pesawat, kereta, dan kapal laut, tetapi juga kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor.

“Kendaraan harus dirawat ekstra sebelum atau setelah perjalanan jauh seperti mudik agar performa optimal. Data Tokopedia menunjukkan Otomotif populer selama Ramadan 2023.

“Ini menunjukkan kesadaran masyarakat mempersiapkan kendaraan menghadapi mudik, baik pergi dan pulang,” kata Fransiscus Leo Chandra, Associate Vice President of Category Development Tokopedia.

Tips Merawat Kendaraan Usai Perjalanan Jauh Mudik, Temukan Produk Otomotif Diskon hingga Rp3 Juta di Tokopedia Garage

Tokopedia memberikan tips kepada masyarakat agar menjaga performa kendaraan setelah mudik Lebaran. Tokopedia juga mengadakan kampanye “Tokopedia Garage” di halaman utama untuk memudahkan masyarakat mendapatkan produk otomotif. Leo menyampaikan ini.

Tokopedia Bagi Tips Mudik Lebaran

“Tokopedia Garage menawarkan banyak promo menarik untuk belanja produk otomotif. Misalnya, cashback hingga Rp400 ribu untuk onderdil dan perawatan kendaraan. Bahkan diskon sampai Rp3 juta untuk pembelian mobil,” jelas Leo.

1. Periksa tekanan ban saat mudik.

Kondisi jalan dapat mempengaruhi kondisi ban dan roda kendaraan. Setelah jalan jauh seperti mudik, periksalah tekanan ban apakah masih sesuai dengan standar. Hal ini disarankan oleh Leo.

Ottoban Indonesia, penjual di Tokopedia, berikan tips merawat ban. Tekanan ban yang salah bisa mempengaruhi handling, bahan bakar, dan usia ban.

BACA JUGA
29 Tahun Telkomsel: Transformasi Digital yang Membawa Dampak Positif bagi Indonesia

Rotasi ban perlu dilakukan untuk memperpanjang umur pemakaian dan menghindari keausan tidak merata. Kevin Sulaeman, Head of Retail Development Ottoban Indonesia, sampaikan hal tersebut.

2. Cek kondisi rem dan onderdil kendaraan.

Rem dan onderdil, seperti shockbreaker, per, dan tie rod end, perlu diperiksa untuk menjaga laju kendaraan. Cek kondisinya setelah mudik Lebaran. Pastikan tidak ada kerusakan signifikan yang mengurangi performa kendaraan.

Masyarakat beli onderdil resmi di Tokopedia. Astra Otoparts tawarkan diskon hingga 60%. Rata-rata transaksi produk onderdil naik hampir 1,5x selama Ramadan.

3. Cek kondisi oli dan periksa kebocoran pada mesin

Mesin bekerja terus-menerus saat perjalanan jauh, pengaruhnya terhadap kondisi oli. Gantilah oli setelah perjalanan jauh dan cuaca panas sesuai spesifikasi kendaraan. Periksa tanda kebocoran seperti tumpahan oli atau cairan lainnya di mesin kendaraan.

Leo mengatakan bahwa selama Ramadan 2023, transaksi produk oli dan penghemat BBM di Tokopedia meningkat hampir 1,5x lipat dibandingkan rata-rata bulanan pada kuartal I 2023.

Ini membuktikan kesadaran tinggi masyarakat untuk menjaga performa mesin kendaraan. Masyarakat dapat memperoleh berbagai produk oli dari distributor resmi Pertamina yang tersedia di Tokopedia.

4. Perhatikan kondisi interior

Waktu mudik banyak dihabiskan di dalam mobil. Karena itu, perlu diperhatikan kondisi interior mobil agar tidak rusak. Trapo Indonesia, penjual di Tokopedia, memberikan tips menjaga kebersihan interior mobil. Tips ini dapat membantu menjaga penutup jok dan karpet agar tetap bersih selama perjalanan.

BACA JUGA
Wajib Tahu! Galaxy Tab S9 FE Samsung untuk Mahasiswa Aktif dengan Segudang Kegiatan

“Karpet mobil dapat sangat kotor jika diabaikan, sehingga memicu kuman dan bakteri. Usai perjalanan, bersihkan karpet mobil dengan baik untuk menjaga kebersihan. Pastikan juga agar interior mobil selalu terjaga agar nyaman saat digunakan,” jelas Ossiane, Marketing Trapo Indonesia.

Masyarakat dapat memperoleh beragam produk pelindung interior seperti karpet dan penutup jok. Produk tersebut tersedia di Trapo Indonesia dan Durable. Kini, dengan diskon khusus hingga 62%, produk-produk tersebut dapat ditemukan hanya di Tokopedia.

Menurut Leo, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa masyarakat sangat memperhatikan interior mobil yang mendukung perjalanan jauh, seperti mudik.

Terbukti dari produk seperti kasur mobil, bantal mobil, dan pelindung kaca mobil anti panas yang mengalami peningkatan transaksi rata-rata hampir 2x lipat di Tokopedia.

5. Lindungi cat kendaraan

Suhu di Indonesia naik sampai 36-37 derajat celcius. Cuaca yang panas tidak hanya mempengaruhi tubuh manusia, tapi juga cat kendaraan. Cat berada di bagian terluar kendaraan dan langsung terpapar perubahan suhu, cuaca, dan lingkungan.

Leo menyarankan untuk melakukan perawatan berkala pada cat kendaraan dengan mencuci kendaraan secara menyeluruh. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran, debu, dan polusi yang menempel di permukaan kendaraan setelah melakukan perjalanan jauh mudik Lebaran.

Ada beberapa cara untuk melindungi cat kendaraan, seperti menggunakan wax atau sealant. Keduanya berguna untuk melindungi cat dari kerusakan akibat sinar UV, kotoran, dan polusi udara.

BACA JUGA
ASUS ROG Umumkan Kehadiran Dua Monitor Gaming Terdepan di Dunia

Untuk memperoleh produk perlindungan cat kendaraan dengan diskon hingga 50%, masyarakat dapat membelinya dari Nanotech Protections di Tokopedia. Leo menutup pembicaraan dengan mengingatkan tentang pentingnya melindungi cat kendaraan.

Shares: