review1st.com – Era social commerce menciptakan peluang bagi UMKM untuk pengalaman belanja interaktif dan relevan. Ini mendorong Tokopedia untuk menghadirkan inisiatif Tokopedia Affiliate pada awal 2022.

Tokopedia Affiliate: Menciptakan Penghasilan Tambahan melalui Koneksi dan Skill Kreator Konten

“Tokopedia Affiliate mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk atau toko di Tokopedia melalui link afiliasi yang bisa dibagikan lewat konten media sosial. Tokopedia Affiliate di sisi lain bisa memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran pelaku usaha menjadi lebih interaktif dan menarik,” kata Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) bisa meraih komisi hingga 10% setiap produk berhasil terjual dari link afiliasi yang mereka bagikan. Ada juga komisi tambahan Rp10 untuk setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.

“Siapa pun dengan media sosial yang aktif–tanpa minimal jumlah followers–bisa mendaftar sebagai Affiliate. Inisiatif Tokopedia Affiliate sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia,” jelas Nirmala.

Kehadiran Tokopedia Affiliate disambut positif oleh masyarakat. Terbukti dari jumlah Affiliate yang naik hampir 16 kali lipat pada Juni 2023, dibandingkan dengan akhir bulan pertama saat Tokopedia Affiliate diluncurkan.

BACA JUGA
Mengukur Dampak Starlink Terhadap Industri Telko dan Daya Beli Masyarakat

Penjual bisa kasih komisi tambahan lewat Tokopedia Affiliate supaya makin laku di pasaran

Tokopedia Affiliate membantu masyarakat mendapat penghasilan tambahan dan mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

“Untuk memaksimalkan dampak Tokopedia Affiliate bagi masyarakat termasuk pelaku UMKM, kami meluncurkan fitur Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate. Jadi, Affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan yang makin tinggi, sedangkan produk atau toko pelaku usaha bisa makin laris manis,” kata Nirmala.

Fitur ini berkontribusi positif terhadap bisnis para pelaku usaha. Pada kuartal II 2023, penjual yang memakai fitur ‘Dipromosikan Affiliate’ di Tokopedia mengalami peningkatan kunjungan halaman produk rata-rata hampir 4 kali lipat, dibandingkan penjual yang belum memakai fitur tersebut.

Upaya Tokopedia bantu asah skill masyarakat menjadi influencer

Tokopedia, sebagai perusahaan inklusif, mendukung skill influencer. Program Akademi Kreator Tokopedia memberikan materi edukasi gratis untuk pengembangan skill sebagai kreator konten, termasuk pembuatan skrip video dan konten yang menarik audience.

Tokopedia juga mengadakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day untuk memperluas koneksi dan wawasan Affiliate.

Tokopedia Affiliate: Menciptakan Penghasilan Tambahan melalui Koneksi dan Skill Kreator Konten
Foto 2: Tokopedia kembali mengadakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day untuk Affiliate.

“Melalui GEMBIRA, Tokopedia ingin memberikan support kepada Affiliate untuk terus mengembangkan potensi sebagai kreator konten. Harapannya, acara ini juga dapat mendukung kolaborasi antara Affiliate dengan pelaku usaha atau pemilik bisnis di Indonesia,” ujar Nirmala.

BACA JUGA
iQOO Z9 Series: Baterai Gahar dan Pengisian Kilat untuk Aktivitas Sehari-hari
Foto 2: Tokopedia kembali mengadakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day untuk Affiliate.

Berawal kena PHK, Amelia bangkit berkat Tokopedia Affiliate

Amelia Harmelianti, yang terdampak PHK saat pandemi, mencoba menjadi kreator konten dengan bantuan Tokopedia Affiliate. Meskipun tidak memiliki skill khusus, dia berusaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk mengasah skill membuat konten, Amelia bergabung dalam Akademi Kreator Tokopedia. Lewat akademi ini, Amelia mengaku mendapatkan banyak ilmu yang bisa diterapkan secara langsung, hingga akhirnya berhasil mendapatkan komisi jutaan rupiah per bulan.

Amelia di Tokopedia Affiliate membangun relasi, berbagi wawasan dengan kreator konten, dan menginspirasi karirnya. Ia memiliki ribuan followers di media sosial, berbagi konten kesehatan mental dan rekomendasi produk Tokopedia.

Suartha andalkan Tokopedia Affiliate di tengah sulitnya dapat pekerjaan

Keuntungan yang sama juga dialami I Gede Suartha Eriyasa setelah memanfaatkan Tokopedia Affiliate. Pemuda asal Bali ini mengaku komisi yang diperoleh dari Tokopedia Affiliate menjadi sumber pendapatan utama ketika ia belum mendapatkan pekerjaan tetap. 

Suartha, meskipun telah bekerja di bidang reparasi laptop dan komputer, masih mengandalkan komisi jutaan rupiah dari Tokopedia Affiliate. Ini untuk modal usaha dan dana darurat.

Suartha pun membagikan tips sukses menjadi Affiliate atau kreator konten berkomisi lewat Tokopedia Affiliate, “Tentukan bidang yang ingin dibahas. Saya memilih elektronik mulai dari laptop hingga handphone karena hal ini merupakan bidang yang saya kuasai. Setelahnya, tentukan target audiens dan produksi konten yang relevan,” ucap Suartha.

BACA JUGA
Telkomsel Menangkan Dua Penghargaan Internasional dari HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2024
Shares: