review1st.com – Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi digital terkemuka, memperkuat konektivitas broadband 5G untuk mendukung transformasi digital di sektor kesehatan.

Dalam kolaborasi strategis dengan Urological Association of Asia (UAA), Telkomsel memperkenalkan Robotic Telesurgery, prosedur bedah jarak jauh pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, menggunakan teknologi 5G.

Konektivitas 5G untuk Bedah Jarak Jauh

Telkomsel dan UAA, didukung oleh Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, memanfaatkan 5G untuk prosedur bedah jarak jauh dari 1.200 km, dengan dokter di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah, Bali, dan pasien di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Telkomsel Akselerasi Konektivitas Broadband Hyper 5G untuk Transformasi Digital di Bidang Kesehatan

Kolaborasi ini menegaskan bahwa jarak geografis bukanlah halangan dalam memberikan layanan kesehatan terbaik di Indonesia.

Tantangan Kesehatan di Indonesia

Menurut data Kementerian Kesehatan 2024, Indonesia kekurangan sekitar 120 ribu dokter umum dan 30 ribu dokter spesialis. Dengan 59% dokter spesialis terkonsentrasi di Pulau Jawa, perluasan akses layanan kesehatan di wilayah timur Indonesia menjadi krusial.

Transformasi digital melalui 5G diharapkan dapat memperbaiki distribusi tenaga medis dan meningkatkan akses layanan kesehatan.

Komitmen Telkomsel dalam Transformasi Kesehatan

Direktur Human Capital Management Telkomsel, Indrawan Ditapradana, mengungkapkan, “Kerja sama ini menunjukkan semangat Indonesia dalam mendorong kemajuan ekosistem digital dan inovasi kesehatan.

Telkomsel berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi 5G guna mengatasi tantangan jarak dan meningkatkan akses layanan kesehatan.”

BACA JUGA
Telkomsel Tawarkan Akses Broadband 5G Terdepan untuk Sukseskan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnerships (HLF MSP) di Bali

Ekspansi Jaringan 5G Telkomsel

Sejak 2021, Telkomsel memimpin perluasan jaringan 5G di Indonesia dengan cakupan Hyper 5G di lebih dari 1.000 titik di 56 kota/kabupaten. Di Bali, konektivitas 5G telah mencakup area strategis seperti Denpasar dan Kabupaten Badung. Upaya ini termasuk penerapan Robotic Telesurgery di Jakarta, Bali, dan Shenzhen.

Inovasi 5G dan Robotic Telesurgery

Telkomsel mengimplementasikan konektivitas 5G dengan kecepatan lebih dari 100 Mbps, latensi rendah, dan jaringan optik khusus untuk mendukung Robotic Telesurgery. Ini memungkinkan prosedur bedah presisi tinggi dari jarak jauh.

Pameran di Bali dan Dukungan Teknologi

Kolaborasi ini akan ditampilkan pada The 21st Urological Association of Asia Congress di Bali, dihadiri oleh lebih dari 2.800 peserta internasional. Telkomsel menyediakan berbagai layanan di lokasi, termasuk eSIM, Telkomsel Orbit, dan International Roaming, dengan total 225 BTS 5G di Bali.

Kolaborasi Berkelanjutan untuk Transformasi Digital

Telkomsel terus berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mempercepat transformasi digital di sektor kesehatan. Telkomsel sebelumnya mendapatkan penghargaan internasional untuk 5G Robotic Telesurgery pada MWC Barcelona 2024.

Telkomsel Enterprise untuk Sektor Kesehatan

Melalui Telkomsel Enterprise, Telkomsel menyediakan solusi digital terlengkap, termasuk konektivitas 5G, untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan pasien di sektor kesehatan, dari analisis awal hingga pemulihan.

Shares: