review1st.com – Telkomsel memastikan pemerataan akses broadband terdepan di seluruh Indonesia. Layanan jaringan 3G di 504 kota/kabupaten telah ditingkatkan menjadi 4G/LTE. Proses ini dimulai pada Maret 2022 dan berhasil diselesaikan pada Juni 2023 dengan mengalihkan lebih dari 49 ribu BTS.

Sekarang, lebih dari 96 persen wilayah populasi Indonesia memiliki jaringan 4G/LTE Telkomsel. Telkomsel memperkuat perannya sebagai leading digital telco company untuk menciptakan nilai lebih dan mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.

Dengan meningkatnya layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten, Telkomsel mencatat pertumbuhan pelanggan uSIM 4G sebesar 84% (YoY). Trafik payload 4G juga naik 14% (YoY). Jaringan 4G/LTE merata di Indonesia menghasilkan peningkatan perangkat 4G sebanyak 51% (YoY). Telkomsel memudahkan penukaran kartu non-4G ke uSIM 4G melalui kanal layanan pelanggan dan menawarkan bonus kuota serta program bundling smartphone 4G.

Telkomsel Sukses Meningkatkan Jaringan 4G/LTE di 504 Kota/Kabupaten

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Wayan Toni Supriyanto, menyampaikan, “Percepatan transformasi digital adalah prioritas program Presiden. Kunci utamanya adalah perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, termasuk jaringan telekomunikasi. Kolaborasi antar sektor, termasuk sektor telekomunikasi, diperlukan.

“Ditjen PPI mengapresiasi Telkomsel yang telah meningkatkan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten di Indonesia. Komitmen ini mendukung transformasi digital dan inklusi ekonomi. Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan operator untuk meningkatkan kualitas layanan.”

BACA JUGA
Telkomsel, Ericsson, ZTE, dan IOH Bersinar di Selular Award 2024 Melalui Kolaborasi dan Pemanfaatan AI

Direktur Network Telkomsel, Nugroho, mengatakan, “Telkomsel memprioritaskan kenyamanan pelanggan selama peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE. Kami bersyukur atas kepercayaan pelanggan dan dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Proses peningkatan jaringan di 504 kota/kabupaten berjalan lancar. Telkomsel yakin peningkatan layanan ini akan meningkatkan pengalaman digital masyarakat dan mendorong transformasi perekonomian nasional.”

Percepatan dan Penghargaan: Telkomsel Meningkatkan Jaringan 4G/LTE dengan Sukses

Keberhasilan Telkomsel dalam meningkatkan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten didukung oleh komitmen perusahaan. Proses ini melibatkan pengkajian, perencanaan, persiapan matang, dan pelaksanaan yang lancar. Upaya Telkomsel termasuk infrastruktur dan teknologi yang siap, kenyamanan pelanggan selama upgrade, penguatan ekosistem layanan, dan kepatuhan terhadap peraturan telekomunikasi dan perlindungan konsumen di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel terus meningkatkan kualitas, kapasitas, dan teknologi jaringannya untuk pengalaman digital yang seamless. Misalnya, mengoptimalkan teknologi VoLTE pada jaringan 4G/LTE untuk panggilan telepon tanpa gangguan internet. Layanan VoLTE sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di Indonesia dan kompatibel dengan 100+ tipe smartphone dari berbagai merek.

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga terus mengajak pelanggan segmen korporasi/enterprise serta industri yang memiliki layanan Machine-to-Machine (M2M), seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik, serta perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang harus terhubung dengan jaringan broadband, untuk dapat melakukan percepatan migrasi perangkat ke teknologi yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel.

BACA JUGA
Telkomsel dan BiliBili Bersatu dalam Paket Bundling Premium Bstation-BiliBili

Percepatan tersebut akan memberikan kepastian pemanfaatan layanan dari perangkat yang disediakan agar dapat beroperasi lebih optimal melalui dukungan jaringan broadband 4G/LTE dari Telkomsel.

Telkomsel Sukses Meningkatkan Jaringan 4G/LTE di 504 Kota/Kabupaten
DCIM/100MEDIA/DJI_0261.JPG

Langkah strategis Telkomsel yang konsisten menghadirkan kapabilitas jaringan broadband terdepan, salah satunya melalui peningkatan kualitas, kapasitas, dan optimalisasi kapabilitas jaringan dengan pemutakhiran pemerataan teknologi 4G/LTE mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dari Ookla® Speedtest Awards™ 2022 untuk performansi jaringan Telkomsel selama kuartal Q3-Q4 2022, yakni untuk Kategori Fastest Mobile NetworkBest Mobile Coverage, dan Best Mobile Network.

Shares: