review1st.com – Telkomsel, sebagai pelopor dalam menerapkan prinsip ESG berkelanjutan, memperkenalkan inisiatif “Telkomsel Jaga Data” sebagai upaya nyata dalam mengintegrasikan aspek tata kelola yang berhubungan dengan perlindungan data di seluruh operasional perusahaan.

Melalui gerakan #BersatuKitaLapor, Telkomsel mengajak masyarakat untuk turut serta dalam memerangi penipuan online yang semakin marak, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan kejahatan online.

Menjaga Keamanan Data dengan Aksi Nyata

Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menegaskan pentingnya melindungi informasi pribadi dalam era digital yang terus berkembang. Dalam kurun waktu lima tahun, tercatat sebanyak 1.730 konten penipuan online oleh Kominfo RI.

Telkomsel Menginisiasi "Telkomsel Jaga Data" dan Gerakan #BersatuKitaLapor

Oleh karena itu, melalui gerakan #BersatuKitaLapor, Telkomsel tidak hanya mengedukasi, tetapi juga mendorong tindakan nyata dari masyarakat untuk melaporkan segala bentuk penipuan online yang mereka alami. Hal ini mencerminkan komitmen Telkomsel dalam membangun ekosistem digital yang aman dan bertanggung jawab.

Cara Melaporkan Penipuan Online

Telkomsel telah menyediakan berbagai kanal layanan bagi pelanggan yang ingin melaporkan potensi penipuan online yang mengatasnamakan Telkomsel.

Pelanggan dapat menghubungi layanan Call Center 24 jam di nomor kontak 188, mengirimkan SMS pengaduan ke 1166 dengan format: PENIPUAN#NOMOR PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, atau melalui email ke cs@telkomsel.co.id.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses kanal layanan Pemerintah melalui situs resmi www.aduannomor.id dari Kementerian Kominfo RI untuk aduan penyalahgunaan nomor seluler untuk penipuan.

BACA JUGA
Telkomsel, Ericsson, ZTE, dan IOH Bersinar di Selular Award 2024 Melalui Kolaborasi dan Pemanfaatan AI

Peran Aktif Masyarakat dalam Pencegahan Penipuan Online

Telkomsel menghimbau pelanggan untuk selalu waspada dan tidak memberikan informasi pribadi seperti kode OTP, PIN, atau password kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Melalui inisiatif “Telkomsel Jaga Data” dan gerakan #BersatuKitaLapor, Telkomsel juga meluncurkan video edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang ancaman kejahatan siber dan pentingnya melaporkan potensi penipuan online.

Mengambil Langkah-langkah Pencegahan Keamanan Siber

Telkomsel terus meningkatkan langkah-langkah pencegahan keamanan siber, termasuk peningkatan dan pembaruan sistem keamanan serta bekerja sama dengan pihak berwenang.

Melalui inisiatif edukasi #BersatuKitaLapor, Telkomsel mengambil peran sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan digital bersama-sama.

Informasi lebih lanjut tentang inisiatif waspada penipuan dan #BersatuKitaLapor dapat ditemukan di tsel.id/laporpenipuan.

Shares: